Meraih kesuksesan

Ada beberapa tipe pengusaha berdasarkan bidangnya yang wajib Sedulur ketahui.

Setiap pengusaha memiliki cara dan kemampuan berbeda dalam menjalankan bisnis untuk mencapai kesuksesan. Perbedaan tipe dan karakter dari pengusaha dapat dilihat dari cara tiap pengusaha mengambil keputusan untuk kelancaran bisnisnya.

Terdapat beberapa tipe pengusaha sukses yang dibedakan berdasarkan bidang usaha yang digelutinya. Bidang usaha turut mempengaruhi pola pikir dan cara pengambilan keputusan para pengusaha dalam menjalankan bisnis. Hal ini karena tiap bidang usaha memiliki tantangan dan kesulitan masing-masing, yang juga perlu penanganan secara berbeda yang akan menentukan karakter pengusaha tersebut. Seperti apa tipe-tipe pengusaha berdasarkan bidang usahanya? Yuk mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Grosir Sembako Online

-->

Tipe Pengusaha Sukses Berdasarkan Bidang Usahanya

1. Pengusaha Investor

Pengusaha Investor merupakan kewirausahaan tertinggi yaitu dikenal juga dengan istilah angel investor. Para pengusaha investor berfokus untuk membantu mengembangkan bisnis dari pengusaha-pengusaha yang sedang ingin berkembang dan fokus dalam mencapai kesuksesan bisnisnya.

Para pengusaha investor ini biasanya memanfaatkan hubungan yang telah mereka bangun selama bertahun-tahun dan mempertaruhkan nama mereka untuk menginvestasikan dananya kepada perusahaan baru yang mereka yakini akan berkembang.

Tipe pengusaha investor biasanya memiliki kemampuan dalam melihat peluang dan membaca kesuksesan bisnis di masa depan. Mereka mendapatkan kemampuan ini dikarenakan pengalaman dalam dunia bisnis yang telah matang. Para pengusaha baru dalam berbagai bidang usaha biasanya mendatangi para pengusaha investor untuk meminta bantuan dalam pengembangan bisnisnya.

2. Pengusaha Online

Tipe pengusaha online adalah para pengusaha yang menjalankan bisnisnya dengan menjual produk, jasa dan layanan, dan informasi secara online. Para pengusaha online biasanya dapat menghasilkan uang dari menjual produk mereka di situs atau web yang mereka miliki.

Para pengusaha online ini biasanya memiliki kemampuan digital marketing yang sangat baik, mereka memanfaatkan platform pasar pihak ketiga yang telah ada, seperti Tokopedia, BukaLapak, Shopee dan Aplikasi Super, untuk mengembangkan bisnisnya.

Para pengusaha online sepenuhnya mengandalkan informasi yang beredar di dunia maya, dan mereka harus terus mengikuti berita terkait informasi penjualan dan juga menawarkan layanan online seperti iklan berbayar dan juga kerja sama secara online.

3. Pengusaha Lifestyle

Pengusaha lifestyle memiliki jenis usaha yang berfokus pada menciptakan lingkungan di mana mereka dapat mengatur jadwal mereka sendiri dan hidup di manapun mereka inginkan. Tujuannya adalah untuk dapat menjalankan bisnis secara fleksibel dan efisien, dan dapat  memaksimalkan untung super melimpah. Biasanya orang-orang yang termasuk tipe pengusaha lifestyle memiliki panggilan yaitu “perantau digital” atau solopreneur.

Solopreneur adalah orang yang beroperasi sepenuhnya sendiri dan tanpa dukungan dari tim. Mereka tidak memiliki mitra bisnis dan jika mereka membutuhkan bantuan, mereka menyewa freelancer untuk melakukan beberapa pekerjaan untuk mereka. Solopreneur biasanya akan menjaga biaya mereka agar tetap rendah karena mereka fokus untuk memastikan dapat mempertahankan gaya hidup minimalis mereka selama mungkin.

Bagaimana pengusaha lifestyle menghasilkan uang? Biasanya mereka fokus pada bisnis online berbiaya rendah seperti, Blogging Freelance, Kursus online, Perdagangan elektronik secara online. Atau juga biasanya para pengusaha lifestyle menawarkan jasa foto produk bagi para pengusaha-pengusaha online lainnya.

Baca Juga: Cara Mengolah Daging Agar Empuk dan Nikmat

4. Pengusaha Influencer

Pengusaha sukses tipe ini merupakan mereka yang telah mendapatkan perhatian publik dan dapat memberi inspirasi bagi masyarakat banyak. Tipe pengusaha influencer saat ini berkembang pesat seiring dengan berkembangnya platform digital seperti Youtube, Instagram, Podcast sebagai media yang digunakan masyarakat untuk mendapatkan motivasi dan inspirasi.

Pengusaha tipe ini merupakan pengusaha yang memiliki pengikut yang sangat loyal, pengusaha tipe ini memiliki perbedaan yang mendasar dengan para pengusaha online. Jika pengusaha online menjual sebuah produk, layanan dan informasi, pengusaha influencer menawarkan sebuah pengetahuan, motivasi dan inspirasi yang mereka bagikan secara gratis.

Tipe pengusaha ini mendapatkan uang dan pemasukan dari berbagai perusahaan yang melakukan kerjasama dengan mereka untuk mempromosikan produknya. Tipe pengusaha influencer ini sepenuhnya mengandalkan kepercayaan publik kepada mereka dan biasanya mereka bisa dibayar mahal oleh perusahaan untuk mempromosikan usahanya.

5. Pengusaha Menengah dan Kecil

Tipe pengusaha ini biasanya menjalankan bisnis sebagai sebuah usaha sampingan, jenis usaha yang dilakukan seperti toko kelontong atau warung. Mereka bisa menjalankan bisnis dari rumah dan bisa sambil melakukan pekerjaan lainnya.

Tipe pengusaha ini biasanya akan berusaha untuk mendapatkan kepercayaan dari masyarakat sekitar dengan menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti beras, minyak, gula dan sembako super lainnya. Tipe pengusaha ini sepenuhnya menjalankan bisnis sendiri dan melakukan hubungan kerjasama dengan para pihak seperti agen grosir sembako, atau produk-produk makanan secara langsung. Bagi Sedulur Super yang memiliki usaha menengah dan kecil seperti ini, bisa menggunakan Aplikasi Super sebagai mitra dalam menjalankan bisnis Sedulur.

Aplikasi Super menawarkan harga yang lebih murah dengan kualitas sembako yang terbaik. Aplikasi Super juga memiliki fasilitas bernama Mitra Super Center, dengan bergabung dalam Mitra Super Center, Sedulur Super dapat memajukan usaha Sedulur Super karena Aplikasi Super memberikan beberapa fasilitas pembinaan yang dapat bermanfaat untuk usaha yang tengah Sedulur jalani tersebut. Fasilitas seperti pelatihan bisnis dan publikasi di media massa yang diberikan Aplikasi Super secara gratis akan lebih melebarkan jangkauan konsumen dari usaha Sedulur.

Bagi Sedulur Super sekalian yang belum download Aplikasi Super, bisa klik di sini dan rasakan secara langsung manfaat dan untung super melimpah yang disediakan oleh Aplikasi Super.