Sedulur Super, Begini Cara Jadi Wirausahawan Kreatif!

Sedulur Super bisa jadi wirausahawan yang hebat, kok!

Menjadi seorang wirausahawan yang kreatif adalah salah satu profesi yang cukup menjanjikan bagi sebagian masyarakat di Indonesia, termasuk Sedulur Super. Hidup di lingkungan dinamis, tentu menuntut Sedulur untuk terus berusaha melakukan sesuatu terutama dalam memenuhi segala kebutuhannya.

Apalagi di era digital seperti saat ini Sedulur Super mendapat hak yang sama untuk mengembangkan potensi diri dan kreativitasnya. Tentu dengan potensi serta kemampuan yang ada, Sedulur Super dan orang lain berbondong-bondong membangun sebuah bisnis. Dengan membangun bisnis, artinya Sedulur sudah membantu menciptakan lapangan pekerjaan.

-->

Begini cara jadi wirausahawan kreatif..

Sedulur Super jadi wirausahawab kreatif
photo by freepik

Apa sih wirausahawan itu? Wirausahawan merupakan orang yang dicirikan pandai atau berbakat dalam mengenali produk, menentukan cara produksi baru, menyusun manajemen operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkan dan mengatur modal usahanya sendiri. Mereka yang memiliki modal bisa saja menjadi seorang wirausahawan, dan semua orang berpotensi menjadi seorang wirausahawan, termasuk Sedulur Super.  

Meski begitu, menjadi seorang wirausahawan memiliki tantangan yang cukup besar. Salah satu yang menjadi tantangan adalah menjamurnya kompetitor di tanah air. Kompetitor-kompetitor inilah yang bisa saja membuat Sedulur Super menjadi kalah bersaing jika tidak menyadarinya dari sekarang.

Maka dari itu, sebagai pengusaha, Sedulur Super dituntut harus kreatif dan cepat beradaptasi agar tidak kalah dalam bersaing dengan kompetitor lainnya. Lalu, bagaimana cara agar menjadi wirausahawan yang kreatif? Coba simak 4 tips berikut yuk, Sedulur Super!

1. Sedulur Super Perlu Mengembangkan Potensi

pengusaha
photo by freepik

Pertama, yang harus Sedulur Super lakukan adalah terus kembangkan potensi dan kemampuan yang sudah Sedulur miliki. Hal ini penting untuk diperhatikan karena dari sinilah jiwa-jiwa kreatif Sedulur muncul. Jangan sesekali merasa minder dengan kemampuan yang dimiliki orang lain, karena dengan sikap minder inilah yang malah menjadi boomerang bagi Sedulur dan membuat Sedulur mudah merasa pesimis.

Padahal, bisa jadi Sedulur lebih hebat dibanding mereka. Tidak perlu takut jika saat ini potensi Sedulur belum terasah dengan maksimal. Tenang saja, semua butuh proses. Jadi, hal utama yang harus Sedulur lakukan adalah mengembangkan potensi diri dengan penuh optimis, semangat dan percaya diri.

2. Menciptakan produk berbeda dari yang lainnya

sedulur super
photo by freepik

Kedua, ciptakan produk anti-mainstream. Hal ini juga penting, karena beberapa orang membuat produk yang hanya meniru produk dari orang lain. Hasilnya, hanya sedikit yang tertarik dengan produk tersebut karena dianggap mainstream. Nggak enak, kan? Kalau produk yang sudah susah-susah kita ciptakan secara malah tidak membuat orang lain tertarik.

Nah, untuk mengetahui produk apa yang anti-maintream, Sedulur bisa tuh, melakukan riset di internet atau juga bisa langsung turun ke lapangan. Cari tahu produk apa ya kira-kira yang menurut Sedulur unik tapi dibutuhkan banyak orang?

Baca Juga: Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

3. Fokus 

pengusaha super
photo by freepik

Ketiga, fokus dan komitmen dengan bisnismu. Setelah Sedulur mengetahui produk apa yang cocok untuk Sedulur jalankan, sekarang saatnya Sedulur fokus dengan bisnis. Jangan sampai fokus Sedulur terbagi dengan hal-hal yang sebetulnya tidak perlu. Sedulur memang perlu melihat bagaimana kompetitor bekerja, tapi jadikan itu sebagai motivasi untuk bersaing dengan mereka. Komitmen juga sangat diperlukan pada titik ini, karena dengan begitu, bisnis yang sudah Sedulur jalani tidak akan berhenti begitu saja di tengah jalan. Sayang, bukan? Jika tiba-tiba bisnis Sedulur berantakan lalu stuck hanya karena tidak fokus. Teruslah berinovasi dan bekerja keras agar bisnis yang Sedulur Super jalankan semakin berkembang dan diminati oleh banyak orang terutama konsumen.

Anggap saja bisnismu yang Sedulur jalankan ini adalah passion yang ada pada diri Sedulur. Sehingga ketika Sedulur menekuni apa yang menjadi keahlian, Sedulur akan mudah untuk fokus dengan apa yang sudah Sedulur mulai.

Selain itu berani dalam mengambil resiko. Seorang wirausahawan yang baik adalah dia yang berani mengambil resiko walaupun bisnis itu taruhannya. Sedulur harus berani gagal, tapi tidak boleh menyerah begitu saja.

4. Manfaatkan Teknologi

sedulur super
photo by freepik

Keempat, manfaatkan teknologi digital. Seiring dengan berkembangnya era digital, kini segala kebutuhan segera terpenuhi karena adanya teknologi internet, ditambah lagi kebutuhan semakin banyak, beberapa orang lebih suka memanfaatkan internet untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Apalagi Sedulur merupakan pemilik toko kelontong. Sedulur Super juga bisa memanfaatkan teknologi digital untuk berbisnis dan mengembangkan toko keleontong dengan menggunakan aplikasi, seperti Aplikasi Super. Aplikasi Super adalah aplikasi kulak sembako berbasis teknologi, yang akan membantu Sedulur kulak barang sembako di toko kelontong dengan mudah dan dapat harga murah.

Itulah tadi beberapa ulasan cara menjadi wirausahawan kreatif yang bisa Sedulur Super coba dan terapkan. Jangan ragu untuk terus mencoba hal-hal baru yang lebih menantang, karena itu termasuk dari jiwa-jiwa seorang wirausahawan sejati, lho!

Menjadi wirausahawan memang mudah, apalagi Sedulur berjualan sembako dan memiliki toko kelontong. Nah, untuk membantu stok barang di toko kelontong, Sedulur bisa coba pakai Aplikasi Super. Dijamin semua kebutuhan toko kelontong milik Sedulur akan terpenuhi!

Sedulur Super nggak perlu banyak opsi, coba download aplikasinya aja dulu!