Begini Cara Memanfaatkan Instagram untuk Berbisnis

Bisnis, Social Media

Manfaatkan social media-mu dengan berbisnis!

Instagram merupakan salah satu social media platform yang paling banyak diminati dan dijangkau oleh berbagai kalangan, dari remaja hingga orang dewasa. Instagram menawarkan fitur-fitur yang up to date bagi penggunanya, tidak jarang mereka menghabiskan waktu luangnya untuk membuka dan mencoba fitur yang ada di dalamnya. Selain digunakan untuk membagikan foto dan video pribadi, Instagram juga dimanfaatkan sebagian orang sebagai wadah untuk berbisnis.

Para pebisnis berbondong-bondong mengenalkan brand-nya melalui platform ini. Apakah kamu juga salah satunya? Tapi tunggu dulu! Sebelum memulai mempromosikan bisnis di Instagram, ada kalanya kamu melengkapi profilmu di Instagram. Untuk yang belum memiliki akun Instagram dan belum mengetahui cara meng-install-nya, kamu bisa ikuti cara ini terlebih dulu:

Cara mendaftar akun Instagram

Pertama, persiapkan email dan nomor telepon yang terdaftar di handphone-mu

Kedua, download aplikasi Instagram melalui App Store untuk penguna iPhone dan Google Play untuk pengguna Android.

Ketiga, setelah berhasil men-download aplikasi Instagram dari smartphone, ketuk gambar aplikasi untuk melakukan installasi atau pemasangan.

Keempat, langkah selanjutnya adalah klik pilihan Daftar dengan email atau nomor telepon. Kemudian masukkan alamat email atau nomor telepon yang sudah kamu persiapkan tadi pada kolom isian yang tersedia.

Kelima, setelah memasukkan alamat email atau nomor telepon, klik opsi Berikutnya (Next). Pilihan lain untuk mendaftar di Instagram selain menggunakan alamat email atau nomor telepon, adalah dengan opsi masuk dengan Facebook. Opsi ini memudahkan kamu agar terdaftar secara otomatis di Instagram dengan akun Facebook-mu. Tetapi ini hanyalah opsi. Jika tidak memiliki akun Facebook, kamu bisa menggunakan email atau nomor telepon saja.

Keenam, langkah berikutnya dalam cara daftar Instagram adalah membuat nama pengguna dan kata sandi yang akan kamu gunakan untuk akun barumu. Jika kamu membuat akun instagram untuk digunakan secara pribadi, bisa menggunakan konfigurasi dari namamu. Tetapi jika kamu membuat Instagram untuk bisnis, maka cantumkan nama bisnis yang kamu jalankan. Perlu diingat bahwa nama akun yang disertai tanda centang warna hijau yang bisa digunakan. Jika tanda tersebut tidak muncul, maka kamu harus mencari konfigurasi nama akun lain karena berarti nama tersebut sudah ada di Instagram.

Ketujuh, gunakan username yang unik tapi mudah untuk diingat oleh banyak orang. Gunakan nama brand atau bisnis yang akan/sedang kamu jalankan saat ini.

Kedelapan, setelah nama akun dan kata sandi sudah sibuat, akan ada opsi untuk menghubungkan dengan Facebook atau tidak. Jika kamu memilih untuk menghubungkan, maka segala aktivitas yang kamu lakukan di instagram akan diunggah juga pada akun Facebook-mu. Jika tidak menginginkan hal ini, maka kamu bisa lewati saja dengan klik opsi Lewati atau Skip.

Langkah terakhir adalah melengkapi profil Instagram-mu. Kamu bisa mulai menambahkan foto profil dan memasukkan info pribadi seperti nomor telepon, bio, website dan lain-lain pada opsi Edit Profile.

Cara di atas adalah cara mudah untuk mendaftar akun dan melengkapi data diri di Instagram. Nah selanjutnya adalah membahas cara untuk mengembangkan bisnis dengan membuat konten yang menarik perhatian audience.

Bisnis dengan Instagram

Mengubah akun menjadi akun bisnis

Jika akunmu masih menjadi akun personal, kamu bisa mengubahnya menjadi akun bisnis. Caranya adalah masuk akun instagram, lalu klik Settings, scroll ke bawah hingga kamu menemukan menu Account lalu pilih Switch to Professional Account dan klik Bussiness. Setelah berhasil mengubah akun menjadi akun bisnis, masukkan informasi penting seperti waktu bisnis, alamat bisnis, nomor telepon bisnis dan sambungkan ke Facebook agar akunmu lebih mudah ditemukan oleh audience.

