Kita perlu memiliki usaha sampingan untuk menambah pemasukan bulanan.

Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, hal tersebut juga tentu mempengaruhi dari pendapatan tiap orang di setiap bulannya. Ada yang mengatur kebutuhannya sesuai dengan pendapatan yang didapat, ada yang menyesuaikan dan mengejar pendapatan yang disesuaikan dengan kebutuhannya. Terutama bagi setiap orang yang memiliki hasrat ingin menabung, akan mengejar pendapatan yang lebih besar agar dapat menabung di setiap bulannya.

Pendapatan atau pemasukan uang tambahan bisa didapat dari berbagai macam usaha sampingan di luar pekerjaan utama. Banyak pekerjaan dilakukan, biasanya usaha dan berdagang dijadikan usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang diinginkan.

Terdapat beberapa jenis usaha sampingan yang umum dilakukan oleh beberapa orang yang mencari pemasukan tambahan. Jenis usaha sampingan ini merupakan yang paling banyak dilakukan dan terbukti menguntungkan. Apa saja jenis usaha sampingan tersebut? Yuk mari kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: Cara Menemukan Ide Bisnis Melalui Media Sosial

Jenis Usaha Sampingan dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

1. Les Privat

Jenis usaha sampingan pertama yang bisa Sedulur Super coba adalah les privat. Terutama bagi Sedulu Super yang memang berprofesi sebagai guru, Sedulur bisa menawarkan les privat sepulang mengajar atau malam hari atau juga di akhir pekan yang disesuaikan jadwalnya. Les privat cukup mudah dan fleksibel untuk dilakukan, karena Sedulur bisa menentukan jadwal les dalam seminggu dan berapa lama les berlangsung.

Hal yang menarik dari menekuni usaha les privat ini, Sedulur Super tidak membutuhkan modal material yang besar, modal yang sangat diperlukan adalah pengetahuan yang Sedulur Super miliki dan juga melatih cara mengajar yang asyik dan dapat mudah dicerna oleh para murid. Enaknya menekuni usaha les privat ini, Sedulur Super bisa menentukan tarif Sedulur setiap jamnya dengan kualitas pengajaran yang Sedulur dapat berikan.

2. Penerjemah

Usaha sampingan yang kedua yang bisa Sedulur Super lakukan untuk mendapatkan keuntungan adalah menjadi penerjemah. Menjadi penerjemah merupakan jenis usaha sampingan yang paling fleksibel. Sedulur Super bisa melakukannya kapanpun dan dimanapun. Hal yang paling menarik adalah, Sedulur Super bisa menentukan tarif penerjemahan setiap lembar berdasarkan tingkat kesulitan dari teks yang diterjemahkan.

Biasanya Sedulur yang berprofesi sebagai guru bahasa atau Sedulur yang memiliki pendidikan di bidang bahasa asing bisa melakukan usaha sampingan ini. Apapun pekerjaan yang Sedulur tekuni, Sedulur bisa melakukan penerjemahan kapanpun dan dimanapun. Termasuk Sedulur juga yang menentukan jadwal teks selesai diterjemahkan.

3. Penulis Konten

Usaha sampingan yang bisa dilakukan dengan modal kecil selanjutnya adalah sebagai penulis konten. Penulis konten saat ini banyak dicari dan dibutuhkan sebagai pekerjaan lepas dan pekerjaan sampingan. Hal ini dipengaruhi dengan perkembangan usaha online yang pesat dan membutuhkan banyak penulis konten untuk promosi produk dari usahanya.

Usaha sampingan sebagai penulis konten juga bisa dilakukan oleh siapapun, termasuk bagi Sedulur Super yang menyukai dunia menulis dan memiliki kemampuan menulis yang baik. Waktu luang yang Sedulur miliki bisa dijadikan uang untuk menulis beberapa konten yang dibutuhkan.

4. Fotografer Lepas

Perkembangan arus informasi dan berbagai macam inovasi teknologi saat ini sangat cepat dan pesat, hal tersebut juga mendorong media-media yang ada terus bersaing untuk mengabarkan berita tercepat yang sedang terjadi. Apabila Sedulur Super memiliki hobi fotografi dan memiliki banyak stok foto atau kerap mengambil foto lingkungan sekitar, menjualnya bisa dijadikan salah satu cara untuk menambah penghasilan.

Sedulur Super juga bisa menjadi anggota situs foto berbayar, yang memberikan harga terhadao foto yang Sedulur miliki untuk digunakan di media yang mereka miliki. Apabila ada seseorang yang tertarik terhadap foto yang Sedulur miliki, foto Sedulur sudah barang tentu akan dibeli. Hal ini sangat efisien apabila Sedulur tidak mau repot melakukan usaha sampingan lain dan kebetulan memiliki bakat dalam dunia fotografi lengkap dengan peralatan yang dimiliki.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Pendiri Aplikasi Super

5.  Berdagang dan Menjadi Reseller

Sedulur ingin mempunyai pengalaman sebagai pedagang namun belum memiliki modal? Jenis usaha sampingan satu ini bisa menjadi alternatif, yaitu menjadi reseller. Reseller tidak membutuhkan modal yang banyak, dan apabila Sedulur pintar memilih produk apa yang bisa diambil untuk dijual, Sedulur tidak akan terlalu repot terutama apabila produk itu kerap dicari oleh masyarakat.

Reseller merupakan penjual kedua setelah distributor utama, Sedulur akan menjual kembali dan memperoleh keuntungan dari barang yang dijual. Beberapa reseller hanya menjual barang tanpa melakukan pengiriman atau harus membeli barangnya terlebih dahulu ke distributor utama, beberapa yang lain harus membeli dengan harga yang murah dan baru bisa menjualnya.

Jika Sedulur tertarik melakukan usaha sampingan dengan berdagang dan tidak memiliki modal sama sekali, Sedulur Super bisa bergabung menjadi Super Agen yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Dengan bergabung menjadi Super Agen, Sedulur Super akan mendapatkan untung super melimpah dengan tanpa sama sekali mengeluarkan modal.

Hal ini dikarenakan, Aplikasi Super menerapkan sistem kerja sama yang sangat adil yaitu sistem bagi hasil yang sesuai dengan syariat agama dan norma keadilan yang berlaku. Selain untung super melimpah, banyak bonus yang juga bisa Sedulur dapatkan saat menjadi Super Agen sebagai usaha sampingan yang Sedulur tekuni. Bonus yang paling menggiurkan adalah Sedulur Super bisa diberangkatkan umroh secara gratis sebagai bonus bagi Sedulur yang melakukan pekerjaan terbaik sebagai Super Agen.

Bagi Sedulur Super yang berminat, Sedulur bisa klik di sini untuk download aplikasi Super dan rasakan langsung manfaatnya menjadi Super Agen. Selain mendapatkan pemasukan tambahan, Sedulur Super juga bisa mendapatkan untung super melimpah dengan berbagai bonus yang bisa Sedulur dapatkan.