Taman Rawa Bening Madiun, Wisata Ramah Anak dan Keluarga

Sedulur ingin menikmati liburan yang nyaman dan asik bersama keluarga dan anak? Rawa Bening Madiun mungkin bisa jadi pilihan menarik. Berlokasi di pusat Kota Madiun, Rawa Bening memiliki banyak sekali wahana edukasi yang bisa diakses secara gratis oleh masyarakat.

Rawa Bening sendiri sebenarnya lebih dikenal dengan nama Ngrowo Bening Edu Park di kalangan warga Madiun. Area wisata ini merupakan Taman Aset PDAM yang lantas difungsikan sebagai ruang terbuka hijau. Jadi tidak heran kalau akhirnya tempat ini cocok untuk dijadikan lokasi berwisata dan berolahraga.

Nah, kalau Sedulur tertarik untuk mengunjungi Rawa Bening Madiun. Mari simak ulasan lengkap mulai dari jenis wahana, rute, dan apa saja hal menarik yang bisa dilakukan di sana berikut ini!

BACA JUGA: Klurak Eco Park: Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas

Rawa Bening Madiun

rawa bening madiun
Unsplash/Mega Caesaria

Madiun semakin maju dalam mengembangkan potensi wisatanya. Kali ini, mengusung konsep urban tourism, pemerintah setempat mengubah area taman milik PDAM Kota Madiun menjadi area terbuka hijau yang bisa diakses oleh masyarakat secara mudah. Tempat itu bernama Rawa Bening atau Ngrowo Bening Edu Park.

Konsep wisata yang diusung juga mengedepankan aspek ramah lingkungan dan ramah anak. Sehingga Sedulur bisa menemukan banyak sekali wahana-wahana yang benar-benar mendidik sekaligus menjaga ekosistem lingkungan tetap asri.

Para pengunjung pun bisa mendapatkan banyak sekali ilmu ketika berkunjung ke wisata ini. Apalagi ada berbagai jenis tanaman yang ditanam dan pengunjung bisa belajar tentang siklus hidup tanaman, teknik budidaya, serta pentingnya menjaga kelestarian alam.

Ngrowo Bening sendiri baru diresmikan pada beberapa tahun lalu dan pemerintah selalu menambah banyak aktivitas serta wahana menarik agar masyarakat bisa menikmati area wisata ini dengan nyaman.

Lokasi dan Rute

Ngrowo Bening Edu Park yang terletak di Jalan Abdurrahman Saleh, Kota Madiun merupakan taman edukasi dan rekreasi masyarakat. Taman ini dikelilingi pohon trembesi sehingga suasananya sejuk dan bikin pengunjung nyaman.

Untuk bisa mencapai lokasi wisata ini, Sedulur bisa menggunakan aplikasi Google Maps. Namun, kalau tidak memiliki aplikasi tersebut bisa mengikuti rute termudah dengan titik berangkat dari Surabaya.

Sedulur bisa mengawali perjalanan dengan melewati Tol Waru – Juanda. Lalui Tol Waru – Juanda sepanjang 12,5 kilometer sampai Tol Surabaya – Mojokerto, kemudian lanjutkan perjalanan menuju Tol Ngawi – Kertosono ke gerbang Tol Madiun di Mantren.

Ambil jalan keluar menuju Madiun dari Tol Ngawi – Kertosono, menuju Jalan Raya Madiun – Nganjuk dan Jalan Basuki Rahmad. Setelah itu masih lurus ikuti Jalan S. Parman dan Jalan Thamrin, belok menuju Jalan Mastrip dan memasuki Jalan Abdurrahman Saleh, tujuan ada di 16 meter di depan.

Jam Buka Rawa Bening

Ngrowo Bening Edu Park buka setiap hari mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Pengunjung bisa menikmati suasana sejuk untuk bersantai bersama orang-orang tercinta. Jangan khawatir, untuk bisa menikmati suasana di lokasi ini tidak dipungut biaya alias gratis.

BACA JUGA: Claket Adventure Park: Lokasi, Harga Tiket, Rute, dan Aktivitas

Daya Tarik di Rawa Bening Madiun

rawa bening madiun desa wisata jambu kediri
Unsplash/Avel Chuklanov

Ada cukup banyak hal menarik yang bisa Sedulur temukan di Rawa Bening Madiun. Berikut ini diantaranya:

1. Wisata petik buah

Salah satu daya tarik utama di Ngrowo Bening Edu Park adalah wisata petik buah. Pengunjung bisa memetik buah-buahan dan sayuran di kebun seluas tiga hektare. Memetik buah dan sayur langsung dari kebun tentu menjadi pengalaman seru tersendiri. Apalagi jika Sedulur mengajak anak-anak. Wisata petik buah ini cocok menjadi sarana edukasi bagi si kecil.

Pengunjung dapat memetik berbagai jenis buah dan sayuran seperti tomat, terong, melon, semangka, pisang, pepaya, kacang panjang, jahe merah, dan masih banyak lagi. Hasil petik buah dan sayur dapat ditebus dengan harga terjangkau.

2. Melihat budidaya buah dan sayur

Tempat ini juga digunakan sebagai pembibitan (nursery) untuk komoditas sayur dan buah. Pengunjung dapat mempelajari proses budi daya tanaman dan memetik hasilnya saat musim panen tiba.

Proses pengelolaan buah serta sayur di sini juga sangat ramah lingkungan dan kesehatan. Dimana buah dan sayur di kebun ini dikelola menggunakan pestisida organik. Hal ini membuat buah dan sayuran Ngrowo Bening Edu Park lebih sehat dan aman dikonsumsi.

3. Rimbunnya pohon trembesi

Ketika berkunjung ke Rawa Bening Madiun, salah satu keunikan yang mungkin akan langsung terlihat adalah keberadaan belasan pohon trembesi raksasa yang begitu rindang. Pohon-pohon ini diketahui sudah ditanam sejak puluhan tahun lalu dan membuat suasana di sekitar lokasi wisata begitu asri.

Keberadaan pohon besar ini juga menambah ketenangan dan kenyamanan saat berwisata di Rawa Bening bersama anak-anak. Selain itu, ada beberapa pendopo dan gazebo yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk bersantai.

4. Tempat olahraga

Memiliki area taman yang cukup luas, area Ngrowo Bening Edu Park memang jadi rekomendasi lokasi olahraga gratis di Madiun. Sedulur bisa melakukan aktivitas fisik mulai dari jogging, bersepeda, hingga berolahraga ringan bersama teman maupun keluarga.

Selain itu, beberapa spot lain di sekitar area wisata ini juga sering digunakan sebagai tempat pramuka pelajar.

Demikian informasi tentang wisata Rawa Bening Madiun. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur yang sedang butuh referensi tempat wisata yang terjangkau tapi memiliki banyak manfaat.

Oia, biar suasana jalan-jalan serta bermain di Rawa Bening Madiun makin krezi dan seru,Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.