tempat makan keluarga di surabaya

Menjelang akhir pekan, tentu ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu dengan keluarga. Salah satunya adalah makan bersama. Untuk Sedulur yang tinggal di Surabaya, ada beberapa tempat makan keluarga di Surabaya yang recommended banget untuk dikunjungi.

Memilih tempat makan keluarga sendiri memang tidak boleh sembarangan. Selain menu makan yang disukai oleh anggota keluarga, suasana tempat makan juga bisa membantu untuk menjaga bonding antar keluarga agar maksimal saat melakukan quality time. Nah, berikut ini Aplikasi Super sudah menyiapkan beberapa rekomendasi lokasi tempat makan keluarga di Surabaya spesial untukmu!

BACA JUGA: Cara Masak Bihun Goreng Pedas Khas Jawa Timur, Simpel dan Enak!

1. Botanika

IDN Times

Tempat makan keluarga di Surabaya pertama yang bisa Sedulur kunjungi adalah Botanika. Lokasi ini memiliki konsep yang unik dengan warna serba hijau dan kombinasi ornamen kayu hasil buatan tangan. Alhasil, suasana yang disajikan begitu nyaman khususnya untuk acara keluarga.

Botanika juga memiliki banyak menu makanan khas Indonesia yang dijamin bikin Sedulur betah. Beberapa diantaranya adalah kroket, rendang, dendeng, ikan kakap, nasi kuning hingga roti jalai gulai Aceh.

Tak hanya makanannya saja yang enak, Botanika juga memiliki varian minuman yang menyegarkan. Sedulur bisa mencicipi berbagai macam jus, wedang jahe, wedang kunyit, dan minuman khas lainnya.

Lokasi tempat makan keluarga di Surabaya ini juga mudah dijangkau, yaitu di Jalan Raya Kertajaya Indah Blok F Nomor 303. Botanika sendiri buka dari jam 7 pagi sampai 11 malam. Untuk harganya, mulai dari Rp19.000 sampai Rp120.000-an aja!

2. Domicile Kitchen Lounge

Domicile Kitchen Lounge

Untuk Sedulur yang mencari tempat makan keluarga di Surabaya dengan suasana modern, mungkin bisa mencoba Domicile Kitchen Lounge. Tempat makan ini memiliki suasana yang sangat cozy dengan kursi sofa.

Area Domicile Kitchen Lounge juga besar, sehingga cocok untuk mengajak anak kecil yang masih aktif berlari.

Untuk makanan yang disajikan, tempat makan ini memiliki variasi menu makan Nusantara dan Western. Jadi Sedulur bisa menemukan beberapa hidangan seperti pizza, pasta, bulgogi, nasi goreng, sambal matah, dan masih banyak lagi.

Sementara untuk minumannya, Domincile Kitchen Lounge memiliki daftar menu yang modern. Mereka menjual beberapa minuman sepeti mocktail, squash, jus, teh dan kopi.

Bila tertarik menjadikan tempat ini sebagai tempat makan keluarga di Surabaya, Sedulur cukup datang saja ke Jalan Sumatera Nomor 35, Gubeng mulai pukul 11 siang sampai 1 malam.

3. Makmu

TravelingYuk

Makmu merupakan salah satu restoran keluarga di Surabaya yang cukup hits. Hal ini tidak lepas dari suasana dari tempat makan ini yang sangat Instagramable. Sedulur akan dibawa merasakan pengalaman makan dengan suasana yang artsy dan cozy.

Tempat makan ini juga sangat cocok dijadikan lokasi berkumpul bersama keluarga karena areanya yang luas. Sedulur juga diberikan banyak pilihan dengan ruangan outdoor dan indoor-nya.

Untuk menu yang dihidangkan, ada banyak sekali makanan lezat yang siap membuat perut Sedulur kenyang. Misalnya saja nasi goreng, martabak, soto, nasi bebek Madura, gado-gado, leker, kue cubit, dan sebagainya.

Harga untuk tiap makanannya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp3.000 sampai Rp100.000 saja lho. Jika tertarik datang ke Makmu, langsung saja menuju Jalan Dr. Ir. H. Soekarno Blok M Nomor 31, Rungkut.

4. Resto Primarasa

Ayam Bakar Primarasa

Lokasi selanjutnya seperti jadi salah satu tempat makan keluarga di Surabaya terbaik. Tak hanya terkenal dengan tempatnya yang nyaman, tapi menu ayam bakarnya memang memiliki rasa super lezat. Tempat ini adalah Resto Primarasa.

Sedulur tak hanya bisa mencicipi ayam bakar Primarasa yang legendaris, tapia da juga menu seperti ayam goreng, ayam penyet, gurami bakar, gurami asam manis, udang dan masih banyak lagi.

Untuk minuman, pilihannya juga sangat varitif dan ‘Surabaya’ banget yaitu es cao, dawet, es campur, sampai es kelapa muda.

