Kue Apen, Jajanan Manis dan Legit Khas Sumenep

Selain dikenal dengan wisata alamnya yang indah, Kabupaten Sumenep juga menyimpan kekayaan kuliner yang menarik untuk dicoba. Satu di antaranya adalah kue apen Sumenep yang legendaris.

Jajanan bercita rasa gurih dan manis ini ternyata tidak sekadar memanjakan lidah. Melainkan juga memiliki makna tersendiri bagi warga Sumenep. Apalagi jajanan tersebut juga mulanya hanya disajikan pada momen-momen tertentu meski saat ini sudah banyak penjual yang menjajakannya setiap hari.

Lantas, seperti apa cita rasa kue apen Sumenep? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya.

BACA JUGA: 11 Spot Warung Makan Indomie Surabaya Paling Unik dan Enak

Mengenal Kue Apen Khas Sumenep

apen sumenep
Pexels/Joelalencar

Apen merupakan jajanan tradisional berasal dari Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Tepatnya, pembuatan kue apen terkenal di Desa Parsanga, Sumenep. Kuliner tradisional itu pun disebut telah diwariskan secara turun-temurun dari generasi ke generasi.

Melihat bentuk sajiannya, apen disajikan berupa kue berbahan tepung beras yang dicampur air ataupun santan cair. Adonan kue apen itu kemudian dimasak di atas wajan dengan cetakan berbentuk lingkaran. Hal inu membuat kue apen kerap disebut memiliki bentuk serupa dengan kue serabi atau kue apem khas daerah lain.

Kendati demikian, berbeda dengan serabi ataupun apem, kue apen Sumenep disajikan bersama kuah gula merah yang terbuat dari campuran gula merah dan santan. Hal ini membuat kue apen memiliki cita rasa manis sekaligus gurih saat disantap.

Di sisi lain, saat ini sudah banyak penjual yang mengkreasikan kue apen sehingga memiliki beraneka rasa. Beberapa varian rasa yang bisa dipilih di antaranya adalah pandan, telur, dan cokelat. Meski begitu, kue apen rasa original juga tak kalah lezat untuk dicicipi.

Sejarah Kue Apen Sumenep

Tidak banyak catatan mengenai sejarah kemunculan kue apen hingga menjadi salah satu jajanan legendaris di Kabupaten Sumenep. Hanya saja, kue apen disebut biasa disajikan di momen-momen penting masyarakat Sumenep.

Apen biasa disajikan saat acara tahlil dalam rangka mendoakan orang yang sudah meninggal. Kue apen sendiri disajikan sebagai simbol permintaan maaf dari orang yang meninggal kepada semua masyarakat. Di sisi lain, kue apen juga umum dijumpai saat momen lebaran. Dalam hal ini, kue apen juga menjadi simbol permohonan maaf kepada tamu yang datang untuk bersilaturahmi.

Kendati menjadi makna simbolis dalam perayaan atau peringatan tertentu, saat ini sudah banyak orang yang menjajakan kue apen. Selain itu, kue apen juga mudah ditemukan sebagai takjil saat bulan Ramadhan.

BACA JUGA: 12 Kuliner Sumenep Paling Populer yang Wajib Dicoba

Resep Apen Sumenep

apen sumenep
Pexels/Anastasiia Ivanova

Secara umum, kue apen terbuat dari bahan-bahan sederhana, yaitu kue beras, air, santan, dan gula merah. Di samping itu, pembuat kue apen juga biasa menambahkan bahan-bahan lain untuk menambah cita rasa sekaligus membuat tekstur kue apen menjadi padat sekaligus lembut saat disantap. Berikut bahan-bahan kue apen beserta cara membuatnya.

Bahan adonan:

  • 500 gram Tepung Terigu Perirasa
  • 250 gram gula pasir
  • 125 ml air hangat
  • 200 gram margarin, panaskan hingga cair
  • 1 sdm ragi
  • 750 ml santan kelapa
  • 1/2 sdt garam
  • 3 butir telur, kocok

Bahan kuah:

  • Santan cair
  • Gula merah
  • Daun pandan
  • Garam

Cara membuat:

  • Siapkan wadah bersih, tuang tepung terigu, ragi, dan air hangat. Aduk hingga rata dan tutup dengan kain atau sapu tangan yang sudah dibasahi.
  • Diamkan adonan selama 15 hingga 30 menit. Campurkan tepung terigu yang masih tersisa dengan gula dan garam dalam wadah.
  • Masukkan santan dan telur, campurkan dengan adonan biang. Aduk hingga rata.
  • Tambahkan margarin cair ke dalam adonan, tutup adonan dengan sapu tangan dan diamkan selama 30 menit.
  • Panaskan cetakan dan olesi permukaannya dengan margarin, tuang adonan pada cetakan.
  • Kalau permukaan adonan sudah berlubang, balik dengan tusuk sate.
  • Setelah apem matang sajikan bersama kuah gula merah yang terbuat dari campuran santan cair, gula merah, daun pandan, dan garam yang dimasak hingga larut dan tercampur rata.

Itu dia rangkuman informasi mengenai kue apen dari Sumenep, Madura, Jawa Timur. Kue apen bisa menjadi ide kuliner yang dicicipi saat berkunjung ke Sumenep maupun alternatif camilan di rumah.

Biar kue apem Sumenep lebih lezat dan enak, jangan salah pilih bahan resepnya ya. Sedulur bisa mecoba Tepung Terigu Perirasa yang sudah Jelas Hematnya dan Jelas Rasanya, kualitasnya juga terbaik sehingga setiap hidangan yang dibuat bersama Tepung Beras Perirasa akan semakin nikmat.

Perirasa

Sedulur tidak perlu khawatir karena Tepung Terigu Perirasa serbaguna ini cocok untuk membuat berbagai jenis hidangan. Selain itu, produknya juga sangat mudah ditemukan dimana saja.

Kamu bisa mendapatkan produk-produk Perirasa di SuperApp, Blibli, Shopee GSA, TikTok Shop GSA, Tokopedia GSA, Supermarket di kota-kota di Jawa Timur (Sakinah, Besmart Ai, dan masih banyak lagi), serta warung kelontong terdekat. Untuk informasi lengkap tentang Perirasa, bisa langsung buka Website Perirasa atau akun Instagram Perirasa.