Ranu Segaran, Wisata Danau dengan Pemandangan Gunung

Ketika membicarakan wisata alam di Probolinggo, maka nama Ranu Segaran memang tidak boleh dilewatkan. Danau yang memiliki pemandangan dengan latar Gunung Lemongan memang begitu cantik. Belum lagi udara di sekitarnya juga masih sejuk dan asri.

Konon katanya, Ranu Segaran merupakan hasil dari letusan Gunung Lemongan Purba dan sampai sekarang danau ini masih mengandung belerang. Sedulur juga bisa melihat secara langsung gas alam yang terkadang muncul dari tengah danau.

Nah, kalau kamu tertarik untuk menikmati keindahan alam Ranu Segaran. Sedulur bisa menyimak ulasan lengkapnya berikut ini!

BACA JUGA: Pacet Hill Outdoor Park: Lokasi, Pesona, dan Harga Tiket Masuk

Mengenal Ranu Segaran

ranu segaran
Unsplash/Alex Post

Danau Ranu Segaran Probolinggo merupakan sebuah danau yang terbentuk karena aktivitas vulkanis. Sebelum menjadi danau, dulunya danau ini adalah bekas sebuah kawah nonaktif. Hingga pada akhirnya kawah tersebut meninggalkan genangan air. Dan genangan air tersebutlah yang kini menjadi sebuah tempat wisata danau yang tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan.

Tidak jauh dari lokasi danau terdapat sebuah pemandian air panas. Penduduk setempat menyebutnya pemandian air panas Tiris. Di pemandian ini wisatawan dapat berendam untuk melepas lelah setelah beraktivitas maupun berwisata di Ranu Segaran.

Sebenarnya ada beberapa danau lain di kecamatan wilayah selatan Kabupaten Probolinggo. Seperti, Ranu Agung, Ranu Petok, dan Ranu Merah. Namun Ranu Segaran menjadi tempat yang paling ramai dan dicari oleh pengunjung.

Lokasi dan Rute

Danau Ranu Segaran terletak di Desa Ranu Agung, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Pintu masuk ke danau ini bersebelahan dengan Koramil. Letak Danau ini tidaklah terlalu jauh dari pusat kota Probolinggo. Jarak tempuh danau ini dari Kota Probolinggo hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

Harga Tiket dan Jam Buka

Untuk harga tiket masuk danau Ranu Segaran ini sangat terjangkau dimana pengunjung hanya dikenakan Rp2 ribu saja. Selain itu, biaya parkir juga sudah tidak dipungut dan Sedulur bisa mengelilingi area danau sepuasnya.

Sementara itu, untuk jam buka wisata ini adalah 24 jam. Sedulur bisa datang kapan saja untuk bisa menikmati keindahannya.

Aktivitas Menarik di Ranu Segaran

Ada cukup banyak aktivitas dan daya tarik yang bisa Sedulur temukan ketika berwisata ke Ranu Segaran. Berikut ini diantaranya:

  • Perahu bebek

Aktivitas yang umumnya dilakukan ketika berwisata ke danau ini yaitu naik perahu bebek ke tengah danau. Aktivitas ini sangat seru dan menyenangkan, terutama apabila dilakukan bersama kekasih maupun keluarga.

  • Bersantai di sekitar danau

Wisatawan juga datang untuk sekedar duduk-duduk dengan ditemani secangkir kopi dan minuman minuman hangat di sebuah warung sambil menikmati suasana danau yang tenang dan panorama sekeliling danau yang bikin mata segar.

  • Pemandian air panas

Air di pemandian air panas Tiris mengandung belerang.  Sehingga air ini berkhasiat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit kulit jika berendam di air panas ini. Jadi jika Sedulur berlibur ke Danau Ranu Segaran, sangat tidak rugi apabila menyempatkan mampir ke pemandian air panas ini.

Fasilitas

Walaupun termasuk hidden gem, Ranu Segara menjadi salah satu destinasi wisata di Probolinggo yang paling dicari oleh para wisatawan. Beberapa fasilitas pendukung aktivitas pengunjung pun ditambahkan, kurang lebih seperti yang ada di bawah ini.

  • Area Parkir
  • Toilet
  • Gazebo
  • Mushola
  • Warung

Demikian tadi ulasan dan informasi lengkap tentang Ranu Segaran di Probolinggo. Semoga informasi ini bisa membantu Sedulur yang ingin jalan-jalan ke Probolinggo ya.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan stamina karena perjalanannya cukup menantang dan melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik ya, mulai dari snack dan air minum. Kamu bisa mencoba Air Minum Pirlo sebagai teman bertualang dan menaklukkan tantangan saat menjelajah keindahan alam nusantara.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.