7 Rekomendasi Kedai Kopitiam di Surabaya yang Paling Favorit

Belakangan ini, kedai kopitiam semakin banyak bermunculan. Hal ini terlihat dari semakin banyaknya kedai kopitiam Surabaya yang dibuka. Menurut laman National Geographic, kata kopitiam sendiri berasal dari perpaduan Bahasa Melayu dan dialek Tionghoa Amoy atau Hokkian, yaitu dari kata “kopi” dan “tiam”.

“Tiam” berarti toko dalam dialek Hokkian, sehingga jika digabungkan, kopitiam berarti toko kopi. Kopitiam memiliki keunikan tersendiri dibandingkan kedai atau kafe kopi biasa. Selain menjual kopi, kopitiam juga menyajikan berbagai masakan peranakan Tionghoa yang populer di negara-negara Asia Tenggara.

Menu di kopitiam juga mencerminkan perpaduan budaya dan cita rasa yang khas, menjadikannya tempat yang istimewa untuk menikmati makanan dan minuman yang otentik. Bagi Sedulur yang mencari rekomendasi kopitiam Surabaya, langsung saja simak daftar berikut ini!

BACA JUGA: 15 Cafe Instagramable dan Hits di Nganjuk

1. Xiang Jia Kopitiam Bintoro

jungle cafe trawas kopitiam
Unsplash/Etienne Boulanger

Rekomendasi kopitiam Surabaya yang pertama ini, menyajikan berbagai pilihan minuman kopi khas, seperti Kopi Kosong, Kopi O, Kopi Jahe, dan Kopi Susu. Selain kopi, ada juga berbagai menu non-kopi seperti Teh Tarik, Milo, Jahe, dan Susu Jahe Sereal yang begitu nikmat.

Jangan lewatkan juga untuk memesan menu makanan halal lezat yang tersedia di restoran kopitam yang satu ini. Misalnya saja seperti Loh Mie Selarpanjang, Mie Kosong, Mie Hijau, Nasi Hainan, Bubur Polos, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Jalan Ketampon, Ruko Permata Jalan Bintoro Kavling 20, Darmo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Kamis – Selasa, 06.00 WIB – 13.30 WIB

2. NA GA TA Kopitiam

Kopitiam Surabaya berikutnya ini menyediakan berbagai menu minuman dan makanan dengan harga yang terjangkau. Sedulur dapat menikmati berbagai pilihan seperti kopi susu butter, kopi susu evaporasi, hingga es teh leci.

Untuk menemani minuman Sedulur, tersedia pilihan roti seperti roti kaya, roti sugar butter, dan roti kaya butter. Selain itu, ada juga menu spesial Bakmi Ayam Jamur dengan Telur Ceplok yang lezat. Jangan lupa untuk memesan menu tersebut demi kepuasan Sedulur!

  • Alamat: Jalan Baruk Utara IX No.D 127, Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur
  • Telepon: 0812-3935-8451
  • Jam buka:  Senin sampai Sabtu, 11.00 WIB – 00.00 WIB dan Minggu pukul 07.00 WIB – 00.00 WIB

3. Kedai Ciamso 

Sudah setahun sejak pembukaannya, Kedai Ciamso selalu ramai pengunjung berkat menunya yang lezat, harga yang bersahabat, dan area makan yang nyaman. Kedai Ciamso telah menjadi rekomendasi utama bagi para pencinta kopitiam Surabaya.

Menu yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari roti peanut butter, bubur ayam oriental, gyoza, pisang ciamik, nasi ayam lemak Ciamso, wedang Ciamso, mie kwa bawang, es setrop, dan masih banyak lagi. Harga makanan di sini juga tidak malah, menjadikannya tempat yang cocok untuk berbagai kelangan.

  • Alamat: Jalan Taman Apsari No.25 a, Embong Kaliasin, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Telepon: 0857-5550-0249
  • Jam buka: Setiap hari, 24 jam

BACA JUGA: Jungle Cafe Trawas, Sensasi Wisata Kuliner dan Alam Jadi Satu

4. Jiakopi Atas

kopitiam surabaya
Unsplash/Niklai Lehmann

Baru dibuka pada Februari lalu, Jiakopi Atas telah berhasil menarik perhatian para pecinta masakan peranakan. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung sejak dibuka pertama kali. Selain itu, area indoor dan outdoor yang luas membuatnya ideal sebagai referensi tempat untuk nugas atau bekerja.

