Catatan keuangan merupakan komponen penting dalam menjalankan bisnis.

Sedulur Super mungkin menganggap bahwa mencatat transaksi keuangan tidak terlalu penting dilakukan, selain karena Sedulur bisa mengingat pengeluaran setiap harinya, mungkin ada sebagian Sedulur Super yang beranggapan bahwa mencatat dan membuat catatan keuangan hanya perlu dilakukan dalam menjalankan bisnis.

Di satu sisi hal tersebut benar, namun di sisi lain tidak ada salahnya kita membuat catatan keuangan sehari-hari kita. Banyak yang mengeluh bahwa membuat catatan keuangan adalah hal yang sulit, diperlukan pemahaman khusus untuk menjalankannya.

Banyak profesi di bidang keuangan yang harus belajar bahkan hingga kuliah agar mampu membuat catatan kuangan, terutama dalam mencatat perihal keuangan perusahaan dalam jumlah yang besar. Namun, untuk membuat catatan keuangan sehari-hari, hal tersebut sangat mudah dilakukan. Sedulur Supuer tidak perlu khawatir, terdapat beberapa tips membuat catatan keuangan yang mudah. Apa saja tipsnya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: Daftar Sembako yang Paling Laris

Tips Membuat Catatan Keuangan Bisnis Bagi Sedulur Super

1. Mulai Mencatat dari Sekarang

Jika Sedulur Super terus berpikiran untuk memulai mencatat dan tidak kunjung melakukannya, Sedulur Super akan menyia-nyiakan kemungkinan untuk mendapatkan untung super melimpah dari sebuah catatan keuangan. Jangan ragu untuk memulai catat segala transaksi keuangan yang Sedulur lakukan.

Tidak masalah jika Sedulur Super tidak mencatat transaksi-transaksi sebelumnya, Sedulur Super dapat mulai mencatat sejak hari ini. Walaupun kondisi keuangan bisnis Sedulur tidak dipertanggungjawabkan pada orang lain, setidaknya Sedulur Super telah bertanggung jawab pada diri sendiri. Sedulur harus memegang prinsip dan menganggap bahwa hidup Sedulur adalah sebuah perusahaan itu sendiri,  akan aneh dan janggal jika sebuah perusahaan tidak memiliki catatan keuangan. Prinsip dan asumsi in akan membantu Sedulur Super untuk membuat catatan keuangan.

2. Gunakan Smartphone atau Perangkat Elektronik Lainnya

Saat ini banyak perangkat elektronik yang telah memiliki kecanggihan yang super tinggi, kecanggihan tersebut akan memudahkan Sedulur Super dalam membuat catatan keuangan bisnis Sedulur. Hal ini juga bisa Sedulur lakukan untuk memudahkan Sedulur Super dalam mencatat keuangan.

Ada smartphone, tablet, laptop hingga desktop komputer yang bisa Sedulur gunakan untuk mencatat keuangan Sedulur Super sekalian. Dalam setiap perangkat elektronik tersedia berbagai aplikasi yang bisa digunakan, atau saat ini juga terdapat beberapa aplikasi yang bisa Sedulur download khusus untuk mencatat perihal keuangan.

3. Perhatikan Format Pencatatan

Sedulur Super juga memperhatikan format pencatatan uang masuk dan keluar, sebisa mungkin gunakan format pencatatan yang detail dan sekaligus sederhana. Hal ini agar tidak menyulitkan Sedulur Super sekalian saat proses pencatatan berlangsung.

Format pencatatan yang paling sederhana adalah ada kolom tanggal, keterangan, debet, kredit, saldo akhir. Ingat, Sedulur jangan sekali-kali menyepelekan tanggal transaksi, karena jika Sedulur Super lupa mengisi tanggal transaksi, Sedulur akan tersesat di kemudian hari dan kebingungan saat menghitung jumlah keuangan yang dicatat. Kolom keterangan diisi dengan jenis transaksi atau darimana Sedulur mendapat uang. Jangan lupa juga catat untuk apa Sedulur pergunakan uang tersebut. Kolom debet untuk mengisi uang masuk dan kolom kredit untuk uang keluar, saldo akhir harus sama dengan sisa uang Anda saat itu juga bila terjadi selisih misalnya 100 rupiah dapat Anda kreditkan dengan keterangan pembulatan atau kurang bayar.

4. Gunakan Aplikasi Excel

Salah satu aplikasi yang sangat membantu dalam urusan mencatat adalah aplikasi dari Microsoft yaitu Microsoft Excel. Aplikasi ini akan membantu Sedulur untuk menghitung jumlah akhir dari keuangan yang Sedulur catat, karena Excel bisa secara otomatis menghitung berapa jumlah total keuangan yang tercatat.

Jika Sedulur Super didukung oleh beberapa perangkat elektronik dan memiliki Excel, ada baiknya Sedulur manfaatkan setiap fasilitas yang dimiliki oleh Aplikasi Super tersebut.

5. Gunakan Buku Kas

Bagi Sedulur Super yang lebih nyaman menggunakan gaya lama, alias mencatat langsung secara manual. Jangan lupa menggunakan buku kas, dan memisahkan catatan keuangan di dalam buku khusus seputar catatan keuangan.

Buku kas biasanya sudah menyediakan kolom khusus yang tinggal dibagi ke dalam beberapa bagian. Ada baiknya Sedulur memiliki catatan keuangan di buku kas dan juga di perangkat elektronik. Hal ini untuk mencegah kemungkinan buku kas hilang atau juga catatan keuangan yang dibuat di perangkat elektronik terhapus. Jadi, Sedulur Super memiliki data catatan keuangan cadangan.

Baca Juga: Aplikasi Super Bantu PKL yang Terdampak Pandemi Covid-19

6. Bedakan Jenis Uang/Dana

Jika Sedulur Super memiliki dana yang berbeda sumber dan peruntukannya maka Sedulur harus membuat catatannya masing-masing. Misalkan Sedulur mengatur keuangan untuk kebutuhan sehari-hari, memegang keuangan usaha dan jenis keuangan lainnya, maka Sedulur harus konsisten untuk membedakan catatan dari masing-masing transaksi tersebut, jika dicampur maka akan terasa sulit untuk mengatur keuangan Sedulur.

Terutama jika bisnis yang Sedulur jalankan adalah bisnis yang dilakukan di rumah dan bergesekan dengan kebutuhan sehari-hari, seperti menjalankan bisnis toko kelontong. Sedulur harus benar-benar memisahkan uang untuk kepentingan toko kelontong Sedulur, dan uang untuk kepentingan sehari-hari.

Jika kebutuhan beras, minyak dan sembako untuk rumah Sedulur bisa diatasi oleh persediaan toko kelontong Sedulur, Sedulur harus juga mencatat barang dagang Sedulur yang keluar untuk kepentingan pribadi. Sedulur juga harus bisa menghemat uang belanja untuk kepentingan toko kelontong Sedulur agar dapat mengembangkan bisnis toko kelontong Sedulur agar mendapatkan untuk super melimpah.

Salah satu cara yang bisa Sedulur lakukan agar keuangan bisnis toko kelontong Sedulur untuk melimpah adalah dengan menggunakan Aplikasi Super. Aplikasi Super menjamin harga murah dan kualitas terjamin. Hal ini sangat baik untuk keuangan toko kelontong Sedulur. Di tambah aka nada beberapa bonus menarik lainnya dari Aplikasi Super yang bisa Sedulur nikmati. Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, bisa klik di sini dan rasakan langsung setiap kemudahannya.