Air Terjun Blawan: Daya Tarik, Lokasi, Harga Tiket, dan Rute

Bondowoso memang tidak pernah kehabisan potensi wisata. Selain bentang alam pesisirnya yang begitu indah, terdapat sebuah pesona alam tersembunyi yang berada di kaki gunung Ijen yaitu Air Terjun Blawan.

Air terjun ini memang cukup populer dalam beberapa waktu kebelakang. Hal ini tak lepas dari pemandangan yang tersaji begitu indah dan unik. Dimana air terjun ini memiliki aliran air hangat yang mengandung belerang.

Bagi Sedulur yang penasaran dengan wisata Air Terjun Blawan di Bondowoso. Mari simak informasi lengkap sebelum berkunjung ke sana di artikel ini ya!

BACA JUGA: Pesona Wisata Air Terjun Anjasmoro Sumbersalak

Air Terjun Blawan

air terjun blawan
Unsplash/David Becker

Air Terjun Blawan merupakan salah satu objek cagar alam yang terletak di Dusun Blawan, Desa Kalianyar, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso.Air Terjun Blawan berada di wilayah Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Timur.

Debit air yang mengalir dari air terjun ini sangat besar dan sangat membahayakan bagi pengunjung yang nekat mendekat. Bahkan untuk wisatawan yang berdiri di bagian dasar, jatuhan air terjun pun dilarang digunakan untuk cuci muka, apalagi mandi. Hal ini tak lepas dari kandungan belerang yang cukup tinggi dari Air Terjun Blawan.

Bagi Sedulur yang menyukai wisata eksotis, maka lokasi ini bisa menjadi pilihan menarik. Namun, untuk bisa datang berkunjung pun tidak bisa sembarangan karena lokasi Air Terjun Blawan masuk dalam daerah konservasi alam.

Air Terjun Blawan memiliki ketinggian kira-kira 30 meter dengan sumber alirannya dari Sungai Banyupait dan rembesan air danau kawah Ijen. Keberadaan tebing tinggi yang berada di sekitar air terjun juga menyebabkan air terjun Blawan tidak bisa dilihat dari semua sisi, kecuali hanya dari sisi Barat saja.

Keunikan lain dari air terjun Blawan ini adalah airnya tidak terjun ke permukaan bumi, akan tetapi langsung masuk ke perut bumi dan menampakkan diri lagi di kawasan Asembagus Situbondo

Lokasi dan Rute

Letaknya di Desa Kalianyar, Kecamatan Sempol, Bondowoso, Jawa Timur.  Berjarak sekitar 52 km dari Kota Bondowoso, sudah bisa di akses dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Setelah memasuki pintu masuk dan membayar karcis di loket, Sedulur masih harus berjalan sepanjang kira-kira 100 meter di jalanan naik turun yang berundak-undak.

Bila Sedulur telah selesai mendaki Kawah Ijen dan berniat menuju Air Terjun Blawan, maka Sedulur harus menuju Sempol selanjutnya lanjutkan perjalanan sampai Sedulur menemukan papan petunjuk menuju Air Terjun Blawan.

Harga Tiket

Bila Sedulur menggunakan kendaraan umum, dari Kota Bondowoso naik angkutan umum menuju Sempol, dari Sempol naik ojek menuju PTPN XII. Memasuki Air Terjun Blawan, Sedulur cukup membayar sebesar Rp2 ribu saja.

Keunikan Air Terjun Blawan

  • Air Bersuhu Hangat

Berbeda dengan mayoritas air terjun lainnya yang dingin, air di sini justru bersuhu hangat. Hal ini menjadi keunikan tersendiri bagi wisata tersebut. Tidak jauh dari air terjun, ada pemandian air panas yang sumbernya alami bernama pemandian air panas Belawan.

  • Mini Waterfall

Terdapat mini waterfall yang estetik dengan ainya yang berwarna agak kuning dan bersuhu hangat-hangat kuku. Berfoto di sini akan sangat bagus karena pemandangannya alami dan unik.

  • Akses dengan Anak Tangga

Untuk menuju spot dataran di samping air terjun, tidak terlalu jauh karena dari area parkir hanya perlu berjalan melewati anak tangga yang sudah disediakan. Jalurnya menjadi mudah dan dapat dilalui siapa saja.

  • Spot Pemandangan Air Terjun

Karena pengunjung tidak boleh berenang, maka disediakan spot khusus untuk menikmati air terjun dari arah samping. Dari spot ini, pengunjung bisa melihat puncak aliran air terjun dan derasnya debit air yang mengalir deras ke bawah.

Tips Berkunjung

Berikut ada beberapa tips berkunjung ke Air Terjun Blawan yang bisa Sedulur ikuti agar agenda kunjungan kian menyenangkan.

  • Pastikan kondisi fisik dalam keadaan prima karena Sedulur akan menempuh perjalanan yang cukup jauh serta harus berjalan kaki di medan yang menantang.
  • Kenakan pakaian yang hangat sekaligus nyaman untuk perjalanan jauh maupun beraktivitas fisik.
  • Selalu jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Taati peraturan yang ada agar kunjunganmu menjadi menyenangkan.

Oia, karena wisata satu ini membutuhkan perjalanan yang cukup melelahkan. Sebaiknya Sedulur mempersiapkan semua perbekalan dengan baik, mulai dari snack dan air minum. Misalnya seperti Air Minum Pirlo yang cocok banget untuk menemani Sedulur berwisata ke sini ya.

Air Mineral Pirlo

Sedulur tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.

Demikian tadi informasi lengkap tentang Air Terjun Blawan di Bondowoso. Lokasi wisata yang dekat dengan Kawah Ijen ini memang menarik untuk dikunjungi karena memiliki fenoma alam yang mengagumkan. Semoga informasi kali ini bermanfaat dan bisa menjadi pedoman untuk Sedulur berjalan-jalan ya!