Jiakopi Atas mengusung konsep makanan peranakan mewah khas kalangan atas, namun dengan harga yang terjangkau. Jadi tidak perlu takut dompet akan jebol jika Sedulur berkunjung. Menu yang ditawarkan meliputi kaya toast, polo bun gelato, egg mayo toast, dan lain-lain.

  • Alamat: Jalan Raya Jemursari No.151, Jemur Wonosari, Kecamatan Wonocolo, Surabaya, Jawa Timur
  • Telepon: 0822-3001-6943
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB

5. Toko Kopi Sepakat

Rekomendasi kopitiam Surabaya yang berikutnya adalah Toko Kopi Sepakat. Bagi Sedulur yang ingin memulai hari dengan secangkir kopi, maka Toko Kopi Sepakat adalah pilihan yang tepat karena mereka buka mulai dari pagi hari.

Jangan lupa mencoba kopi butter yang menjadi andalan di sini. Selain itu, mereka juga menyajikan Es Milo Soklat, Kopi O, serta beragam camilan seperti Bakpo, Roti Kaya, dan Ayam Bakpo Gapit. Pokoknya setiap menu yang tersedia pasti mampu memenuhi kebutuhan kuliner Sedulur!

  • Alamat: Jalan Karangan No.232, Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB

6. Bubu Oriental

Ketika Sedulur berkunjung ke Jalan Tunjungan, tak lengkap rasanya jika tidak mampir ke kedai kopitiam yang satu ini. Bubu Oriental, dengan ruangannya yang luas, berhasil menarik perhatian pengunjung di kawasan legendaris Surabaya ini.

Bubu Oriental menawarkan berbagai menu khas peranakan yang siap memanjakan lidah Anda. Dari camilan ringan, hidangan utama, hingga minuman segar, semuanya tersedia di sini. Menu yang ditawarkan meliputi kuay teow mamak, nasi lemak, bubur hainan cakwe, roti canai, polo bun, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Jalan Tunjungan No.24, Genteng, Kecamatan Genteng, Surabaya, Jawa Timur
  • Telepon: 0821-3163-3275
  • Jam buka: Senin sampai Jumat, 11.00 WIB – 23.00 WIB dan Sabtu – Minggu, 08.00 WIB – 23.00 WIB

7. Kafetien 88 Surabaya

kopitiam surabaya
Unsplash/Julian Rosner

Daftar rekomendasi kopitiam Surabaya tidak akan lengkap lengkap tanpa menyebut Kafetien 88 Surabaya. Begitu memasuki Kafetien 88, Sedulur akan merasakan suasana tempo dulu yang kental. Desain interior, ornamen, pemilihan lantai, hiasan dinding, hingga meja dan kursi khas Melayu.

Menu yang ditawarkan di Kafetien 88 sangat beragam, mencakup hidangan khas Indo-Malaysia. Sedulur bisa menikmati roti panggang dengan berbagai rasa, nasi tim ayam, nasi lemak, serta aneka minuman seperti kopi O dan teh tarik.

  • Alamat: Jalan Raya Mulyosari Blok AA No. 06, Kalisari, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya, Jawa Timur
  • Telepon: (031) 5965100
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 14.00 WIB & 17.00 WIB – 21.00 WIB

Menikmati waktu di kopitiam Surabaya mampu memberi pengalaman yang menyenangkan. Dengan suasana yang nyaman dan menu yang menggugah selera, kopitiam-kopitiam yang direkomendasikan dalam artikel ini menawarkan pengalaman kuliner yang otentik dan memuaskan.

Jadi, jangan lupa meluangkan waktu Sedulur untuk mengunjungi beberapa rekomendasi kopitiam tersebut dan nikmati momen berkualitas dengan citarasa yang otentik dan atmosfer yang menyenangkan.

Jangan lupa untuk selalu membawa air mineral di setiap momen berburu kuliner dan nongkrong ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.