Promote

Agar akunmu mendapat audience dengan jangkauan yang luas dan sesuai dengan target pasarmu, maka kamu perlu menghubungkan akun Instagram-mu dengan dengan Facebook.

Share to Share

Saat ini Instagram memiliki fitur repost dan tagging. Fitur ini sangat berguna sekali untuk membantumu mempromosikan brand. Kamu bisa meminta partner bisnismu untuk melakukan promosi produk melalui fitur ini.

Profile Photo

Gunakan foto profil bisnismu dengan foto yang menarik namun masih terlihat dengan jelas. Jika menggunakan nama brand, pastikan huruf tersebut terbaca dengan cukup jelas.

Follow Akun Instagram Lain

Jangan lupa untuk mem-follow akun lain, atau mem-followback Hal ini dilakukan untuk membuat audience semakin bersemangat dan tertarik mengikuti kontenmu setiap saat.

Strategi Konten Instagram

Bagaimana menentukan strategi untuk membuat konten yang efektif dan menarik di Instagram? Simak beberapa tips berikut ini:

  • Waktu Posting

Ketika memposting foto dan video di Instagram, ada baiknya kamu memperhitungkan kapan foto dan video tersebut diposting. Hal itu dilakukan agar konten berjalan dengan maksimal dan tidak berantakan.

  • Tema Konten

Sebelum memposting sesuatu, ada kalanya kamu juga memikirkan konten apa yang kira-kira menarik audience atau target pasarmu. Misalnya kamu berjualan produk sembako, buatlah konten menarik untuk meningkatkan brand awareness dengan membuat konten tulisan atau games seputar ekonomi. Karena Instagram ini didesain untuk visual, maka kamu bisa juga membuat cerita atau storyboard yang berhubungan dengan brand atau produk yang kamu punya. Perhatikan pula kualitas konten. Jangan sampai konten yang kamu buat tidak menarik audience.

  • Posting Konten secara Berkala

Konten yang baik adalah konten yang selalu up to date. Postinglah konten minimal 3 kali perhari pada jam-jam tertentu. Untuk mengetahui hal itu, kamu perlu membuat riset terlebih dulu, pada waktu kapan kira-kira audience-mu meluangkan waktu untuk beristirahat.

  • Gunakan Branded Hashtag

Salah satu cara yang baik untuk memperkenalkan brand atau produkmu adalah dengan cara menggunakan branded hashtag. Teknik ini digunakan sebagai lambang untuk mempresentasikan brand atau produkmu. Nyatanya teknik ini banyak digunakan oleh brand-brand ternama.

  • Berinteraksi dengan Audience

Cara bernteraksi dengan audience adalah dengan membuat kuis, menjawab komentar, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar mereka sebagai audience merasa dihargai, dan tentu saja akan membuat mereka senang dan menganggap kalian si empunya brand sangat ramah. Penilaian audience ini sangat penting. Jangan dilewatkan begitu saja, ya!

  • Manfaatkan Instagram Story

Fitur instagram story atau instastory ini juga memiliki peran yang cukup penting. Dari fitur inilah kamu bisa lebih leluasa memperkenalkan atau mempromosikan produkmu pada audience. Buatlah instastory yang menarik. Kamu bisa juga mencoba menggunakan aplikasi StoryArt yang ada di Google Play untuk memudahkanmu membuat story yang keren.

  • Kerja sama influencer atau Selebgram

Ketika cara-cara tadi di atas sudah kamu jalankan namun kamu masih belum puas dengan hasil yang didapatkan, kamu bisa mencoba untuk bekerja sama dengan influencer atau selebgram. Dikutip dari situs Forbes, sebuah survei MuseFind mengatakan bahwa 92% konsumen mempercayai influencer atau selebgram daripada endorsement dari artis.

Social media sendiri sudah menjadi sebuah platform dimana hampir semua orang menjadi pengguna aktif. Jadi, bisa dibilang social media dan influencer punya kekuatan besar dalam meningkatkan bisnismu. Dengan kamu bekerja sama dengan mereka, tentu akan meningkatkan brand awareness. Influencer akan membantumu memberi strategi konten yang menarik sehingga dapat meningkatkan brand awareness. Mereka bisa membuat produkmu akan semakin dikenal, selain itu followers serta engagement yang meningkat.

Nah, itulah beberapa cara memanfaatkan platform Instagram untuk berbisnis. Gimana? Sudah punya gambaran untuk mempromosikan produk di platform ini?


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *