7 Juaranya Sop Buntut di Surabaya yang Wajib Dicoba

Makan berkuah yang selalu menggugah selera makan adalah sop buntut. Apalagi kalau cuaca sedang dingin dan tubuh ingin merasa lebih hangat maka hidangan ini akan sangat pas. Bila Sedulur sedang di Kota Pahlawan, ada beberapa rekomendasi sop buntut Surabaya yang menarik untuk dicoba.

Sop buntut sendiri memang menjadi makanan yang mungkin cukup umum di berbagai daerah. Namun, keterampilan memasak dan bumbu yang digunakan memang jadi kunci kelezatan sop buntut. Untuk itu, agar Sedulur tidak salah pilih tempat makan. Simak beberapa rekomendasi sop buntut Surabaya berikut ini!

BACA JUGA: 17 Tempat Makan Nasi Cumi Surabaya yang Nikmat dan Nagih

1. RM Sop Buntut Gelora Pancasila

sop buntut surabaya
Unsplash/Agus Susanto

Sop buntut di Depot Gelora Pancasila ini memang beragam jenisnya, ada yang dibakar ada juga yang direbus dengan kuah kaldu sop buntut. Walaupun disajikan dengan cara berbeda, kedua makanan ini sama enaknya kok.

Untuk buntut bakarnya memang punya rasa gurih yang kuat apalagi seluruh bagian dari buntutnya terkaramelisasi dengan sempurna, jadi nggak jarang Sedulur bakal menggigit bagian daging yang garing tapi sarat akan rasa.

  • Lokasi: Jalan Musi Nomor 48, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya.
  • Harga: Berkisar mulai dari Rp20.000 sampai Rp80.000
  • Jam buka: Setiap hari mulai dari pukul 12.00 WIB sampai 21.00 WIB 

2. Sop Buntut Pojok Kali Jembatan Merah

Sop Buntut Pojok Kali Jembatan Merah berada di Jalan Kemudi Nomor 18, Krembangan Utara, Pabean Cantikan, Kota Surabaya. Buka dari sampai sore, memang sop ini jadi pilihan untuk sarapan. Ada semangkuk menu sop buntut dengan kuah bening yang gurih dengan tambahan jeruk nipis yang menyegarkan.

Karena terletak di pinggir sungai, orang Surabaya menyebut warung ini sebagai sop buntut pinggir kali. Meski dari luar warung sop buntut ini terlihat sederhana, tetapi cita rasa sop buntut yang disajikan oleh warung ini sangat nikmat dan bakal menggugah selera.

  • Lokasi: Jalan Kemudi Nomor 18, Krembangan Utara, Pabean Cantikan, Kota Surabaya
  • Harga: Berkisar mulai dari Rp 40.000-an
  • Jam buka: Setiap hari mulai dari 07.00 WIB sampai 16.00 WIB

3. Sop Buntut Bureg

Sop Buntut Bureg menjadi idola para pecinta sop di Surabaya. Resep rahasia dalam mengolah sop buntut menjadi hidangan yang super lezat jadi kunci kelezatan hidangan ini. Kuah kaldunya yang keruh menjadi paduan yang tepat ketika Sedulur menyantap daging sop buntutnya yang benar-benar empuk.

Saking terkenalnya karena sop buntutnya punya rasa yang enak, jam makan siang selalu bikin tempat ini jadi ramai banget!

  • Lokasi: Jalan Sukomanunggal Jaya I Nomor 2, Sukomanunggal, Sukomanunggal, Kota Surabaya.
  • Harga: Berkisar mulai Rp20.000
  • Jam buka: Buka dari Senin sampai Sabtu pukul 06.00 WIB sampai 15.00 WIB

BACA JUGA: Sate Gebug Malang, Lezatnya Sate yang Melegenda Sejak 1920

4. Rujak Cingur dan Sop Buntut Genteng Durasim

sop buntut surabaya
Pexels/Starzzz Studios

Kalau Sedulur mencoba sop buntut yang ada di warung durasim ini, Sedulur bakal merasakan gurihnya kuah sop dengan warna yang pekat serta daging buntut sapi yang teksturnya sangat lembut.

Kuah sop buntut terasa gurih dan nikmat karena campuran rempah-rempah yang sudah diracik sedemikian rupa hingga rasa nikmatnya menjadi unik dan berbeda dari warung sop buntut lainnya.

