Beberapa hal yang menjadikan bulan ramadhan sangat spesial adalah beberapa keutamaan bulan ramadhan. Simak pembahasannya di bawah ini, Sedulur wajib tahu!

Bulan ramadhan adalah bulan yang suci bagi umat muslim, di mana setiap umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dan menjalankan ibadah lainnya sebanyak mungkin. Bulan yang penuh keberkahan dan dikabulkannya setiap doa dari umat muslim yang menjalankan ibadah dengna sungguh-sungguh.

Hal tersebut dipastikan dalam keutamaan puasa ramadhan. Oleh karena itu banyak umat muslim yang sangat merindukan bulan ramadhan, dan berharap selalu dapat bertemu kembali dengan bulan ramadhan di setiap tahunnya. Apa saja keutamaan dari bulan ramadhan tersebut? Berikut keutamaan bulan ramadhan dan dalilnya, yuk langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

Baca Juga: Selain Ramadhan, Macam-Macam Puasa Ini Perlu Kamu Tahu

-->

10 Keutamaan Bulan Ramadhan yang Wajib Sedulur Ketahui!

1. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an

1. Bulan Diturunkannya Al-Qur’an
detik.com

Salah satu hal yang membuat bulan ramadhan sangat spesial adalah karena bulan ramadhan merupakan bulan di mana Al-Quran diturunkan. Al-Quran merupakan kitab suci dan juga tuntunan utama umat muslim. Kemuliaan bulan ramadhan satu ini yang membuat bulan ramadhan sangat spesial.

Ramadhan bulan Al Quran karena turunnya tuntunan bagi umat muslim agar dapat menjalani hidup sesuai dari firman Allah SWT. Bulan suci ramadhan yang sangat mulia karena bertepatan dengan turunnya Al-Quran disampaikan dalam Surat Al-Baqarah Ayat 185, yang artinya:

Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil” (Q.S Al-Baqarah: 185).

2. Bulan Penuh Keberkahan

2. Bulan Penuh Keberkahan
solopos.com

Tentang bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Keberkahan bulan ramadhan sangat berlimpah, oleh karena itu setiap umat muslim banyak yang berlomba melakukan ibadah sebanyak mungkin. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW yang bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ

Artinya: “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah…” (HR. Ahmad)

Kedatangan bulan ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah yang disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW menunjukan bahwa bulan ramadhan merupakan bulan yang suci yang memiliki kedudukan dan keutamaan yang spesial bagi umat muslim.

3. Bulan Penuh Pengampunan

3. Bulan Penuh Pengampunan
dream.co.id

Bulan ramadhan juga merupakan bulan yang penuh pengampunan, banyak kultum keutamaan bulan ramadhan dan kajian bulan ramadhan yang menyampaikan tentang ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW terkait pengampunan di bulan ramadhan dalam setiap sabdanya. Keutamaan ini juga yang sangat dirindukan oleh setiap umat muslim saat menjalankan hari di bulan ramadhan, berharap mendapatkan pengampunan dari Allah SWT.

Baca Juga: Cara Membayar Fidyah Puasa Ramadhan yang Benar

4. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka

4. Dibukanya Pintu Surga dan Ditutupnya Pintu Neraka
islamudina.com

Dibukanya pintu surga dan ditutupnya pintu neraka merupakan salah satu keutamaan bulan ramadhan yang umum diketahui oleh setiap umat muslim. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW yang bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ

Artinya: “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-syetan dibelenggu” (HR. Ahmad).

5. Pahala Berlipat Ganda Selama Ramadhan

5. Pahala Berlipat Ganda Selama Ramadhan
mirnaaulia.com

Keutamaan bulan ramadhan selanjutnya adalah terkait setiap ibadah yang dilakukan akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda dan dijamin oleh Allah SWT. Hal tersebut yang membuat setiap umat muslim di bulan ramadhan berlomba-lomba menunaikan ibadah, baik ibadah wajib dan sunnah untuk mendapatkan kemuliaan dan keutamaan bulan ramadhan satu ini.

