Lagu religi akan populer saat bulan ramadhan, simak daftar lagu religi ramadhan di bawah ini  yang dapat membuat bulan ramadhan semakin berkesan.

Dalam rangka untuk memeriahkan suasana ramadhan, biasanya akan bermunculan lagu religi islam, baik sebagai soundtrack sinetron atau film ramadhan, atau juga sebagai lagu religi populer. Lagu religi Indonesia sudah menjadi hal yang lumrah mulai bermunculan dan populer setiap bulan ramadhan.

Karena, selain bulan ramadhan merupakan bulan yang suci bagi umat Islam, hal tersebut juga disebabkan oleh mayoritas penduduk Indonesia yang menganut agama islam yang menjadikan bulan ramadhan begitu spesial dan lagu religi islami menjadi lagu yang membuat bulan ramadhan semakin khidmat.

Apa saja kumpulan lagu religi terbaru sekaligus terpopuler yang selalu dimainkan saat bulan ramadhan tiba? Superapp.id telah merangkumnya berdasarkan dari lagu religi paling populer hingga lagu religi yang paling enak didengar. Yuk, langsung saja simak daftarnya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Selain Ramadhan, Macam-Macam Puasa Ini Perlu Kamu Tahu

Daftar Lagu Religi Populer di Bulan Ramadhan!

1. Tombo Ati – Opick

1. Tombo Ati – Opick
liputan6.com

Lagu islami populer pertama yang selalu menghiasi suasana ramadhan adalah lagu Tombo Ati dari Opick. Sedulur pasti sudah sangat akrab dengan lagu satu ini, selain lantunan nadanya yang indah dan menyentuh kalbu, lirik dari lagu ini juga sangat mudah dihafal, akan membuat suasana ramadhan semakin khidmat.

Meskipun lagu ini merupakan lagu yang terbilang lawas, karena dirilis pada tahun 2005, namun karena kualitas musik pada lagu ini sangat baik, lagu ini selalu diputar saat memasuki bulan ramadhan di Indonesia, meskipun lagu religi lainnya bermunculan, lagu religi satu ini telah mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.

2. Mohon Ampun – Gigi

2. Mohon Ampun – Gigi
okezone.com

Gigi merupakan salah satu band senior di Indonesia yang memiliki jumlah penggemar setia yang banyak. Gigi juga merupakan salah satu band yang merilis lagu religi setiap memasuki bulan ramadhan. Lagu dari Gigi yang bertema tentang Islam berjudul Mohon Ampun.

Lagu ini menceritakan tentang hubungan manusia dengan Sang Pencipta yang dikemas dengan musik modern dalam format bang. Terlebih, setiap personil Gigi memiliki kualitas permainan musik yang sangat baik dan diakui sebagai musisi papan atas dalam industri musik nasional.

Baca Juga: Zakat Fitrah: Pengertian, Hukum, Doa & Niatnya. Terlengkap!

3. Ramadhan Tiba- Opick

3. Ramadhan Tiba- Opick
jpnn.com

Lagu Islam terbaik selanjutnya dinyanyikan oleh Opick. Opick merupakan penyanyi Indonesia yang terkenal dengan lagu-lagu religi yang memiliki kualitas musik yang sangat baik. Kali ini dengan nada dan beat yang agak ceria, selalu dimainkan beberapa hari atau beberapa minggu sebelum bulan ramadhan.

Lagu dari Opick satu ini selalu dapat membuat suasana hati kita meningkat dan menjadi bersemangat untuk segera menyambut bulan ramadhan setiap tahunnya.

4. Jagalah Hati – Snada

4. Jagalah Hati – Snada
rakyat.co

Salah satu lagu nasyid lagu islami yang sangat populer di era tahun 2000-an, berasal dari grup nasyid bernama Snada. Lagu yang berjudul Jagalah Hati dirilis pada tahun 2006 yang lalu, dan menjadi sangat populer karena keterlibatan Aa Gym, Dai kondang Indonesia, yang berasal dari Bandung, yang menyampaikan dakwah dengan nada yang humor dan juga materi yang mudah dicerna. Lagu ini bisa membuat kita untuk selalu ingat dalam menjaga hati dari amarah dan hawa nafsu selama ramadhan.

5. Jalan Lurus – Gita Gutawa

5. Jalan Lurus – Gita Gutawa
kapanlagi.com

Lagu religi selanjutnya dinyanyikan oleh Gita Gutawa, penyanyi muda Indonesia yang digemari oleh para milenials. Gita Gutawa menyanyikan lagu Jalan Lurus yang merupakan remake dari lagu Tombo Ati dari Opick. Dengan aransemen yang lebih modern, dan menggunakan vokal dari Gita Gutawa yang sangat tinggi, lagu Jalan Lurus menjadi lagu yang sangat menyenangkan dan disukai oleh para milenials saat memasuki bulan ramadhan.