  • Lokasi: Jalan Genteng Durasim Nomor 29, Genteng, Surabaya
  • Harga: Mulai dari Rp45.000
  • Jam buka: Senin sampai Sabtu pukul 10.30 WIB sampai 17.30 WIB, Minggu pukul 11.00 WIB sampai 17.30 WIB

5. Sop Buntut Kedai Tua Baru

Kalau ke Kedai Tua Baru, menu yang jangan lupa untuk dipesan adalah buntut rempahnya. Jadi daging buntut sapi diolah dengan berbagai bumbu rempah sehingga memiliki rasa yang sangat gurih dan juga lezat. Bentuknya sih seperti rendang, tetapi rasanya tentu lebih nendang dari rendang!

Daging buntutnya pun juga empuk banget, jadi kalau Sedulur makan buntut rempah ini benar-benar nggak akan ada daging yang tersisa yang belum Sedulur lahap. Selain buntut rempah, kalau Sedulur suka sop buntut Sedulur juga bisa pesan sop buntut disini yang nggak kalah enak.

  • Lokasi: Jalan Tegalsari No.25, Tegalsari, Kec. Tegalsari, Surabaya
  • Harga: Mulai dari Rp35.000

6. Sop Buntut Cak Choirul

Banyak yang bilang kalau sop buntut ini jadi favoritnya para pramugari dan pilot, kenapa begitu? Karena letak dari depot sop buntut Choirul sendiri berada di Sidoarjo yang memang dekat dengan Bandara Internasional Juanda.

Begitu Sedulur kesini, pasti langsung ditawarkan varian buntut goreng atau sop buntut, nah nggak usah bingung dalam memilih, karena keduanya punya rasa yang sama enaknya. Kalau sop buntut tentunya berpadu dengan kuah gurih yang segar, dan kalau buntut goreng ada sensasi garing di setiap daging yang terkaramelisasi.

  • Lokasi: Jalan Delta Mandala I No.5, Semawalang, Semambung, Kec. Gedangan, Kabupaten Sidoarjo
  • Harga: Mulai dari Rp30.000
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

7. Depot Sari

sop buntut khas sidoarjo
Pixabay/Pirkko

Di sini tersedia berbagai macam olahan sapi, seperti rawon dan juga sate sumsum. Tentunya yang jadi raja dari kuliner di Depot Sari adalah sop buntutnya.Sajian sop buntutnya sendiri digoreng terlebih dahulu sehabis direbus, jadi kebayang kan betapa lumernya daging buntut ketika Sedulur kunyah.

Belum lagi kalau Sedulur seruput kuah sopnya yang gurih. Sedulur nggak bakalan menyesal kalau makan di tempat ini deh, karena tempat ini sendiri jadi favorit artis ibu kota kalau melancong ke Surabaya.

  • Lokasi: Jalan Karet Nomor 112, Bongkaran, Pabean Cantikan, Kota Surabaya
  • Harga: Berkisar mulai dari Rp35.000
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB

Demikian tadi rekomendasi sop buntut Surabaya yang bisa Sedulur coba. Pilihan menu ini memang cocok dijadikan alternatif sarapan di pagi hari. Selain itu, Sedulur juga bisa membeli menu sop buntut untuk dibungkus di rumah.

Oia, biar menyantap menu sop buntut Surabaya ini makin nikmat, jangan sembarangan pakai nasi hangat ya. Sedulur sebaiknya mencoba nasi dari Beras Perirasa yang sudah Jelas Hematnya dan Jelas Rasanya, agar makan jadi makin lahap dan mantap.

Perirasa

Sedulur bisa memilih varian beras mulai dari Beras Perirasa Hijau yang jelas berkualitas premium dan Beras Perirasa Biru yang jelas ramah di kantong. Sedulur tidak perlu khawatir karena Perirasa mudah ditemukan dimana saja kok.

Kamu bisa mendapatkan produk-produk Perirasa di SuperApp, Blibli, Shopee GSA, TikTok Shop GSA, Tokopedia GSA, Supermarket di kota-kota di Jawa Timur (Sakinah, Besmart Ai, dan masih banyak lagi), serta warung kelontong terdekat. Untuk informasi lengkap tentang Perirasa, bisa langsung buka Website Perirasa atau akun Instagram Perirasa.