6. Malam Lailatul Qadar

6. Malam Lailatul Qadar
liputan6.com

Salah satu keutamaan bulan ramadhan yang diburu oleh setiap umat muslim adalah mendapatkan keberkahan dari malam lailatul qadar. Keutamaan bulan ramadhan satu ini disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW yang bersabda:

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ يُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ

Artinya: “Telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah, diwajibkan kepada kalian ibadah puasa, dibukakan pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta syetan-syetan dibelenggu. di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak mendapatkan kebaikannya berarti ia telah benar-benar terhalang/terjauhkan (dari kebaikan)” (HR. Ahmad)

7. Bulan Ramadhan Bagian dari Rukun Islam

7. Bulan Ramadhan Bagian dari Rukun Islam
suara.com

Keutamaan bulan ramadhan selanjutnya yaitu karena bulan ramadhan merupakan bagian dari rukun Islam. Agama Islam merupakan agama yang berdiri di atas lima rukun, yaitu Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa (Shaum) dan Ibadah Haji. Bulan ramadhan merupakan bulan di mana setiap umat muslim wajib berpuasa dari mulai terbitnya matahari hingga tengelamnya matahari.

Hal tersebut yang menjadi keutamaan bulan ramadhan, karena merupakan salah satu bagian dari pondasi agama Islam itu sendiri, yaitu karena terdapat dalam rukun Islam yang mengharuskan setiap umat muslim untuk berpuasa.

8. Doa Mustajab di Bulan Ramadhan

8. Doa Mustajab di Bulan Ramadhan
ayosemarang.com

Keutamaan bulan ramadhan selanjutnya adalah setiap doa yang dipanjatkan oleh umat muslim merupakan doa yang mustajab. Hal ini merupakan keistimewaan bulan ramadhan dan doa doa pilihan. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW, yang bersabda:

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

Artinya: “Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizholimi” (HR. Tirmidzi; HR. Hasan)

Hal tersebut menunjukan bagaimana bulan puasa merupakan bulan yang penuh berkah dengan setiap doa yang dipanjatkan oleh umat muslim yang berpuasa ramadhan sangat mustajab. Hal ini juga merupakan salah satu yang dirindukan oleh setiap umat muslim di saat bulan ramadhan.

9. Puasa Bulan Ramadhan Senilai Puasa Selama 10 Bulan

9. Puasa Bulan Ramadhan Senilai Puasa Selama 10 Bulan
merdeka.com

Keutamaan puasa di bulan ramadhan yaitu nilai dari pahala puasa bulan ramadhan itu sendiri. Puasa di bulan ramadhan senilai dengan menjalankan ibadah puasa selama 10 bulan berturut-turut. Terutama bagi Sedulur yang melengkapi ibadah puasa ramadhan selama satu bulan penuh dengan tambahan puasa tujuh hari di bulan Syawal. Maka keutamaan bulan puasa satu ini bisa Sedulur dapatkan hikmat dan keberkahannya.

10. Syetan Dibelenggu

10. Syetan Dibelenggu
madaninews.id

Salah satu kelebihan dari bulan ramadhan adalah keberadaan syetan yang menggoda umat manusia dibelenggu. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW dalam sabdanya yaitu:

إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ

Artinya: ”Apabila Ramadhan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan pun dibelenggu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Melalui hadis tersebut, kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk fokus menjalankan ibadah tanpa harus khawatir akan godaan syetan yang terkutuk, karena keberadaan syetan yang dibelenggu selama bulan ramadhan telah disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW.

Sekian pembahasan terkait keutamaan bulan ramadhan yang telah disampaikan oleh Superapp.id  di atas. Semoga setelah mengetahui keutamaan bulan ramadhan di atas, Sedulur bisa lebih giat melakukan ibadah puasa di bulan ramadhan yang akan kita laksanakan sekitar pertengahan April 2021 nanti.

Jangan lupa juga untuk mempersiapkan segala bahan kebutuhan selama ramadhan, Sedulur bisa mendapatkannya dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menjual segala bahan kebutuhan sehari-hari dengan harga super murah namun kualitas tetap yang terbaik dan terjaga.

Sedulur bisa membeli bahan untuk persiapan bulan ramadhan dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum memiliki Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super, agar ibadah puasa Sedulur semakin khidmat dan hidup Sedulur lebih menguntungkan.