Apa itu tahu susu? Inilah resep tahu susu lumer yang mudah dibuat untuk cemilan nikmat Sedulur di rumah!

Enak, gurih, lembut, apalagi jika disajikan selagi hangat adalah ungkapan yag tepat untuk cemilan tahu susu. Tahu susu adalah salah satu jenis kreasi makanan yang dibuat dari bahan dasar tahu dengan lazimnya campuran bahan lain seperti kacang kedelai, susu sapi, mentega, dan lainnya. Tahu susu kian populer, seperti tahu susu goreng  yang memiliki banyak peminat.

Cemilan tahu yang satu ini sangat populer di Bandung. Popularitasnya membuat orang berlomba untuk bisa menikmati lezatnya tahu susu dengan berburu resep tahu susu lumer hingga cara membuat tahu susu krispi. Selain itu, selera pedas warga Indonesia memungkinkannya menyediakan tahu susu pedas yang sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Olahan tahu susu banyak ditemui di Lembang. Namun, tak hanya disana, cemilan ini juga dapat ditemukan di daerah lain di luar Jabar. Itulah mengapa banyak variasi tahu susu resep seperti cara membuat tahu susu Kediri, tahu susu Surabaya, cara bikin tahu susu khas Malang, dan lain-lain. Selain tersedia di berbagai daerah, Sedulur juga bisa membuatnya di rumah loh!

-->

Untuk memuaskan penggemar tahu, inilah resep membuat tahu susu. Cara membuat tahu susu kekinian ini juga cukup sederhana atau tidak memerlukan banyak bahan. Adapun bahan dasar yang digunakan adalah tahu putih. Untuk membuat tahu susu sederhana, mari simak cara membuat tahu susu dari tahu putih. Ini pembuatan tahu susu dimulai dari bahannya.

Baca Juga: 7 Cara Membuat Resep Pastel Kering, Mudah & Praktis Banget!

Cara Membuat Tahu Susu di Rumah dengan Bahan Sederhana

Tahu susu dikenal dengan pembuatannya yang unik sehingga menghasilkan tahu yang lezat. Bahan yang digunakan serta cara membuat tahu susu pun cukup rumit dengan menggunakan bahan seperti kacang kedelai yang harus direndam terlebih dahulu, ditambahkan susu, dan lainnya. Namun, berikut adalah resep tahu susu dengan cara yang lebih sederhana.

1. Bahan Tahu Susu

1. Bahan Tahu Susu
diadona.id

Sebelum menelusuri cara membuat tahu susu, simak terlebih dahulu bahan-bahan untuk membuat tahu susu yang lumer dan gurih berikut ini.

  • Tahu putih
  • 1,5 liter air
  • 2 sachet kaldu bubuk
  • 10 siung bawang putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh soda kue
  • 1 sendok teh baking powder

2. Mencuci Tahu

2. Mencuci Tahu
haibunda.com

Pertama, pastikan tahu yang akan digunakan adalah tahu bersih dengan cara mencuci tahu-tahu yang akan digunakan. Tahu tentunya memiliki tekstur yang lembut dan mudah membuyar. Dengan demikian, saat mencuci, pastikan cuci tahu dengan lembut agar bentuk tahu tidak berubah. Cuci di air mengalir dan gosokan satu sama lain.

3. Potong-Potong Tahu

3. Potong-potong Tahu
newshub.id

Tahap pemotongan ini sebenarnya adalah sesuai selera. Meski demikian, untuk cara membuat tahu susu sendiri, beberapa hal harus diperhatikan. Potong tahu dengan tidak terlalu tipis, namun tidak terlalu tebal. Jika terlalu tipis, tahu dikhawatirkan menjadi lebih rapuh. Sisihkan tahu yang sudah dipotong.

4. Rebus Air

4. Rebus Air
idntimes.com

Selanjutnya, lanjutkan dengan merebus 1,5 liter air hingga mendidih. Proses pembumbuan ada pada tahap ini dengan menambahkan bawang putih, kaldu bubuk, dan garam. Aduk dengan merata.

Baca Juga: 2 Kreasi Resep Bakwan Jagung Super Kriuk, Praktis Banget!

5. Masukan Baking Powder

5. Masukan Baking Powder
resepkoki.id

Masih pada cara buat tahu susu rumahan, jika air yang sudah dibumbui mendidih, segera matikan kompor. Setelah itu, masukan baking powder dan soda kue. Aduk kembali hingga semuanya tercampur rata. Jika tahu yang digunakan memiliki tekstur yang lebih lunak, Sedulur bisa kurangi takaran baking powder dan soda kue yang digunakan.

6. Rendam Tahu

6. Rendam Tahu
merdeka.com

Siapkan tahu yang sudah disisihkan di awal. Kemudian, tuangkan air yang sudah dibumbui dan diberikan baking powder tadi ke dalam wadah yang telah diisi potongan tahu. Rendam 3-4 jam. Jika sudah direndam, tiriskan tahu dan simpan ke dalam lemari es minimal selama 2 jam.

7. Goreng Tahu

7. Goreng Tahu
liputan6.com

Panaskan minyak dengan takaran menyesuaikan tahu yang akan digoreng, sebaiknya perkirakan takaran minyak bisa merendam semua tahu. Jika minyak sudah cukup panas untuk menggoreng, masukan tahu satu per satu lalu goreng tahu hingga berkulit atau warna luarnya sudah berubah. Aduk aduk dan jangan sampai hancur.

Setelah menggoreng tahu, cara membuat tahu susu selesai dilakukan. Jika Sedulur membuat tahu dalam jumlah banyak dan tidak akan menggoreng semua tahu, tahu mentah yang tersisa bisa disisihkan dan kembali masukan ke dalam kulkas dalam keadaan tertutup rapat dalam wadah.

Demikian cara membuat tahu susu yang bisa Sedulur praktikan. Ini merupakan resep tahu susu anti gagal karena cara membuat tahu susu di atas cukup sederhana untuk ditiru di rumah. Sedulur juga bisa berkreasi membuat tahu susu keju hanya dengan menambahkan bubuk keju atau keju asli pada rendaman tahu.

Jangan lupa untuk membeli bahan membuat tahu susu dalam resep di atas dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan belanja segala kebutuhan sehari-hari bukan hanya kebutuhan untuk resep tahu susu saja. Selamat mencoba!