Memasuki pertengahan tahun, akan banyak momen pernikahan. Simak referensi ide kado pernikahan untuk kerabat dan sahabat di bawah ini!

Sedulur wajib menyiapkan ide kado untuk pernikahan, karena biasanya memasuki pertengahan tahun akan banyak momen pernikahan, baik dari kerabat, sahabat maupun teman dekat lainnya. Hadiah pernikahan merupakan sebentuk rasa bahagia dari kita atas pernikahan teman.

Banyak macam jenis kado pernikahan untuk sahabat yang bisa diberikan, mulai dari kado pernikahan unik hingga referensi kado pernikahan lainnya. Memberikan kado unik pernikahan merupakan sebuah kelebihan, karena penerima hadiah akan selalu terkenang dengan hadiah yang diberikan.

Namun terdapat banyak inspirasi kado pernikahan yang bisa Sedulur berikan. Apa saja ide kado pernikahan untuk saudara dan ide kado untuk pengantin yang menikah? Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Daftar Ide Kado Pernikahan yang Super Kreatif dan Berbeda!

1. Kain Multifungsi

1. Kain Multifungsi
bukalapak.com

Ide kado yang bisa diberikan pertama adalah kain shibori multifungsi. Memberikan kado pernikahan ini bisa terpakai dan digunakan sepanjang waktu. Ditambah lagi banyak sekali kain khas Indonesia yang bisa diberikan, motif-motifnya juga unik dan menarik. Kain shibori merupakan kain yang saat ini sedang tren.

Memberikan kain sebagai hadiah bisa bermanfaat, terutama bisa digunakan sebagai bahan untuk menjahit baju dan pakaian seperti dress, kemeja, celana, blouse dan banyak lagi. Pengantin dijamin akan menyukai ide hadiah pernikahan satu ini. Terutama jika memberikan motif kain yang bagus dan menarik.

2. Lampu Kamar Tidur

2. Lampu Kamar Tidur
popmama.com

Salah satu ide kado pernikahan yang unik adalah memberikan lampu kamar tidur atau lampu tidur. Pengantin baru identik dengan pengalaman pertama tidur bersama sebagai pasangan suami-istri. Memberikan lampu tidur sebagai hadiah pernikahan akan menambah nuansa romantis bagi pengantin baru.

Selain itu, lampu kamar tidur juga bisa menambah suasana dan nuansa interior kamar menjadi lebih menarik lagi. Terdapat banyak jenis lampu tidur yang bisa menjadi referensi untuk dijadikan kado pernikahan. Terbaru, ada lampu kamar tidur yang sudah dibekali remote yang bisa dinyalakan secara jarak jauh.

3. Sprei dan Bed Cover

3. Sprei dan Bed Cover
peluangusahaterbaruku.com

Salah satu ide kado pernikahan yang paling umum diberikan kepada pengantin, yaitu sprei dan bed cover. Sama dengan lampu kamar tidur, sprei dan bed cover identik dengan pengalaman pertama tidur dari pasangan suami-istri. Memberikan sprei dan bed cover akan menambah kenyamanan pengantin baru.

Memberikan hadiah sebagain bentuk apresiasi atas pernikahan yang berlangsung merupakan sebuah penghargaan, terutama kepada teman dekat atau kerabat yang menikah. Sedulur bisa menjadikan sprei dan bed cover sebagai kado pernikahan, agar pernikahan dari teman dekat atau kerabat Sedulur semakin berkesan.

4. Humidifier dan Essential Oil

4. Humidifier dan Essential Oil
tokopedia.com

Dua perangkat yang saat ini sedang tren, bisa Sedulur jadikan sebagai ide untuk hadiah pernikahan. Karena humidifier dan essential oil bisa membuat udara di sekitar menjadi lebih lembab dan memberikan kesegaran. Selain itu, juga bisa memberikan kualitas udara di ruangan menjadi bersih.

Dengan menambahkan essential oil, udara lembab dan segar akan semakin wangi dan harum. Hal tersebut akan semakin membuat pasangan pengantin baru menjadi semakin romantis dan mesra menghadapi kehidupan bersama. Oleh karena itu, ide hadiah pernikahan satu ini bisa menjadi referensi.

5. Perlengkapan Mandi

5. Perlengkapan Mandi
bukalapak.com

Salah satu hal yang sepele namun ternyata sangat penting, yaitu alat perlengkapan mandi. Biasanya calon pengantin pasti sibuk memikirkan dan mempersiapkan hal-hal besar. Hal tersebut seringkali menyebabkan mereka melewatkan hal-hal kecil yang sangat penting, salah satunya adalah perlengkapan mandi.