Primarasa sendiri sudah memiliki beberapa cabang, jadi Sedulur tidak perlu khawatir ketika ingin menghabiskan waktu bersama keluarga di sini. Cabang pertama ada di Jalan Ahmad Yani Nomor 166, cabang kedua ada di Jalan Raya Kupang Indah Nomor 1A, dan cabang ketika di Jalan Kusuma Bangsa 7A.

5. Pondok Tempo Doeloe

Tripadvisor

Salah satu restoran yang memiliki suasana Instragramable lainnya adalah Pondok Tempo Doeloe. Suasana restoran ini begitu bersih, karena setiap ornament yang digunakan memang berwarna putih.

Beberapa menu andalan di restoran ini adalah ikan gurami, ayam bakar, ayam goreng, sop iga, tumisan, hingga nasi goreng spesial. Sedulur juga bisa mencicipi minuman unik dari Pondok Tempo Doeloe, es cianjur, es sirsat, dan berbagai macam jus.

Lokasi Pondok Tempo Doeloe juga berada di pusat kota yaitu Jalan Sulawesi Nomor 54, Gubeng. Sedulur bisa datang ke tempat makan ini dari pukul 10 pagi sampai 10 malam.

BACA JUGA: 7 Makanan Khas Jawa Timur Paling Unik dan Lezat

6. Zona Alam

Ilustrasi. Canto

Tertarik mencari tempat makan keluarga di Surabaya dengan konsep alam? Sedulur bisa datang ke Zona Alam. Restoran ini memiliki sajian menu seafood yang tiada duanya dengan suasana asri khas pedesaan. Terdapat juga beberapa kolam ikan, yang membuat Sedulur tak hanya bisa makan tapi juga merasakan pengalaman memancing.

Zona Alam memiliki banyak menu seafood yang menarik, tapi andalan tempat makan ini adalah menu gurami pesmol, rica-rica patin, dan nasi goreng. Harga menu-menu ini juga sangat terjangkau, mulai dari Rp6.000 sampai Rp70.000 saja.

Bila ingin datang ke Zona Alam, Sedulur bisa mencarinya di Google Maps dan cari Jalan Raya Sambikerep Gang Langgar, Lontar, Surabaya.

7. Rumah Makan Handayani

RM Handayani

Selanjutnya ada Rumah Makan Handayani. Jika Sedulur memiliki bujet yang tidak terlalu besar untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, bisa mencoba restoran satu ini. Meskipun memiliki tempat yang sederhana, tapi suasana yang diberikan sangat asri karena rimbun dengan pepohonan.

Sedulur juga bisa menemukan beberapa menu unik yang jarang bisa dirasakan di Surabaya, seperti cumi pusaka Minang, ayam sasak, gulai kepala ikan, ayam kremes, dan gurami bawang. Minumannya juga tak kalah menarik karena ada es nagasasra, es campur, es opera nyonya Shanghai, dan es cendol.

Dengan begitu banyaknya menu makanan dan minuman yang ada di Rumah Makan Handayani, Sedulur tidak perlu khawatir kantong jebol. Karena harga yang diberikan mulai dari Rp7.000 sampai Rp120.000 aja.

8. Wapo Resto

Wapo Resto

Ini mungkin jadi salah satu tempat makan keluarga di Surabaya paling populer. Hampir setiap hari, Wapo Resto selalu dipenuhi oleh orang-orang yang makan bersama dengan famili ataupun teman-temannya.

Salah satu yang mendukung tempat makan ini selalu rame juga dari lokasinya yang berdekatan dengan Universitas Airlangga dan RSUD Dr Soetomo. Sehingga membuat tempat makan ini cukup erringg dikunjungi orang-orang.

Variasi makanan di Wapo Resto juga sangat beragam dari makanan modern, oriental sampai tradisional ada semua. Jadi Sedulur dan keluarga tidak akan dibuat kebingungan ketika datang ke sini. Beberapa menu andalan dari Wapo Resto adalah chicken steak, fu yung hai, dan nasi goreng.

9. Kahyangan

Kahyangan

Mengusung gaya jadul dengan sentuhan modern, membuat Kahyangan Resto menjadi salah satu tempat makan bersama keluarga yang pas. Sedulur juga bisa menemukan banyak ornament tradisional di tempat ini sehingga akan merasakan pengalaman makan yang unik.

Menu makan di sini juga sangat beragam, ada olahan daging, ayam, seafood, hingga bebek yang diracik menggunakan rempah-rempah khas Indonesia. Beberapa menunya seperti sate sapi cak ningrat, udang sari jiwo, kikil kamandhanu, cumi bakar madu, dan berbagai macam sambal.

BACA JUGA: Mengenal Pallubasa, Kuliner Berkuah Khas Makassar Super Nikmat!

