Surabaya merupakan salah satu kota besar di Indonesia, dengan berbagai ragam kuliner khas di sana.

Surabaya selain sebagai kota besar yang ada di Indonesia, Surabaya juga merupakan kota yang memiliki nilai sejarah penting bagi Indonesia. Banyak momen-momen bersejarah yang terjadi di Surabaya dalam melawan dan mengusir penjajah. Selain itu, kota Surabaya juga kaya akan cita rasa kuliner dengan berbagai makanan khas yang dimiliki.

Makanan khas yang dimaksud yaitu makanan tersebut hanya terdapat di Surabaya, jika pun ada di daerah lain cita rasanya tidak akan seasli yang ada di Surabaya. Ada beberapa makanan khas Surabaya yang wajib Sedulur coba jika kebetulan sedang berada di Surabaya. Apa saja makanan khas Surabaya yang dimaksud? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Daftar Makanan Khas Surabaya

1. Sate Klopo Ondomohen

Makanan khas pertama adalah sate-satean. Namun jangan salah sangka dulu, walaupun namanya Klopo yang berarti kelapa. Bukan berarti sate ini terbuat dari kelapa. Sedulur mungkin bertanya bagaimana kelapa dijadikan sate. Sate Klopo adalah sate yang terbuat dari daging sape yang diiris tipis lalu dibalur oleh parutan kelapa yang kemudian dibakar. Rasanya pun sangat enak, wajib Sedulur coba jika berkunjung ke Surabaya.

2. Sego Sambel

Sego Sambel, atau nasi sambel merupakan makanan khas dari Surabaya. Sego sambel bukan berarti hanya nasi dan sambel saja, namun terdapat juga lauk pauk. Sambel identik dengan pedas, jika Sedulur ada yang menyukai masakan pedas, sangat wajib mencicipi Sego Sambel khas Surabaya satu ini. Sego Sambel juga merupakan makanan malam yang banyak dijual saat malam.

Baca Juga: Daftar Sembako Paling Dicari

3. Rujak Cingur

Salah satu kuliner yang khas dari Surabaya adalah Rujak Cingur. Belum sah ke Surabaya jika tidak mencicipi Rujak Cingur, saking identiknya dengan Surabaya setiap masyarakat yang berkunjung ke Surabaya harus mencicipi Rujak Cingur.  Rasanya sebagaimana rujak yang terdiri dari buah-buahan dengan bumbu khusus dan khas yang hanya dapat Sedulur Super rasakan dalam Rujak Cingur.

4. Lontong Balap

Makanan khas Surabaya selanjutnya yaitu lontong balap. Makanan yang terkenal dari Kota Pahlawan ini terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal. Cara menyajikannya pun mudah, lontong diiris-iris dan diatas irisan lontong diberi potongan tahu goreng serta remasan beberapa lentho (bulatan kecil sebesar ibu jari). Kemudian ditambahkan tauge setengah matang yang porsinya terbanyak dalam hidangan, setelah itu diberi kuah secukupnya, bawang goreng, sambal dan kecap. Sedulur Super wajib mencoba lontong balap yang biasanya dijual saat pagi sebagai sarapan.

5. Tahu Campur

Kuliner khas Surabaya yang satu ini menjadi makanan yang paling diburu para pecinta kuliner ketika berada di kawasan Surabaya dan sekitarnya. Sedulur juga wajib memburu makanan khas Surabaya satu ini, karena memang memiliki rasa yang sangat nikmat.

Tahu Campur memiliki rasa yang enak dengan sedikit bumbu petis di dalamnya.  Tahu campur terbuat dari bahan-bahan seperti daging sapi, tahu goreng, tauge, selada air dan mie kuning. Semua bahan ini dipotong-potong kemudian disiram kuah yang terbuat dari bumbu-bumbu yang sudah dicampur dengan petis. Semakin menggiurkan dengan tambahan sambal dan kerupuk udang.

6. Rawon

Rawon menjadi salah satu hidangan kuah khas Surabaya yang paling dicari. Kekhasan warna dan rasa menjadi alasannya. Selain itu, di daerah lain yang memiliki kuliner serupa dengan rawon menggunakan bahan yang berbeda sehingga rasanya pun otomatis berbeda.

Kuah hitamnya yang khas dengan daging empuk adalah menu andalan yang biasa disantap warga Surabaya maupun wisatawan yang datang ke Surabaya. Sedulur Super jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi Rawon sebagai makan khas Surabaya satu ini.  Berkat rasanya yang enak, beragam jenis rawon kini dijual oleh pedagang-pedagang di seluruh penjuru Indonesia dengan varian yang berbeda-beda.

Namun, bagi Sedulur Super yang sedang merencanakan untuk datang ke Surabaya tidak ada salahnya jika mencoba rawon ini di tempat asalnya. Menjadi salah satu ciri khas Surabaya, kuliner yang satu ini akan sayang sekali jika Sedulur Lewatkan.

Baca Juga: Cara Menemukan Ide Bisnis Melalui Media Sosial

7. Soto Gubeng

Sedulur Super ingin mencoba varian soto di Surabaya? Soto gubeng adalah pilihan yang tepat. Terkenal dengan kota yang memiliki jenis kuliner yang berkuah menjadikan soto gubeng mudah dicintai oleh siapapun yang mencobanya. Selain itu, makanan berkuah sudah menjadi ciri khas dari setiap daerah, hampir setiap daerah memiliki makanan berkuah seperti soto dengan ciri khas daerah tersebut.

Soto gubeng memiliki sejarah yang menarik, soto ini sudah ada sejak zaman Hindia Belanda. Gubeng sendiri adalah sebuah kecamatan yang mempunyai stasiun paling besar di Kota Surabaya. Di stasiun Gubeng inilah soto gubeng lahir dan menjadi terkenal dengan rasa kaldu yang sangat nikmat Bagi Sedulur yang berada di Surabaya dan berencana untuk berangkat ke Surabaya, tidak ada alasan lagi untuk tidak mencoba Soto Gubeng.

Masih banyak lagi makanan khas Surabaya yang memiliki cita rasa tinggi dan bahan serta olahan yang unik dan menarik. Bagi Sedulur yang sangat penasaran ingin mencicipi makanan

khas Surabaya namun belum mampu untuk mengunjungi Surabaya, Sedulur Super bisa membuatnya sendiri. Jangan khawatir untuk mendapatkan setiap bahan pembuatannya, Sedulur tinggal kulak saja sembako dan bahan pembuatannya di Aplikasi Super. Di Aplikasi Super, setiap barang dan sembako tersedia lengkap.Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super bisa klik di sini. Gunakan Aplikasi Super dari sekarang, untuk melengkapi kebutuhan sembako Sedulur di rumah, tanpa harus keluar rumah.