Pantai Tanjung Penyu Malang: Lokasi, Daya Tarik, dan Harga Tiket

Pantai Tanjung Penyu mempunyai wisata alam yang menakjubkan dan pastinya cocok bagi Sedulur yang ingin menikmati pantai di Malang. Dijuluki ‘Kota Wisata’, Malang memiliki segudang destinasi wisata menarik. Selama berlibur di Kota Malang, Sedulur bisa menemukan segalanya mulai dari wisata alam hingga wisata sejarah.

Salah satunya adalah Pantai Tanjung Penyu. Destinasi ini merupakan salah satu panorama pantai indah di Jawa Timur. Destinasi ini tergolong baru, jadi baru saja dibuka. Oleh karena itu, sangat cocok bagi Sedulur yang mencari ruang santai dengan suasana tenang.

Pantai Tanjung Penyu merupakan salah satu tempat wisata alam tersembunyi di Malang, Jawa Timur. Masih menjadi destinasi wisata yang belum terkenal dan jarang dikunjungi orang. Pantai ini menawarkan panorama alam yang indah. Pantai yang terbilang sepi ini cocok bagi traveler yang ingin menghabiskan liburannya dalam suasana tenang dan damai.

Lalu, aktivitas seru apa saja yang bisa Sedulur lakukan di sana? Berikut informasi lengkapnya buat Sedulur semua!

BACA JUGA: 7 Wisata Dekat Stasiun Lamongan yang Patut Dikunjungi

Sekilas Tentang Pantai Tanjung Penyu

Salah satu tempat wisata Malang yang paling mempesona adalah Pantai Tanjung Penyu. Destinasi wisata ini memiliki air yang dingin dan jernih. Tentu saja Sedulur juga bisa bermain air di pantai ini. Saat ini ombaknya sangat tenang dan landai, sehingga tidak perlu khawatir jika ingin berenang.

Sedulur dapat menyaksikan indahnya matahari terbenam dari tepi pantai. Pantai Tanjung Penyu terletak setelah Pantai Goa Cina dan Pantai Teluk Asmara, sehingga Sedulur bisa menikmati keindahannya selama berwisata. Pantai Tanjung Penyu merupakan pantai baru sehingga belum ada wisatawan.

Pantai Penyu Tanjung memang bukan destinasi wisata biasa. Nama “Tanjung Penyu” mempunyai makna filosofis tersendiri. “Tanjung” mengacu pada daratan yang menjorok ke laut, dan “Penyu” mengacu pada penyu yang sering terlihat di pantai ini. Pantai ini merupakan salah satu tempat bersarangnya penyu. 

Pantai ini memiliki nilai ekologis yang penting karena penyu merupakan satwa yang dilindungi dan penting bagi keseimbangan ekosistem laut. Selain memiliki nilai ekologis, Pantai Tanjung Penyu juga mempunyai nilai budaya yang tinggi bagi masyarakat setempat. 

Berbagai ritual dan festival yang berhubungan dengan laut dan penyu sering diadakan di sini, menunjukkan eratnya hubungan antara manusia dan alam. Tradisi lokal tidak hanya memperkaya budaya lokal, tetapi juga berkontribusi terhadap perlindungan lingkungan. Wisata ini kini juga menjadi destinasi wisata populer.

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Tanjung Penyu

Wisatawan tidak hanya bisa bermain air saja di sini, tapi juga pasir pantainya. Secara struktur, pasir di pantai ini halus dan lembut. Tekstur pasir ini juga memberikan kemudahan bagi pengunjung yang ingin membangun istana pasir dan sejenisnya. 

Pemandangan pantai ini di sore hari menjadi momen terindah. Wisatawan bisa menikmati panorama alam pantai yang menakjubkan. Lokasinya di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Lokasi Pantai Tanjung Penyu cukup jauh dari pusat kota. Tetapi ada beberapa cara untuk menuju pantai ini, menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Waktu perjalanan kurang lebih 2 jam dengan jarak tempuh 64,2 kilometer. Berikut rutenya.

1. Bus Damri

Angkutan bus Damri adalah pilihan terbaik untuk menuju Pantai Tanjung Penyu. Pilihan transportasi ini juga menawarkan harga yang sangat terjangkau. Tiket perjalanan hanya berharga Rp30.000. Sayangnya, tidak ada jalur langsung menuju lokasi tersebut. Namun, Sedulur dapat mencapai lokasi terdekatnya.

Sedulur bisa beli tiket di pool Damri Malang dan naik bus tujuan Kota Malang-Pantai Balekambang. Harap pastikan untuk tiba paling lambat jam 7 pagi. Dari pool Damri, bus menempuh perjalanan sejauh 10 kilometer menuju Terminal Hamid Rusdi. Setelahnya kurang lebih 49 kilometer Sedulur akan sampai di Pantai Balekambang. Dari sana Sedulur bisa memesan ojek untuk menuju Pantai Tanjung Penyu.

