Kita belum begitu mengenal gandum, namun sudah biasa memakan hasil olahannya.

Gadum merupakan jenis tanaman serealia yang suku padi-padian yang kaya akan karbohidrat. Gandum sudah sering digunakan sebagai bahan makanan sejak zaman dulu. Berbagai peradaban besar dalam sejarah tercatat dalam peninggalan sejarahnya telah menggunakan gandum sebagai bahan makanan.

Kita mungkin belum begitu mengenal atau mengetahui gandum, namun kita sudah sangat akrab dengan hasil olahannya. Sebut saja seperti roti, mie, dan tepung yang berasal dari gandum yang kemudian diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Gandum juga memiliki berbagai macam kandungan didalamnya, seperti protein, karbohidrat, gula, serat, lemak, air, selenium, mangan, fosfor, tembaga, kalsium, zat besi, kalium, sodium, zinc, folat, dan vitamin C, B1, B2, B3, dan B6. Selain kandungan tersebut, gandum juga mengandung beberapa senyawa yang dapat bertindak sebagai antioksidan seperti ferulic acid, alkylresorcinols, ilignan, dan juga kandungan lutein.

-->

Sedulur Super harus mengetahui bahwa gandum merupakan bahan yang cukup banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, gandum juga memeliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa manfaat gandum akan diulas pada penjalasan di bawah ini. Yuk, mari kita simak ulasannya.

Manfaat Gandum Bagi Kesehatan Tubuh

1. Sumber Serat dan Nutrisi

Salah satu alasan gandum direkomendasikan sebagai makanan pokok adalah karena kandungan serat di dalamnya. Gandum memiliki kandungan baik, yaitu serat larut dan tidak larut yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan serat dari roti gandum contohnya, dipercaya lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan serat dari roti putih. Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, kandungan makronutrien dalam gandum juga lengkap meliputi karbohidrat, lemak, dan protein.

Sedulur Super tentu sudah mengetahui bahwa serat dan nutrisi sangat dibutuhkan untuk tubuh kita. Serat terutama sangat dibutuhkan untuk metabolisme pencernaan kita. Semakin banyak serat yang kita konsumsi, akan semakin mudah untuk sistem pencernaan kita bekerja. Nutrisi juga baik untuk kerja tubuh  kita, terutama organ-organ vital dalam tubuh.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat gandum yang kedua selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat. Gandum utuh dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dengan cara mencegah penyerapan LDL (low density cholesterol) atau dikenal juga dengan kolesterol jahat. Selain itu, konsumsi gandum utuh juga dipercaya dapat menurunkan kadar trigliserida dalam darah.

Hal ini disebabkan oleh kandungan nutrisi dan serat yang terdapat dalam gandum, yang membuat kolestrol dalam darah akan diolah dengan baik oleh sistem pencernaan kita, karena manfaat gandum lainnya yaitu meningkatkan sistem pencernaan.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Mentega dan Margarin

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Sedulur Super yang memiliki masalah dengan darah tinggi atau tekanan darah yang tinggi, mengonsumsi gandum utuh bisa dicoba untuk mengatasi permasalahan tekanan darah yang Sedulur Super alami.

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, manfaat lain gandum adalah dapat menurunkan tekanan darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sekelompok pria yang mengonsumsi lebih dari tujuh porsi sereal gandum utuh per minggu memiliki risiko 19% lebih rendah terkena hipertensi daripada mereka yang hanya mengonsumsi satu atau kurang dari tujuh porsi sereal gandum. Di Indonesia mengonsumsi sereal gandum memang belum begitu terbiasa, namun di beberapa negara lain yang mengonsumsi sereal sebagai bahan makanan pokok, tingkat risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi begitu kecil.

Baca Juga: Tips Menjadi Agen Sembako Super

4. Mengontrol Gula Darah

Indonesia merupakan negara dengan penderita diabetes dan kandungan gula darah tinggi. Hal tersebut sangat berkemungkinan akibat kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka mengonsumsi makanan yang menandung kadar gula tinggi. Dengan mengonsumsi gandum secara rutin, Sedulur Super yang mempunyai masalah dengan gula darah akan bisa diatasi.

Konsumsi gandum utuh dipercaya dapat membantu mengontrol gula darah, bahkan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Hal ini disebabkan karena kebanyakan gandum memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat mengendalikan berat badan serta mencegah obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas merupakan salah satu faktor risiko utama dari diabetes. Selain itu, kadar magnesium yang banyak terkandung dalam gandum utuh juga dipercaya dapat membantu metabolisme karbohidrat yang terikat dengan sensitivitas insulin.

5. Mengurangi Peradanan Kronis

Peradangan seringkali menjadi penyebab dari berbagai macam penyakit kronis. Ada beberapa penyakit kronis yang disebabkan oleh peradangan yang juga kronis. Salah satu manfaat gandum adalah dapat mengurangi peradangan.

Hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian ilmiah, bahwa dengan mengonsumsi gadum utuh secara rutin dapat mengurangi potensi mengalami peradangan kronis. Sebuah penelitian menunjukkan, wanita yang mengonsumsi gandum utuh hampir tidak mungkin meninggal karena kondisi kronis yang diakibatkan peradangan. Penelitian terbaru juga menunjukkan kelompok orang yang mengganti pola makan tidak sehatnya dengan gandum utuh dan melihat adanya pengurangan tanda-tanda peradangan. Bagi Sedulur yang memiliki masalah dengan peradangan kronis, bisa mulai untuk mengonsumsi gandum sebagai salah satu solusi untuk mengatasinya.

6. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Gandum juga sangat bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Kesehatan gigi dan mulut kita dapat terjaga dengan mengonsumsi gandum utuh secara teratur. Beberapa penelitian ilmiah dilakukan untuk membuktikan manfaat gandum bagi kesehatan gigi dan mulut.

Ternyata manfaat ini masih terkait dengan kemampuan gandum yang dapat mencegah peradangan. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 35.000 pria dengan usia 40 hingga 75 tahun menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi gandum utuh lebih banyak memiliki risiko 23% lebih kecil terkena penyakit gusi daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Walaupun gandum bukan makanan pokok di Indonesia, namun dengan berbagai manfaat gandum bagi tubuh yang telah dijelaskan di atas bisa meyakinkan Sedulur Super untuk mulai mengonsumsi gandum secara rutin. Jika Sedulur Super kesulitan mencari gandum  berkualitas, Sedulur Super bisa belanja gandum dengan menggunakan Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan kulak gandum secara langsung untuk lebih menyehatkan tubuh Sedulur Super sekalian.