Sedulur bisa meringankan beban tersebut dengan memberikan perlengkapan mandi sebagai hadiah untuk pengantin baru. Seperti memberi sepakat sabun, shampoo hingga alat-alat mandi lainnya. Pengantin baru dijamin akan senang dan menyukai hadiah satu ini, karena mandi sudah pasti merupakan kebutuhan utama setiap orang. Apalagi pengantin baru.

6. Peralatan Makan

6. Peralatan Makan
infobaru.id

Salah satu ide kado pernikahan yang unik dan tidak kalah penting, yaitu memberikan peralatan makan. Sedulur bisa memberikan peralatan makan sebagai hadiah untuk pengantin baru. Tidak jarang banyak pengantin baru yang menempati rumah atau tempat tinggal dengan keadaan kosong.

Untuk meringankan hal tersebut, peralatan makan seperti garpu, sendok, piring, mangkok dan lainnya bisa Sedulur jadikan sebagai ide hadiah pernikahan. Untuk menghadapi pernikahan dan rumah tangga, hal yang paling penting dipikirkan adalah peralatan makan. Karena, akan sangat sulit mengkonsumsi makanan jika sama sekali tidak memiliki peralatan makan.

7. Satu Set Perlengkapan Masak

7. Satu Set Perlengkapan Masak
idntimes.com

Sama seperti peralatan makan, perlengkapan masak juga menjadi hal yang sangat penting. Bukan hanya oleh pengantin baru, setiap pasangan suami-istri yang telah lama menjalin hubungan rumah tangga pun selalu mengganti perlengkapan masaknya secara rutin. Apalagi ini, pengantin baru yang belum banyak pengalaman.

Satu set perlengkapan masak bisa Sedulur berikan sebagai hadiah pernikahan, banyak pasangan pengantin baru yang tidak memikirkan hal-hal seperti demikian. Memberikan perlengkapan memasak sebagai hadiah akan sangat meringankan setiap pasangan baru untuk menghadapi bahtera rumah tangga mereka.

8. Rice Cooker

8. Rice Cooker
popmama.com

Jangan anggap bahwa satu set perlengkapan masak sudah termasuk rice cooker. Berbeda dengan peralatan memasak, rice cooker secara terpisah hanya diperuntukan memasak nasi. Sedulur bisa menjadikan rice cooker sebagai salah satu kado pernikahan. Banyak model rice cooker yang unik dan menarik yang bisa menjadi referensi untuk hadiah pernikahan.

Terutama lagi kita semua hidup di Indonesia, yang menggunakan nasi sebagai makanan pokok utama. Sudah menjadi kewajiban memiliki minimal satu rice cooker di setiap rumah. Pasangan pengantin baru biasanya abai dalam memikirkan hal ini, hal tersebut merupakan sebuah peluang dan kesempatan untuk menjadikan rice cooker sebagai hadiah pernikahan.

9. Tanaman Hias

9. Tanaman Hias
merdeka.com

Setelah menikah, biasanya pengantin baru ingin memiliki tampilan dekorasi rumah yang menarik. Tak jarang juga biasanya para pengantin baru akan kedatangan banyak tamu, yang berkunjung untuk mengucapkan selamat atas keberlangsungan pernikahannya. Tanaman hias merupakan salah satu hal penting untuk membuat tampilan rumah memiliki dekorasi yang menarik.

Sedulur bisa memberikan tanaman hias sebagai kado pernikahan, memberikan tanaman hias sebagai kado pernikahan sangat menguntungkan, karena Sedulur bisa berkreasi seunik mungkin memberikan hadiah atau kado pernikahan yang berbeda.

10. Pajangan Unik untuk Interior Rumah

10. Pajangan Unik untuk Interior Rumah
bukalapak.com

Pajangan unik interior rumah seperti rak buku, guci, keramik dan lain sebagainya bisa juga Sedulur jadikan sebagai kado pernikahan. Banyak pasangan baru yang menginginkan perabotan sebagai dekorasi interior rumah. Sedulur bisa memberikan hadiah pernikahan ini dan bisa berkreasi agar kadu yang diberikan berbeda dan tidak sama dengan yang lainnya.

11. Jam Tangan

11. Jam Tangan
saran.id

Untuk menghargai pernikahan dari teman dekat yang terjadi, Sedulur bisa memberikan jam tangan sebagai hadiah. Terutama, Sedulur bisa memberikan jam tangan couple yang sepasang. Menunjukan keserasian dan betapa harmonisnya pasangan pengantin baru.

Memberikan jam tangan yang couple bisa menjadi ide kado pernikahan yang akan membuat pernikahan dari teman dekat Sedulur semakin indah dan romantis. Sedulur bisa berkreasi dengan menambahkan inisial nama dari teman dekat Sedulur di setiap jam tangan. Hal tersebut dapat membuat teman Sedulur yang telah menikah senang dengan hadiah satu ini.

