Alasan Kenapa Bisnismu Harus Punya Media Sosial

Bisnis, Marketing, Social Media

Media sosial, siapa yang tidak mengenalnya? Platform yang bisa memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk berbagi informasi dari seluruh dunia, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, dan lainnya. Media sosial kini banyak diminati oleh berbagai kalangan dan usia. Selain sebagai tempat untuk bertukar informasi dan hiburan, media sosial bisa digunakan sebagai tempat untuk memulai bisnis. Beberapa pebisnis kini lebih memilih media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis dan produknya. Bahkan pada setiap media sosial, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Meski begitu, berbisnis di media sosial akan memberikan banyak keuntungan. Namun sayangnya, sebagian pebisnis lain masih belum memiliki akun untuk bisnis mereka di media sosial dan memilih untuk mempromosikan produknya secara konvensional. Apakah Anda salah satunya? Padahal, ada berbagai alasan mengapa Anda harus memiliki akun media sosial pada bisnis Anda, lho. kira-kira, apa saja ya, alasan itu? Coba deh, simak penjelasan di bawah ini!

 

1. Memperluas Jaringan Bisnis

Picture by Freepik

Alasan pertama yaitu untuk memperluas jaringan bisnis. Ini adalah kesempatan yang emas bagi Anda ketika menjalankan bisnis. Orang-orang yang sebelumnya belum tahu tentang bisnis dan produk yang Anda jual, jadi semakin tahu karena mereka menemukan akun bisnis Anda. Jadi, produk Anda tidak hanya diketahui oleh orang di sekitar Anda, tetapi meluas di luar daerah, luar pulau, bahkan hingga luar negeri. Keren, kan? Tentu saja dengan menggunakan media sosial, Anda bisa memiliki kesempatan memiliki pelanggan dari dalam maupun luar negeri

 

2. Lebih Dekat dengan Customer

Picture by Freepik

Alasan kedua yaitu agar bisa lebih dekat dengan customer Anda. Dengan memiliki akun media sosial, akan memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan customer. Anda pun bisa dengan leluasa berkomunikasi tanpa batas dengan customer, dan Anda bisa mengetahui lebih detail apa saja yang mereka harapkan dari bisnis Anda tersebut, juga mendengar keluhan-keluhan mereka. Selain itu, Anda bisa memberikan informasi tentang bisnis, produk dan layanan apa saja di akun bisnis Anda. Entah itu dari Instagram, Twitter, Facebook, YouTube, dan lainnya. Misalnya, Anda ingin memberikan informasi bahwa produk yang Anda jual sedang diskon. Dengan begitu, bisa saja customer yang mendapatkan informasi tersebut dari Anda, akan membeli produk yang Anda tawarkan tersebut. Sebaliknya, jika Anda tidak memiliki media sosial, tidak akan ada yang tahu jika produk yang Anda jual sedang diskon. Jadi, sangat menguntungkan sekali, bukan?

 

3. Mengamati Persaingan Bisnis

Picture by Freepik

Alasan ketiga yang perlu Anda ketahui adalah untuk mengamati persaingan bisnis. Dengan adanya media sosial ini, tentu Anda akan lebih mudah dalam mengamati persaingan bisnis dari kompetitor lain. Anda jadi bisa tahu lebih banyak lagi, apa saja yang sedang kompetitor lakukan untuk mengembangkan bisnis mereka, sehingga Anda pun bisa membuat strategi pemasaran yang baik untuk mengalahkan kompetitor Anda yang lainnya. Jadi, jangan anggap remeh media sosial, ya! 

 

4. Meningkatkan Pengunjung Website

Picture by Freepik

Media sosial, termasuk website sangat penting untuk keberlangsungan dan kelancaran bisnis Anda. untuk itu, Anda perlu membuat website untuk bisnis dan mencantumkan link website ke berbagai akun media sosial yang Anda punya, sehingga hal ini bisa meningkatkan jumlah traffic atau kunjungan ke situs Anda. Anda bisa menerapkan Search Engine Optimization (SEO) agar mendapatkan traffic yang besar. Gimana? Sudah yakin pakai media sosial, kan?. 

 

Nah itulah beberapa alasan mengapa Anda harus memiliki akun media sosial untuk bisnis Anda sendiri. Apapun jenis bisnis Anda saat ini, jika Anda memanfaatkan media sosial dengan baik, percaya deh, bisnis yang Anda bangun akan semakin berkembang dan diketahui oleh banyak orang! Jadi, nggak perlu ragu untuk mengembangkan bisnis secara online, ya! Semoga, artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda. semangat berbisnis!

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *