Cara Agar Pelangganmu Kasih Feedback Buat Produkmu!

Bisnis, Marketing, Service

Dalam menjalankan bisnis, tentu saja Anda akan mendapatkan feedback dari pelanggan. Jangan khawatir jika Anda mendapatkan feedback dari pelanggan, karena dari feedback inilah yang menjadikan bisnis Anda semakin berkembang dan lebih maju dari kompetitor Anda yang lain, apalagi jika feedback yang didapat adalah feedback positif. Tapi Anda tidak perlu panik juga kalau nyatanya justru mendapat feedback yang negatif. Hal ini bisa membuat Anda mengevaluasi mana saja yang perlu Anda perbaiki berdasarkan komplain pelanggan Anda. 

Selain itu, pelanggan lainnya akan lebih mudah mencari informasi tentang bisnis Anda, terlebih lagi jika Anda mendapat feedback pelanggan dengan kesan yang positif. Namun ada juga pelanggan yang tidak memberikan feedback ketika mereka selesai membeli produk atau jasa bisnis Anda. tidak sedikit dari mereka yang hanya menjadi pelanggan pasif. Padahal, feedback ini sangat penting dan tentunya hal ini akan menyulitkan Anda dalam mengembangkan bisnis. 

Untuk itulah, Anda perlu memikirkan cara agar pelanggan tetap memberikan feedback setiap kali membeli produk Anda. Kira-kira apa saja yang perlu Anda lakukan? Coba deh, simak beberapa tips di bawah ini!

1. Membuat Survei Online

Cara pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat survei online. Pada zaman yang serba canggih seperti saat ini, Anda perlu memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnis. Cara ini banyak digunakan oleh pebisnis lain yang menginginkan feedback dari pelanggan. Selain mudah dan murah, Anda tidak perlu lagi repot mencetak banyak kertas karena yang Anda perlukan adalah menyebarkan link survei yang sudah dibuat pada pelanggan melalui media sosial maupun website bisnis Anda. 

2. Cantumkan Kolom Komentar di Website

Cara kedua yaitu cantumkan kolom komentar di website. Kolom komentar ini memungkinkan pelanggan untuk memberikan feedback tentang produk atau bisnis Anda. Namun, pastikan Anda memfilter komentar yang masuk supaya tidak ada komentar spam. Anda bisa memilih komentar mana yang layak ditampilkan dan mana yang sebaiknya dihapus karena merupakan spam atau berisi kata-kata yang tidak benar.

3. Kirim Email ke Pelanggan

Cara ketiga, Anda bisa mengirimkan email kepada pelanggan berupa permintaan penyampaian feedback. Dengan menggunakan cara ini, pelanggan jadi leluasa dalam menuliskan feedbacknya secara detail.

Untuk itu, Anda perlu membuat email khusus customer service sebagia media untuk berkomunikasi dengan para pelanggan. 

Anda bisa juga mengirimkan email setelah pelanggan melakukan pembelian untuk menanyakan kepuasan pelanggan. Atau, gunakan email tersebut untuk mengirimkan informasi terbaru seputar bisnis Anda, apabila pelanggan mau berlangganan email marketing Anda.

4. Berinteraksi dengan Pelanggan di Media Sosial

Cara keempat, manfaatkan media sosial untuk berinteraksi dengan para pelanggan. Media sosial tidak hanya digunakan untuk memposting konten menarik, tetapi juga sebagai media informasi. Apalagi ketika Anda memiliki bisnis, sebisa mungkin untuk membuat media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya. Kenapa? Agar Anda akan bisa lebih mengenal berbagai karakter pelanggan Anda. Pastikan juga, Anda bersikap ramah kepada mereka, agar Anda mendapatkan kesan yang positif bagi pelanggan. 

5. Beri Reward untuk Pelanggan

Salah satu faktor kenapa pelanggan jarang memberikan feedback pada produk kita, karena mereka malu bahkan malas memberitahu pengalaman mereka saat berbelanja. Beda lagi jika hal itu tentang komplain, pasti mereka akan cenderung lebih menyuarakan keluhan mereka masing-masing. 

Maka dari itu, Anda perlu memancing mereka untuk memberikan feedback, misalnya berikan reward berupa promo atau diskon bagi mereka yang memberi feedback positif. Dengan cara ini, tentu pelanggan Anda yang lain akan tertarik karena dengan memberi feedback, otomatis mereka akan mendapatkan promo. 

Lakukan cara ini kurang lebih 1 kali dalam sebulan. Jangan terlalu sering, karena hal ini tidak akan efektif dan bahkan bisa membuat Anda mengalami kerugian. 

BACA JUGA: Tips Menghadapi Komplain Pelanggan

Nah, itulah beberapa cara mendapatkan feedback dari pelanggan. Anda bisa terapkan beberapa cara ini dengan baik. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda, ya!

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *