Klurak Eco Park: Lokasi, Daya Tarik, Harga Tiket, dan Fasilitas

Bingung menentukan tujuan wisata saat berlibur ke Mojokerto, Jawa Timur? Sedulur bisa berkunjung ke Klurak Eco Park, obyek wisata alam baru yang menawarkan pemandangan alam serta beraneka ragam aktivitas rekreasi yang seru. Tempat ini cocok bagi Sedulur yang ingin berwisata atau pun sekadar menyegarkan pikiran dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Tertarik untuk berkunjung? Berikut sudah dirangkum berbagai informasi seputar Klurak Eco Park, mulai dari lokasi, daya tarik, harga tiket, fasilitas, hingga tip serta rekomendasi rute yang bisa dilalui untuk menuju ke sana. Simak sampai selesai, ya.

BACA JUGA: Tanaria Park: Lokasi, Daya Tarik, Jam Buka, dan Harga Tiket

Menilik Wisata Klurak Eco Park

klurak eco park
Pexels/Anastasia Golovina

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Klurak Eco Park adalah destinasi wisata baru yang ada di Mojokerto, Jawa Timur. Tepatnya obyek wisata ini berlokasi di kaki Gunung Welirang dan Gunung Penanggungan sehingga memiliki suasana yang menyejukkan khas pegunungan di samping pemandangan alam yang memukau.

Meski masih terbilang baru, Klurak Eco Park ternyata masuk dalam jajaran destinasi wisata viral di Mojokerto. Obyek wisata yang diresmikan pada April 2023 lalu ini sukses mencuri perhatian setelah viral di media sosial.

Bukan tanpa alasan, Klurak Eco Park hadir dengan menawarkan pengalaman wisata di kawasan pegunungan dengan pemandangan hutan yang mempesona. Meski memiliki konsep wisata alam, tempat ini juga telah dilengkapi dengan berbagai wahana maupun fasilitas pendukung yang lengkap.

Jadi tidak heran kalau tempat wisata ini berhasil menarik perhatian berbagai kalangan, baik warga lokal maupun dari luar daerah.

Alamat Lokasi

Klurak Eco Park beralamat di Desa Kembang Belor, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Oleh karenanya, tempat wisata ini juga dikenal dengan nama Klurak Eco Park Pacet.

Meski berlokasi di tengah hutan, tempat ini terbilang cukup mudah dijangkau dan memiliki akses jalan yang baik untuk berbagai kendaraan, mulai dari sepeda motor, mobil, hingga kendaraan besar seperti bus.

Jam Buka dan Jam Tutup

Wisata Klurak Eco Park buka setiap hari kecuali hari Kamis, mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Di samping jam operasional tersebut, akses tempat wisata ini terbuka selama 24 jam karena memiliki fasilitas untuk berkemah alias camping ground.

Daya Tarik

Sebagai tempat wisata yang berlokasi di kawasan pegunungan, pemandangan alam yang memukau dan suasana yang sejuk tentu menjadi daya tarik utama Klurak Eco Park. Sedulur dapat berjalan-jalan atau sekadar duduk bersantai dan menikmati pemandangan sembari menyegarkan pikiran dari berbagai kesibukan yang dilakukan sehari-hari.

Di sisi lain, Sedulur juga bisa melakukan beraneka aktivitas rekreasi. Satu di antaranya adalah berendam di kolam renang yang berada di tengah hutan pinus. Dimulai dengan berjalan melewati pepohonan pinus yang rindang dan kemudian berenang sambil menikmati pemandangan tentu akan menjadi pengalaman baru yang tak terlupakan.

Oleh karena itu, tempat ini bisa menjadi rekomendasi pilihan wisata bersama keluarga, sahabat, maupun orang terkasih.

Aktivitas dan Wahana Klurak Eco Park

klurak eco park
Unsplash/Tandya Rachmat

Selain menawarkan keindahan alam yang mempesona dan suasana sejuk khas pegunungan, Klurak Eco Park juga menyediakan beraneka wahana sekaligus aktivitas seru. Berikut rangkuman beraneka ragam wahan dan aktivitas yang bisa Sedulur lakukan saat berwisata ke Klurak Eco Park.

