Sebagai Seorang Pebisnis, Ini Strategi Marketing yang Wajib Anda Lakukan!

Bisnis

Ketika Anda ingin membangun sebuah bisnis, perlu adanya strategi marketing yang tepat agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar. Dengan menggunakan strategi marketing, Anda akan mendapatkan keuntungan atau profit yang semakin besar. Namun, perlu Anda ingat bahwa strategi marketing harus dilakukan se-efektif mungkin dan tidak bisa asal promosi, karena jika itu dibiarkan terjadi, bisnis Anda semakin kacau dan mendapat kerugian.

Sebelum melakukan strategi marketing, Anda perlu mempersiapkan dan menyesuaikan budget yang Anda miliki. Mengapa demikian? Karena dalam memasarkan produk, ada biaya pemasaran atau marketing cost. Dimana biaya ini dikeluarkan untuk menjual atau membawa produk ke pasar. Marketing cost ini juga perlu diperhitungkan karena akan memengaruhi harga pokok penjualan sebuah produk. Pada umumnya, semakin besar usaha yang Anda kelola, biaya yang dikeluarkan juga semakin besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena di era digital seperti ini, para pebisnis biasa memanfaatkan social media untuk mengembangkan bisnisnya.

Setelah Anda mempersiapkan budget untuk biaya pemasaran, Anda bisa melakukan strategi marketing. Lalu, apa saja sih yang perlu Anda lakukan dalam strategi marketing. Coba deh, simak penjelasan yang Super rangkum dari berbagai sumber!

1. Membangun Branding

photo by freepik.com

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membangun dan memperkuat branding. Meskipun bisnis yang Anda merupakan bisnis kecil, namun Anda perlu melakukan branding agar bisnis Anda semakin dikenal oleh masyarakat. Branding bisa Anda mulai dengan mempromosikan bisnis atau produk Anda di social media, seperti Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya. Identitas brand yang dibangun harus mengandung informasi terkait apa yang dijual, tujuan bisnis Anda, dan seperti apa persaingan bisnis Anda saat ini. Beri tahu kepada calon pembeli apa saja kelebihan yang ada pada produk Anda, dan juga berikan alasan mengapa calon pembeli harus membeli produk Anda. Berbicara tentang brand, membuat calon pembeli tertarik dengan produk yang Anda jual adalah yang terpenting. Buatlah inovasi tentang produk Anda, yang berbeda dengan produk pebisnis lain.

2. Membuat Logo Menarik

photo by freepik.com

Jika Anda memiliki keahlian sebagai graphic designer, Anda bisa membuat logo yang menarik untuk produk Anda. Jika tidak memungkinkan, Anda juga bisa merekrut teman atau orang lain yang memiliki keahlian membuat logo. Karena bagaimanapun juga, logo yang dibuat akan sangat menempel dengan identitas bisnis Anda. Logo yang dibuat harus menarik, dan mengandung makna yang dapat mewakili bisnis Anda.

3. Melakukan Riset Pasar

photo by freepik.com

Setiap bisnis tentu miliki ciri khas pasar yang berbeda, sehingga penting sekali untuk Anda melakukan riset pasar ini. Setelah mengetahui tren yang disukai oleh pasar, tentu akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan konten marketing kedepannya agar setiap strategi marketing yang Anda keluarkan bisa tepat sasaran. Tujuan akhirnya tetap sama, yaitu agar Anda tidak kalah saing dengan usaha sejenis.

4. Manfaatkan Facebook Ads

photo by freepik.com

Facebook ads ini bertujuan untuk mempromosikan produk Anda secara meluas yang sesuai dengan target pasar Anda. Facebook ads merupakan fitur yang memungkinkan profil usaha Anda terpampang di halaman akun pengguna lainnya. Jika Anda menggunakan fitur ini, kesempatan untuk mendapatkan pelanggan menjadi lebih besar, karena banyaknya pengguna Facebook yang bisa terjangkau dengan fitur ini. Kelemahannya yaitu Anda harus mengeluarkan biaya yang disesuaikan dengan jumlah klik dan page view, sehingga Anda perlu menyiapkan budget tersendiri untuk menggunakan Facebook ads.

5. Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

photo by freepik.com

Jangan lupa menjalin hubungan baik dengan pelanggan Anda. Hal ini sangat penting karena loyalitas pelanggan merupakan aset berharga yang Anda miliki. Mereka telah banyak membeli produk Anda sehingga menyumbang pemasukan untuk bisnis Anda secara rutin. Maka itu, jika Anda tidak ingin kehilangan pelanggan yang loyal tersebut di tengah banyaknya persaingan pada produk yang serupa, maka tidak ada salahnya, Anda memberikan sedikit penghargaan kepada pelanggan yang loyal tersebut. Penghargaan tersebut dapat berupa memberikan kartu member, agar pelanggan bisa berbelanja

6. Evaluasi Bisnis

photo by freepik.com

Tren pasar yang selalu berubah, membuat Anda harus rajin melakukan riset kecil-kecilan. Tujuannya yaitu agar Anda bisa memahami kepuasan pelanggan terhadap produk Anda, serta untuk mengetahui tren yang sedang disukai oleh pasar. Dengan begitu, Anda jadi mempunyai bekal untuk menentukan arah bisnis kedepannya. Setiap bisnis tentu miliki ciri khas pasar yang berbeda, sehingga penting sekali untuk Anda melakukan riset pasar ini. Setelah mengetahui tren yang disukai oleh pasar, tentu akan lebih mudah untuk menentukan strategi dan konten marketing kedepannya agar setiap strategi pemasaran yang Anda keluarkan bisa tepat sasaran. Tujuan akhirnya tetap sama, yaitu agar Anda tidak kalah saing dengan usaha sejenis.

 

Nah, itulah beberapa tips penting dalam strategi marketing yang bisa Anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya! Semangat berbisnis!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *