Simak cara mengatur keuangan bagi Sedulur yang memiliki penghasilan pas-pasan. Super mudah dan dijamin keuangan Sedulur aman!

Mengetahui cara mengelola keuangan merupakan hal yang wajib, terutama bagi yang berpenghasilan pas-pasan dan telah berkeluarga. Cara memanajemen keuangan dan tips mengatur keuangan merupakan langkah yang tepat, agar kehidupan sehari-hari dan juga kehidupan keluarga Sedulur bisa berjalan lancar.

SUPER kali ini akan membahan bagaimana cara mengelola uang dengan baik, baik itu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim, atau bagaimana mengelola pengeluaran lainnya. Yuk simak tips finansial dan cara kelola keuangan bagi Sedulur yang masih memiliki penghasilan pas-pasan dalam penjelasan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Menciptakan Peluang Usaha Untuk Pemula

-->

Langkah Cara Mengatur Keuangan dengan Gaji Kecil!

1. Evaluasi Cicilan Bulan

1. Evaluasi Cicilan Bulan
borobudurnews.com

Bagi Sedulur yang telah berkeluarga, menyusun rencana keuangan keluarga adalah hal yang sangat penting. Terutama untuk mengatur uang gaji 1 juta. Langkah pertama yang paling penting untuk dilakukan adalah mengevaluasi cicilan bulanan, terutama cicilan yang paling penting seperti rumah.

Agar Sedulur bisa mengatur keuangan untuk hal lainnya. Evaluasi cicilan lainnya, dan prioritaskan cicilan untuk hal penting, seperti rumah, kendaraan dan hal penting lainnya yang menunjang kehidupan rumah tangga dan keluarga.

2. Merencanakan Belanja Bulanan

2. Merencanakan Belanja Bulanan
kompasiana.com

Salah satu tips dan cara hemat uang dalam rumah tangga adalah dengan membuat anggaran belanja rumah tangga. Anggaran belanja untuk rumah tangga yang menghabiskan biaya cukup banyak adalah belanja kebutuhan sehari-hari selama satu bulan. Memiliki rencana anggaran belanja adalah hal penting untuk dapat menghemat keuangan bulanan.

3. Beli Barang Bekas yang Masih Layak

3. Beli Barang Bekas yang Masih Layak
okezone.com

Sedulur bisa melakukan cara mengatur keuangan dengan mengakali membeli barang bekas yang masih layak pakai. Tidak ada salahnya menggunakan barang bekas, terutama membeli kendaraan. Kendaraan bekas banyak yang masih layak pakai dan memiliki harga yang jauh lebih murah, Sedulur bisa menghemat tabungan dan pengeluaran dengan melakukan hal ini.

4. Gunakan Alat Elektronik Secara Hemat

4. Gunakan Alat Elektronik Secara Hemat
liputan6.com

Salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji kecil adalah dengan menggunakan alat elektronik sehemat mungkin. Cara mengatur keuangan keluarga satu ini terkait dengan kebiasaan penggunaan alat elektronik. Karena biaya listrik yang dikeluarkan akan menghemat pengeluaran Sedulur jika barang elektronik digunakan dengan bijak dan hemat.

5. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

5. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak
pinterpoin.com

Bagi Sedulur yang sering menggunakan kartu kredit, biasakan untuk menggunakan kartu kredit dengan bijak, terutama jika menggunakan kartu kredit untuk kepentingan keuangan keluarga. Karena, jika Sedulur tidak bijak menggunakan kartu kredit, tagihan bulanan yang akan Sedulur terima bisa melonjak dan merugikan Sedulur.

6. Hemat Pengeluaran Untuk Beberapa Aktivitas

6. Hemat Pengeluaran Untuk Beberapa Aktivitas
jybmedia.com

Memiliki manajemen keuangan sederhana akan sangat berdampak pada keuangan Sedulur. Salah satu manajemen keuangan yang baik adalah dengan menghemat pengeluaran untuk beberapa aktivitas. Kurangi aktivitas yang tidak begitu penting, hal tersebut akan membuat Sedulur dapat menghemat uang, yang bisa digunakan untuk kepentingan lain yang lebih bermanfaat, terutama untuk kepentingan keluarga dan rumah tangga.

7. Kurangi Gunakan Kendaraan Bermotor

7. Kurangi Gunakan Kendaraan Bermotor
tribunnews.com

Memiliki kendaraan bermotor memang sangat membantu untuk aktivitas sehari-hari, namun kendaraan bermotor juga memerlukan biaya, terutama biaya bensin untuk kendaraan. Salah satu cara mengatur keuangan yang paling ampuh adalah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, dan lebih rajin menggunakan kendaraan umum.

8. Cari Penghasilan Tambahan

8. Cari Penghasilan Tambahan
jurnalapps.co.id

Salah satu jalan keluar yang baik dan juga cara mengatasi kesulitan keuangan adalah dengan mencari penghasilan tambahan. Sedulur bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengerjakan beberapa pekerjaan di luar pekerjaan utama. Terutama bagi Sedulur yang memiliki hobi.

