Nganget Tuban, Nikmati Kehangatan Sumber Mata Air Alami

Salah satu wisata yang wajib dikunjungi ketika datang ke Jawa Timur adalah Nganget Tuban. Wisata pemandian air hangat ini cocok banget apabila Sedulur ingin melakukan perjalanan liburan yang panjang dengan jalur darat.

Nganget sendiri merupakan kolam air hangat yang terletak di kawasan Perhutani Desa Sidorejo, Kenduruan, Tuban. Tempat ini menjadi salah satu wisata tersembunyi yang sangat cocok untuk Sedulur jelajahi.

Kalau Sedulur tertarik untuk menikmati dan merasakan kesegaran kolam Nganget Tuban. Mari simak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Wedang Cor, Minuman Penghangat Badan Khas Jember

Wisata Nganget Tuban

nganget tuban
Unsplash/Intricate Explorer

Wisata Nganget Tuban adalah wisata alam sekaligus tempat relaksasi tubuh dan juga terapi kesehatan. Memiliki sumber air hangat alami, air di Nganget dipercaya memiliki manfaat menyembuhkan penyakit dengan kandungan kadar mineral tinggi.

Kolam utama berdiameter 10 meter, diperkirakan sebagai sumber utama air panas dengan bau belerang yang cukup menyengat. Kolam selanjutnya punya suhu yang tak sepanas kolam pertama. Kolam terakhir atau sering pula disebut kolam lanang, punya suhu yang paling rendah. Pengunjung bisa berendam paling lama di kolam ini.

Sejarah Kemunculan Nganget Tuban

Kemunculan pemandian Nganget sendiri memang tidak bisa lepas dari cerita masa lalu. Dimana masyarakat percaya bahwa kolam ini pertama kali ditemukan oleh Sunan Bonang. Air belerang yang ada di Nganget pun diketahui karena adanya unsur magis.

sumber air belerang tersebut muncul setelah Syeh Makdum Ibrahim, nama kecil Sunan Bonang menancapkan tongkatnya ketika perjalanan ke pegunungan Nolotidu atau Nolodito, area pemandian Nganget, untuk mengejar Blancak Ngilo.

Dalam pengejaran Blancak Ngilo, Sunan Bonang kehilangan jejak dan beristirahat di tempat yang diyakini sebagai awal munculnya sumber air belerang. Ketika itu, di tempat tersebut tidak ada sumber air untuk berwudhu Sunang Bonang.

Untuk mengeluarkan air dari dalam perut bumi, wali penyebar ajaran Islam tersebut menancapkan tongkatnya. Tak diduga-duga, setelah tongkat diambil kembali muncullah semburan air panas yang kini dikenal sebagai kolam Nganget Tuban.

Lokasi dan Rute

Sementara untuk menuju ke lokasi pemandian air panas Nganget ini pengunjung harus menempuh perjalanan sejauh 50 kilometer dari pusat Kota Tuban, karena lokasi wisata pemandian air panas Nganget di hutan petak 33 B RPH Kejuron, BKPH Bangilan, KPH Jatirogo.

Jam Buka dan Tiket Masuk

Untuk berlibur dan menikmati kesegaran Nganget Tuban, Sedulur tidak perlu merogoh biaya yang mahal kok. Berikut ini rincian harga tiketnya:

  • Harga tiket akhir pekan: Rp12 ribu 
  • Harga tiket hari biasa: Rp10 ribu
  • Tiket anak usia 5-12 tahun: Rp4 ribu

Sementara itu, untuk parkir kendaraan Sedulur akan dikenakan biaya Rp2 ribu untuk motor, Rp5 ribu untuk mobil, dan Rp10 ribu untuk bus atau elf. Kalau Sedulur ingin menikmati wisata Nganget dalam waktu lama, tidak perlu khawatir karena wisata ini buka selama 24 jam penuh.

Keunikan Wisata Nganget

nganget tuban
Unsplash/Logan Fisher

Pemandian Nganget sendiri memiliki beberapa keunikan. Berikut ini diantaranya.

  • Dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit

Kolam air panas Nganget dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti struk, rematik, asam urat dan pegel linu. Tak hanya itu, mandi di air panas Nganget juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit kulit, seperti gatal dan lainnya lho.

  • Memiliki tiga kolam utama

Pemandian air panas Nganget memiliki tiga kolam utama, yaitu kolam pemandian Kungkum (Wedok), Bilasan dan kolam Lanang. Setiap kolam ini memang disediakan agar para pengunjung bisa nyaman berendam selama berada di sana.

  • Jadi destinasi populer wisatawan luar daerah

Meski lokasinya jauh dari pusat keramaian kota, namun pengunjung yang datang ke wisata pemandian air panas Nganget ini juga banyak berasal dari luar daerah, seperti Kabupaten Bojonegoro, Lamongan, dari Jawa Tengah Blora, Cepu, Pati dan Rembang.

Dalam sehari, ketika hari libur wisata pemandian air panas Nganget pengunjung yang datang bisa mencapai sekitar 400 sampai 500 orang.

Fasilitas di Pemandian Air Panas Padusan

Tak hanya memiliki pemandian air panas di sini juga sudah tersedia beberapa fasilitas untuk mendukung kegiatan wisatamu. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Area parkir
  • Taman bermain anak
  • Ruang ganti
  • Tempat bilas
  • Mushola
  • Warung

Tips Liburan ke Kolam Nganget

Tapi sebelum itu, berikut ini beberapa tips sebelum berkunjung ke pemandian Nganget Tuban .

  • Jangan lupa membawa baju ganti dan peralatan mandi.
  • Bawa obat-obatan pribadi jika memang Sedulur membutuhkannya sebagai jaga-jaga.
  • Bagi yang membawa anak, tetap awasi ketika itu masuk ke dalam kolam.
  • Hati-hati saat berjalan di area kolam karena bisa cukup licin.
  • Taati aturan setempat dan jangan membuang sampah sembarangan.

Nah itu tadi penjelasan lengkap tentang pemandian Nganget di Tuban. Wisata satu ini bisa menjadi salah satu lokasi untuk beristirahat dan menyegarkan tubuh yang sudah letih beraktivitas.

Agar Sedulur bisa lebih menghemat pengeluaran dan menambah suasana liburan di Nganget Tuban makin krezi dan seru,Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai bekal wisata lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman jalan-jalan bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.