Menikmati kesegaran air di kolam renang yang berada di tengah hutan pinus. Sedulur dapat berenang atau sekadar berendam sambil menikmati pemandangan di sekitar kolam renang.

Bermalam di penginapan bernama Omah Gubuk yang terletak di tengah hutan yang asri. Meski menawarkan pengalaman menginap di tengah hutan, Omah Gubuk dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dijamin akan membuat Sedulur merasa nyaman saat menginap. Area berkemah alias camping ground lengkap dengan fasilitas persewaan tenda dan berbagai peralatan berkemah lainnya.

Sungai dengan bongkahan batu-batu besar yang cocok dijadikan spot foto sekaligus untuk bermain air. Air terjun dengan pepohonan hijau yang rindang di sekitarnya. Untuk mencapai spot satu ini, Sedulur perlu berjalan menyusuri jalan setapak berupa bebatuan.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan wisata Klurak Eco Park dan menikmati berbagai wahana di dalamnya, Sedulur perlu membeli tiket. Tak perlu khawatir, harga tiket yang dikenakan untuk setiap pengunjung terbilang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp 7 ribu per orang. Di samping itu, ada terdapat biaya lain yang perlu disiapkan sebagai berikut.

  • Tiket untuk berkemah sebesar Rp 17 ribu per orang selama 24 jam
  • Tiket masuk kolam renang sebesar Rp 7 ribu per orang, khusus anak-anak di bawah 4 tahun gratis
  • Parkir sepeda motor sebesar Rp 5 ribu
  • Parkir mobil sebesar Rp 10 ribu

Rute yang Bisa Dilalui

Sebagai tambahan, berikut adalah rekomendasi rute yang bisa Sedulur lalui untuk menuju lokasi wisata Klurak Eco Park. Berangkat dari pusat kota Mojokerto, Sedulur bisa mengarahkan kendaraan ke Pacet kemudian di pertigaan setelah masjid belok ke kiri. Lanjutkan perjalan dengan melaju sejauh 8 km.

Berikutnya, Sedulur akan menjumpai pondok pesantren, ambil jalan belok ke kanan hingga melewati Bernah De Vallei. Mulai dari sini, Sedulur akan melewati jalanan yang menanjak dan berkelok tapi tidak terlalu tajam.

Lanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan hingga nantinya Sedulur akan menemukan Klurak Eco Park berada di sebelah kanan.

Fasilitas

Klurak Eco Park juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan wisata Sedulur. Berbagai fasilitas ini akan membuat Sedulur nyaman dan betah seharian berekreasi di tempat ini.

Adapun beberapa fasilitas yang dapat ditemukan di sana adalah sebagai berikut.

  • Toilet di setiap sudut
  • Musala atau tempat ibadah
  • Rumah makan yang menyediakan beraneka menu
  • Gazebo atau saung untuk bersantai
  • Area parkir yang luas

Tips Berkunjung Ke Klurak Eco Park

Berikut beberapa tip yang bisa Sedulur ikuti agar kegiatan rekreasi makin seru.

  • Klurak Eco Park adalah tempat wisata dengan konsep alam terbuka. Untuk itu, ada baiknya Sedulur mengecek prakiraan cuaca agar dapat menikmati pesona tempat wisata ini dengan maksimal.
  • Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman karena Sedulur akan banyak beraktivitas terutama berjalan kaki di sana.
  • Bawa perbekalan secukupnya.
  • Jangan lupa siapkan gadget ataupun kamera untuk mengabadikan momen liburan.

Itu dia rangkuman informasi seputar Klurak Eco Park, destinasi wisata baru di Mojokerto, Jawa Timur. Tempat ini cocok menjadi rekomendasi tempat wisata untuk mengisi masa liburan bersama keluarga, sahabat, maupun pasangan.

Oia, biar suasana jalan-jalan serta bermain di Klurak Eco Park makin krezi dan seru,Sedulur bisa menjadikan YumiKrez sebagai perbekalan lho. Cemilan berbentuk net yang Yumi Rasanya Krezi Isinya ini cocok banget jadi teman berwisata bersama keluarga, apalagi dengan isi yang banyak nggak habis-habis.

YumiKrez

Sedulur bisa menemukan Yumikrez dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp lho. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.