Salah satu cara mendapatkan penghasilan tambahan yang menguntungkan adalah dengan berdagang atau berjualan. Bahkan jika lancar, penghasilan dari berdagang bisa lebih tinggi dari penghasilan yang Sedulur dapat dari pekerjaan utama.

Baca Juga: Cara Dapat Penghasilan Tambahan dari Internet Tanpa Modal

9. Kurangi Makan di Luar Rumah

9. Kurangi Makan di Luar Rumah
detik.com

Tips hidup hemat dan sederhana adalah dengan tidak banyak makan di luar rumah. Adanya kegiatan dan aktivitas di luar rumah memang mengharuskan Sedulur untuk makan, terutama makan siang yang terjadi di tengah pekerjaan. Agar dapat melakukan cara mengatur keuangan dengan hemat, Sedulur bisa mengurangi makan di luar rumah dan lebih sering membawa bekal makanan dari rumah, agar pengeluaran Sedulur bisa stabil setiap bulannya.

10. Manfaatkan Diskon yang Ada

10. Manfaatkan Diskon yang Ada
sindonews.net

Salatu tips dan cara mengatur keuangan yang baik adalah dengan memanfaatkan diskon dengan sebaik mungkin. Banyak marketplace dan online store yang rutin memberikan diskon untuk setiap barang. Hal tersebut bisa Sedulur manfaatkan dengan baik agar bisa menghemat pengeluaran Sedulur.

11. Gunakan Internet dengan Hemat

11. Gunakan Internet dengan Hemat
merdeka.com

Saat ini, di tengah kecanggihan teknologi dan perkembangan dunia digital, internet merupakan kebutuhan utama. Maka dari itu, salah satu cara mengatur keuangan yang baik adalah dengan menggunakan internet sesuai kebutuhan dan menggunakannya dengan hemat. Agar Sedulur tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk biaya internet. Tentukan berapa biaya yang diperlukan untuk internet tiap bulannya, dan hemat menggunakannya sebisa mungkin.

12. Usahakan Menabung Setiap Bulannya

12. Usahakan Menabung Setiap Bulannya
detik.com

Dengan memiliki tabungan, Sedulur dapat melakukan cara mengatur keuangan di masa sulit. Tabungan diperuntukan untuk kebutuhan di masa depan yang tidak bisa diprediksikan. Oleh karena itu, usahakan untuk menabung di setiap bulannya.

Tidak usah dipikirkan berapa jumlah uang yang harus ditabung, baik itu besar atau kecil, usahakan konsisten dan disiplin menabung tiap bulannya dan lakukan dalam jangka waktu yang panjang. Karena uang tabungan tersebut akan berguna dan bermanfaat, terutama ketika Sedulur sedang berada di masa sulit.

13. Melunasi Hutang (Jika Ada)

13. Melunasi Hutang (Jika Ada)
konsultasisyariah.com

Tidak akan pernah tercapai cara membuat anggaran rumah tangga, jika Sedulur masih mempunyai hutang. Bagi Sedulur yang masih mempunyai hutang, Sedulur wajib melunasinya terlebih dahulu. Prioritas hutang ketika Sedulur mendapatkan penghasilan, hal tersebut juga akan lebih memudahkan Sedulur.

Karena hutang akan lebih membebani Sedulur, terutama dalam pengelolaan uang bulanan. Dan jika hutang telah dibayar lunas, jangan sekali-kali berani meminjam lagi. Kelola uang dengan baik, agar Sedulur tidak melakukan pinjaman dan memiliki hutang.

14. Kurangi Belanja Barang yang Tidak Perlu

14. Kurangi Belanja Barang yang Tidak Perlu
tirto.id

Cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar tidak akan bisa berjalan dengan lancar, jika Sedulur masih memiliki kebiasaan belanja barang yang tidak perlu. Pertimbangkan terlebih dahulu sebelum belanja barang, apakah barang tersebut dibutuhkan atau tidak. Apakah barang yang akan dibeli akan bermanfaat dan bisa digunakan dalam waktu lama atau tidak, karena jika kebiasaan membeli barang tanpa mempertimbangkan kegunaan, cara mengatur keuangan tidak akan bisa terwujud.

15. Belanja Barang dengan Harga Murah

15. Belanja Barang dengan Harga Murah
superapp.id

Cara mengatur keuangan yang paling hemat, terutama bagi Sedulur yang sudah berumah tangga, yaitu belanja segala barang dengan harga murah. Terutama barang kebutuhan sehari-hari dan bahan kebutuhan rumah tangga. Sedulur bisa melakukan penghematan dalam cara mengatur keuangan dengan membeli setiap bahan dengan harga murah.

Sedulur bisa mendapatkan segala bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga murah, dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan berbagai bahan kebutuhan sehari-hari dengan kualitas tinggi namun dengan harga yang super murah. Selain itu, cara belanja juga sangat mudah, hanya dengan menggunakan smartphone, barang belanjaan Sedulur akan diantarkan oleh Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mulai gunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan Sedulur. Gunakan Aplikasi Super, agar kegiatan sehari-hari Sedulur lebih menguntungkan dan dapat menghemat keuangan Sedulur. Selamat mencoba!