10. SAS Café & Resto

SAS Cafe & Resto

Salah satu tempat makan yang mengusung konsep café dan resto untuk keluarga adalah SAS. Namun, jangan terpikirkan dengan suasana café modern seperti di perkotaan Surabaya. Tempat makan inni memiliki konsep asri dengan suasana pedesaan. Bahkan, ada beberapa bangunan joglo kecil di sekitar tempat makan tersebut.

Variasi menunya juga sangat beragam. Sedulur bisa mencicipi menu ikan laut, ikan air tawar, kepiting, ayam hingga bebek. SAS Café & Resto juga buka dari jam 9 pagi sampai 12 malam. Jadi cocok untuk Sedulur yang ingin melakukan aktivitas sedari pagi bersama keluarga.

11. Babeh Street

Tripadvisor

Resto selanjutnya adalah Babeh Street. Walaupun namanya tidak seperti tempat makan yang asik untuk keluarga, tapi Sedulur dijamin akan nyaman banget menghabiskan banyak waktu di sini. Suasana Babeh Street sangat cozy dengan tampilan yang unik.

Tak hanya itu saja, menu makanan Babeh Street juga terkenal enak dan memiliki porsi besar. Jadi untuk Sedulur yang suka makan, maka tempat ini cocok banget. Salah satu menu andalannya adalah nasi goreng gila khas Babeh.

12. Warung Apung Rahmawati

Pinterest

Tempat makan keluarga di Surabaya yang terakhir adalah Warung Apung Rahmawati. Konsep tempat makan ini cukup unik, karena Sedulur bisa duduk dengan lesehan atau duduk.

Kalau dilihat dari namanya, Sedulur pasti sudah terbayang dengan lezatnya menu-menu ikan air tawar baik itu yang dimasak dengan cara bakar maupun goreng. Sedulur juga bisa merasakan kelezatan udang, bandeng, dan cumi yang dimasak dengan bumbu khas Nusantara.

Resep Makanan Keluarga

NPR

Menghabiskan waktu bersama keluarga di restoran atau tempat makan memang menyenangkan. Namun, ketika bujet sedang menipis, mungkin Sedulur bisa menyiapkan acara kecil di rumah dengan membuat resep spesial sendiri.

Ada cukup banyak resep makanan keluarga yang bisa dibuat di rumah. Berikut ini salah satu yang paling cocok.

Resep Gurame Bakar Madu

Gurame bakar madu
Endeus TV

Gurame bakar madu menjadi salah satu menu andalan untuk orang-orang ketika sedang berkumpul bersama keluarga. Sedulur pun bisa mencoba membuat menu ini sendiri, dengan mempersiapkan beberapa bahan seperti berikut:

Bahan:

  • 1 kg ikan gurami
  • 5 sdm madu
  • 3 sdm kecap manis
  • 1 butir jeruk nipis
  • 2 sdm minyak untuk menumis
  • 2 sdm margarin
  • Garam secukupnya

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 4 sm lengkuas
  • 3 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 2 sdt ketumbar
  • 1 sdt garam
  • ½ sdt merica

Cara membuat:

  • Cuci bersih ikan gurami dan buang insang, sisik, kotoran, dan siripnya. Lumuri dengan air perasan jeruk dan garam. Biarkan meresap selama 10 menit agar aroma tanah hilang. Lalu cuci kembali dan sisihkan.
  • Siapkan wajan dan panaskan minyak. Tumis semua bumbu halus sampai aromanya wangi. Matikan api lalu biarkan dingin.
  • Siapkan wadah besar, campur tumisan bumbu halus dengan kecap manis dan madu. Sedulur bisa mencari kecap dan bumbu lainnya di Aplikasi Super. Setelah itu campur dan aduk sampai rata.
  • Ambil ikan lalu lumuri seluruh bagiannya dengan bumbu. Simpan dan biarkan bumbunya meresap dengan disimpan dalam kulkas selama 30 menit.
  • Ambil alat pemanggang atau bakaran. Panaskan. Siapkan ikan bakar dan lalu mulai masak di atas bara api. Masak selama 30 menit dengan selalu dibolak-balik agar tidak gosong. Jangan lupa untuk oleskan margarin di permukaan ikan.
  • Jika ikan sudah berwarna keemasan dan semua bagiannya matang, maka ikan bakar madu siap dihidangkan.

Demikian tadi deretan tempat makan keluarga di Surabaya yang bisa Sedulur kunjungi. Momen berkumpul bersama keluarga memang menjadi salah satu hal yang perlu rutin dilakukan untuk selalu menjaga kerukukan dan keharmonisan di dalam keluarga.

Namun, apabila Sedulur ingin membuat menu makan bersama keluarga sendiri di rumah juga tidak ada salahnya. Sedulur bisa menyiapkan semua bahan-bahan membuat resep makanan dengan beli dan kulakan di Aplikasi Super.

Ada banyak sekali bumbu dapur berkualitas yang bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Sedulur juga tidak perlu repot keluar rumah karena setiap barang yang dibeli akan langsung diantar sampai rumah. Jadi buruan download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang juga!