6. Dengan Nafasmu – Ungu

6. Dengan Nafasmu – Ungu
tribunnews.com

Selain Gigi, band Indonesia yang juga mengeluarkan lagu religi yang sangat laris di pasaran adalah band Ungu. Melalui lagu Dengan Nafasmu yang menjadi soundtrack dari Sinetron Ramadhan Para Pencari Tuhan, membuat lagu dan juga sinetronnya semakin terkenal di masyarakat. Selain itu, lagu Ungu ini selalu diputar di mana pun, baik oleh penjual kaset hingga pusat perbelanjaan. Hal tersebut membuat lagu Ungu satu ini sangat identik dengan bulan ramadhan.

7. Pintu Sorga – Gigi

7. Pintu Sorga – Gigi
ayoberita.com

Pinto Sorga sebenarnya lagu religi lawas yang dinyanyikan oleh sebuah grup nasyid pada era tahun 90-an. Namun lagu tersebut kemudian diaransemen ulang oleh Gigi dan dibawakan dengan konsep modern dengan format band. Dengan kualitas permainan musik setiap personilnya, lagu Pintu Sorga dari Gigi pun menjadi salah satu lagu islami yang membuat bulan ramadhan menjadi sangat bergairah.

8. Tobat Maksiat – Wali Band

8. Tobat Maksiat – Wali Band
mediaindonesia.com

Lagu Tobat Maksiat dari Wali Band satu ini juga merupakan lagu religi yang selalu menghiasi bulan ramadhan kita semua. Terutama, para personil Wali Band yang merupakan lulusan pasantren, membuat lagu ini terdengar sangat khidmat dan mengandung makna yang dalam. Selain dapat menghibur, dengan lagu ini Wali Band juga sedang berdakwah kepada para pendengarnya.

9. Akhirnya – Gigi

9. Akhirnya – Gigi
jpnn.com

Lagu religi selanjutnya dari Gigi berjudul Akirnya merupakan lagu islami yang lawas, dengan lirik ‘Oh Tuhan, mohon ampun. Atas dosa dan dosa selama ini. Aku tak menjalankan perintah-Mu. Tak pedulikan nama-Mu. Tenggelam melupakan diri-Mu Sedulur pasti sangat mengetahui lagu satu ini. Lagi-lagi Gigi membuat sebuah lagu yang sangat islami yang bisa menyentuh kalangan anak muda dan milenials agar dapat menjalankan ibadah khidmat.

10. Salam Alaikum – Harris J

10. Salam Alaikum – Harris J
creativedisc.com

Lagu religi selanjutnya dinyanyikan Oleh Harris J, seorang penyanyi muda asal Inggris yang beragama muslim. Melalui lagunya yang berjudul Salam Alaikum, Harris J sukses menyedot perhatian pecinta lagu religi di Indonesia. Aransemen musik yang modern dari lagu ini membuat banyak anak muda menyukai musiknya.

11. Insha Allah – Maher Zain

11. Insha Allah – Maher Zain
akurat.co

Selanjutnya adalah lagu pop religi yang enak didengar yaitu Insha Allah dari Maher Zain. Penduduk Indonesia sudah tidak asing lagi dengan lagu dari Maher Zain satu ini. Bahkan lagu dari Maher Zain telah ada versi bahasa Indonesianya yang dinyanyikan oleh Fadly, vokalis dari band Padi.

12. KuasaMu – Bunga Citra Lestari

12. KuasaMu – Bunga Citra Lestari
republika.co.id

Lagu tentang islam selanjutnya berasal dari penyanyi perempuan terkenal di Indonesia, yaitu Bunga Citra Lestari. Lagu ini sebenarnya rilis pada tahun 2014 yang lalu, namun masih sangat relevan dan selalu diputar setiap akan memasuki bulan ramadhan atau bulan puasa. Menceritakan tentang rasa syukur yang harus selalu dilakukan untuk menjalankan hidup.

13. Andai Ku Tahu – Ungu

13. Andai Ku Tahu – Ungu
liputan6.com

Di antara lagu religi dari band Ungu, salah satu lagu yang paling terkenal adalah Andai Ku Tahu. Salah satu lagu pop religi ini mengantarkan Ungu meraih pencapaian tinggi dalam penjualan musiknya. Walaupun lagu ini dirilis pada tahun 2006 yang lalu, namun lagu ini masih sering diputar di setiap bulan puasa.