2. Kendaraan pribadi

Pilihan transportasi lainnya pakai mobil pribadi. Moda transportasi ini merupakan cara terbaik dan tercepat untuk mencapai destinasi wisata. Mulailah perjalanan Sedulur menuju Alun-alun Kota Malang. Silakan menggunakan rute melalui Jalan Pasar Besar.

Setelah berkendara sekitar 3,7 km, kamu akan sampai di Jalan Kolonel Sugiono. Lanjutkan perjalanan kurang lebih 10 menit menuju Jalan Panglima Sudirman. Terus lurus menuju Gajahrejo sejauh kurang lebih 22,5 kilometer. Ikuti saja petunjuknya dan ikuti perjalanan sejauh 93 kilometer menuju Tanjung Penyu.

Jam Operasional dan Harga Tiket

Sebelum menikmati berbagai aktivitas seru di Pantai Tanjung Penyu, cek dulu jam buka dan tarif masuknya. Bagi yang ingin berwisata, tempat wisata di Malang ini biaya masuknya juga relatif masuk a dan murah. Berikut infonya:

  • Jam operasional: 24 jam
  • Harga tiket: Tiket masuk Rp10.000
  • Harga parkir: Parkir motor Rp3.000 dan Parkir mobil Rp5.000

Fasilitas di Pantai Tanjung Penyu

Selama berlibur di Pantai Tanjung Penyu, Sedulur tidak perlu terlalu khawatir dengan fasilitas yang tersedia. Berbagai fasilitas yang disediakan antara lain:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung makan
  • Spot foto
  • Gazebo

Daya Tarik Pantai Tanjung Penyu

Pantai Tanjung Penyu adalah permata yang tersembunyi di Malang. Meski belum begitu dikenal wisatawan, pantai ini menawarkan beragam aktivitas seru. Berikut daya tarik yang bisa Sedulur nikmati:

1. Berenang dan Bersantai

Sejuknya udara, air jernih dan mengarungi pantai menjadi aktivitas yang wajib dilakukan selama berlibur di Pantai Tanjung Penyu. Ombaknya tenang dan landai, sehingga Sedulur bisa berenang dengan aman dan menikmati berbagai olahraga air. Selain bermain air, Sedulur juga bisa bermain pasir, yang memiliki sifat halus dan lembut serta dapat digunakan untuk membuat istana pasir, dll.

2. Nikmati Sunset

Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati panorama alam pantai yang mempesona di Pantai Tanjung Penyu. Panorama matahari terbenam dari tepi pantai akan membuat suasana romantis semakin terasa. Nikmati bersama teman atau pasangan. Udara bisa terasa dingin di sore dan malam hari, jadi silahkan datang dengan berpakaian hangat.

3. Berkemah

Selepas menikmati matahari terbenam, Sedulur juga bisa menikmati berkemah selama liburan di Pantai Tanjung Penyu. Sedulur bisa mendirikan tenda di sekitar area pantai. Pastikan lokasinya tidak terlalu dekat dengan pantai. Rasakan suasana malam yang sejuk dan tenang dengan pemandangan laut yang menakjubkan.

4. Piknik

Bagi yang datang bersama teman dan keluarga, piknik bisa menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan saat berkunjung ke tempat ini. Nikmati santapan nikmat dan segarnya es kelapa muda ditemani suara deburan ombak. Harap ingat untuk membawa tikar Sedulur sendiri saat berkunjung.

Tips Berwisata ke Pantai Tanjung Penyu

Setelah membayangkan liburan seru di Pantai Tanjung Penyu, berikut beberapa tips agar pengalaman liburan Sedulur semakin seru. Berikut beberapa tips yang bisa diikuti:

  • Waktu terbaik mengunjungi pantai adalah pukul 07.00 hingga 10.00 WIB dan pukul 15.00 hingga 17.00 WIB.
  • Pastikan berlibur di musim panas untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam. 
  • Perlu diketahui juga bahwa akses menuju Pantai Tanjung Penyu Mas masih terbuat dari tanah dan bebatuan serta licin.
  • Selalu menggunakan dan membawa tabir surya pada saat berlibur ke pantai untuk menghindari sengatan matahari.
  • Sistem pembayaran di Pantai Tanjung Penyu belum memungkinkan pembayaran digital, oleh karena itu harap membawa uang tunai selama berada di pantai.
  • Mohon membawa perlengkapan liburan sendiri seperti tikar, tenda, dan alat masak.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan menjaga kelestarian lingkungannya.

Itulah tadi informasi lengkap mengenai Pantai Tanjung Penyu. Jadi, kalau Sedulur ke Malang dan butuh healing, jangan lupa mampir ke sini.

Oia, biar suasana jalan-jalan serta bebertualang di Pantai Tanjung Penyu makin krezi dan seru, Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.