12. Tas dan Dompet

12. Tas dan Dompet
indobag.com

Terdapat satu set tas dan dompet yang bisa Sedulur berikan sebagai kado pernikahan. Memberikan pasangan pengantin baru tas dan dompet bisa sangat berkesan bagi mereka. Hal ini disebabkan tas dan dompet bisa membuat setiap pasangan baru untuk mengingat Sedulur sebagai sahabat dekatnya.

Karena tas dan dompet merupakan alat yang sering digunakan setiap harinya, Sedulur bisa memberikannya sebagai salah satu hadia yang unik dan berbeda dari yang lain. Ditambah lagi, keunikan memberikan tas dan dompet sebagai hadiah, Sedulur bisa menambahkan nama atau inisial dari pasangan yang baru menikah tersebut. Sangat menarik untuk dicoba.

13. Miniatur Patung Pengantin

13. Miniatur Patung Pengantin
carousell.com

Hadiah pernikahan merupakan sebuah penghargaan yang kita berikan terhadap teman, sahabat atau kerabat yang menikah. Setiap hadiah pernikahan pasti sangat berarti dan bernilai bagi setiap pasangan. Ditambah, jika hadiah pernikahan yang diberikan spesial dan tidak bisa ditemukan dimanapun.

Salah satu ide hadiah pernikahan yang spesial adalah membuat patung pengantin atau miniatur patung kecil. Hal ini akan menjadi hadiah yang sangat istimewa, karena Sedulur pasti akan membuatnya khusus untuk teman atau sahabat yang menikah.

Ditambah lagi, dalam adat Jawa, dikenal istilah patung loro blonyo. Yang merupakan patung yang dapat menggambarkan sepasang pengantin Jawa yang akan menghadapi kehidupan bersama-sama. Hal ini bisa menjadi referensi unik sebagai hadiah pernikahan yang spesial.

14. Lukisan

14. Lukisan
lintaseni.blogspot.com

Bagi Sedulur yang berprofesi sebagai pelukis, Sedulur bisa memberikan karya lukisan Sedulur sebagai hadiah pernikahan. Namun, jika Sedulur tidak bisa melukis pun hal tersebut tidak jadi masalah. Sedulur tinggal memesan khusus sebuah lukisan yang menggambarkan pasangan pengantin baru. Hal ini bisa menjadi sebuah hadiah pernikahan yang sangat spesial dan tak bernilai, karena merupakan sebuah karya seni dengan nilai yang terkandung tinggi di dalamnya.

15. Tiket Liburan

15. Tiket Liburan
radar.co.id

Hadiah pernikahan tidak melulu sebuah barang atau benda. Salah satu hadiah pernikahan yang pasti sangat disukai oleh para pengantin baru adalah tiket liburan. Karena, dengan memberikan tiket liburan sebagai hadiah pernikahan, momen liburan yang dilakukan bisa menjadi momen bulan madu yang sangat penting bagi setiap pengantin baru.

Sedulur bisa memberikan tiket liburan sebagai hadiah pernikahan yang tidak akan pernah dilupakan oleh pasangan pengantin baru yang baru menikah. Dijamin mereka akan menyukai kado pernikahan satu ini.

16. Voucher Menginap di Hotel

16. Voucher Menginap di Hotel
bukalapak.com

Jika tidak bisa memberikan tiket liburan, voucher menginap di hotel juga bisa menjadi salah satu ide kado pernikahan. Pengantin baru bisa mengidap di hotel untuk merayakan pernikahannya yang baru dilalui. Sedulur bisa memberikan hadiah ini bagi pengantin baru dan bisa digunakan sebagai pengganti tiket liburan. Tapi bisa juga berbarengan, dengan memberikan tiket liburan sekaligus dengan memberikan voucher menginap di hotel.

Karena penginapan di hotel dan tiket liburan merupakan dua hal yang sangat penting dan tidak terpisahkan. Sebagaimana pasangan pengantin baru itu sendiri, yang merupakan dua sejoli yang tidak terpisahkan.

Semoga daftar ide kado pernikahan unik yang telah dijelaskan di atas bisa memberikan rekomendasi bagi Sedulur yang tengah kebingungan memilih kado untuk pernikahan. Sedulur juga bisa mencari referensi dengan melihat-lihat barang yang tersedia di Aplikasi Super.

Banyak barang kebutuhan sehari-hari yang bisa dijadikan sebagai kado pernikahan. Untuk itu, Sedulur perlu download Aplikasi Super terlebih dahulu. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan langsung cek kelengkapan barang yang dimiliki oleh Aplikasi Super. Selamat mencoba!