14. Kumohon – Afgan

14. Kumohon – Afgan
kapanlagi.com

Selanjutnya berasal dari penyanyi lelaki yang sanggup membuat setiap perempuan Indonesia meleleh, yaitu Afgan. Afgan mengeluarkan lagu religi, yang berjudul Kumohon. Lagu ini merupakan lagu lama yang dibawakan oleh Afgan dan diaransemen ulang. Pada tahun 1999 silam, lagu ini sempat dibawakan oleh Diva asal Malaysia yaitu Sheila Majid.

15. Ramadhan Datang – Tompi

15. Ramadhan Datang – Tompi
mediaindonesia.com

Lagu religi selanjutnya berasal dari Tompi, seorang penyanyi jazz dengan suara yang sangat unik. Tompi juga merupakan seorang dokter ahli bedah wajah. Ramadhan Datang merupakan lagu religi yang sering dimainkan menjelas bulan puasa, sama seperti lagu Ramadhan Tiba dari Opick. Lagu yang membuat semarak menyambut bulan suci ramadhan.

16. Salam Ramadhan – Haddad Alwi ft. Gita Gutawa

16. Salam Ramadhan – Haddad Alwi ft. Gita Gutawa
solopos.com

Haddad Alwi merupakan penyanyi yang identik dengan lagu religi. Dalam lagu yang berjudul Salam Ramadhan, Haddad Alwi berkolaborasi dengan Gita Gutawa membawakan lagu secara khidmat dan sangat merdu. Lagu Salam Ramadhan memberikan harmonisasi yang sangat menarik dari duet apik dua penyanyi berkualitas.

17. Ramadhan yang Indah – Seventeen

17. Ramadhan yang Indah – Seventeen
tribunnews.com

Salah satu band pop Indonesia yang terkenal dengan lagu cinta yang sangat lirih, yaitu Seventeen. Seventeen juga mengeluarkan lagu islami modern yang berjudul Ramadhan yang Indah. Dalam rangka merayakan ramadhan Seventeen juga ikut merasakan berkarya melalui lagu religi.

18. Li Khamsatun: Antara Azab dan Ujian – Anisa Rahman

18. Li Khamsatun: Antara Azab dan Ujian – Anisa Rahman
tribunnews.com

Lagu religi sangat terkenal beberapa tahun belakang ini, mungkin Sedulur tidak kenal dengan penyanyi bernama Anisa Rahman, namun jika penyanyi bernama Nisa Sabyan, Sedulur pasti sangat kenal kan? Ketika lagu ini muncul, nama Nisa Sabyan langsung meroket, begitu pula dengan lagunya. Hingga saat ini, kita masih sering mendengarkan lagu dari Nisa Sabyan satu ini.

19. Bulan Dirindu – Syauqi Ma’ruf Amin ft Charly van Houten

19. Bulan Dirindu – Syauqi Ma’ruf Amin ft Charly van Houten
msn.com

Berkolaborasi dengan Syauqi Ma’ruf, Charly van Houten, vokalis dari Setia Band, merilis lagu religi yang berjudul Bulan Dirindu. Dengan suara khas yang mendayu-dayu, membuat lagu satu ini sangat pas menyambut momen ramadhan. Lagu ini dirilis satu hari sebelum ramadhan tahun lalu.

Lagu dari Charly selalu viral di Indonesia, banyak masyarakat yang menyukai lagu dengan musik lirih dengan suara mendayu seperti suara khas Charly. Tidak heran lagu ini viral saat ramadhan tahun lalu,

20. Aisyah Istri Rasulullah – Siti Nurhaliza

liputan6.com

Salah satu lagu religi yang trending dan viral di tahun lalu adalah Aisyah Istri Rasulullah yang dinyanyikan oleh Siti Nurhaliza. Salah satu musik religi terbaru ini juga terkenal bukan hanya di Indonesia tapi di luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei. Suara merdu dari Siti Nurhaliza membuat lagu ini sangat syahdu didengar saat bulan ramadhan.

Semoga daftar lagu religi di atas bisa menambah suasana ramadhan tahun ini semakin meriah. Jangan lupa untuk menyiapkan segala kebutuhan sehari-hari sebagai persiapan menjalani puasa selama bulan ramadhan. Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan mulai menyiapkan segala kebutuhan sehari-hari, termasuk kebutuhan ramadhan dengan membelinya di Aplikasi Super. Selamat mencoba!