Resep semanggi surabaya

Salah satu makanan khas Kota Pahlwan yang tidak boleh Sedulur lewatkan adalah Semanggi Surabaya. Makanan ini merupakan salah satu resep semanggi yang diolah menjadi pecel. Dan untuk membuat resep semanggi Surabaya sendiri cukup mudah untuk dilakukan.

Sedulur hanya perlu menyiapkan beberapa bahan utama seperti daun semanggi, taoge, dan kerupuk puli. Penasaran bagaimana cara membuat resep semanggi Surabaya yang enak dan lezat? Langsung saja Sedulur simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 11 Spot Nasi Goreng Surabaya Yang Legendaris!

Bahan Semanggi Surabaya

Resep semanggi Surabaya
turissendaljepit

Untuk bisa membuat resep semanggi khas Surabaya, Sedulur perlu menyiapkan satu bahan utama yaitu daun semanggi. Persiapkan sebanyak 200 gram daun semanggi segar yang bisa dibeli di pasar.

Harga daun semanggi sendiri cukup murah, untuk 500 gram, Sedulur bisa membelinya di harga sekitar Rp 40 ribu. Jika Sedulur awam dengan daun satu ini, maka bisa memperhatikan bentuk daun yang memiliki empat helai melingkar. Daun semanggi sendiri memiliki tekstur yang lembut dengan serat yang tinggi.

Selain itu, Sedulur perlu menyiapkan 100 gram taoge, kacang panjang, dan wortel sebagai sayuran utama pada pecel. Berikut ini rincian bahan untuk membuat resep sayur semanggi.

  • Bahan utama sayur

200 gram daun semanggi

100 gram taoge

  • Bahan bumbu kacang

100 gram kacang tanah yang telah digoreng

100 gram ubi rebus

40 gram gula merah haluskan

2 ruas kencur

4 siung bawang merah

2 siung bawang putih

Petis secukupnya

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Khas Sidoarjo yang Jarang Ditemui di Surabaya!

Cara membuat

Resep semanggi surabaya
StringFixer

Proses membuat resep semanggi Surabaya sebenarnya cukup sederhana. Sedulur hanya perlu merebus bahan utama yang berupa sayuran dan membuat bumbu kacang yang dicampur dengan petis. Berikut ini langkah yang bisa dilakukan:

  1. Siapkan panci dan air bersih lalu rebus sampai mendidih. Masukkan taoge dan daun semanggi tunggu sayur sampai matang.
  2. Jika sayur daun semanggi dan taoge sudah matang, Sedulur bisa tiriskan dan pindah sayur ke wadah berbeda.
  3. Persiapkan alat dan bahan untuk membuat bumbu kacang. Mulai dengan haluskan gula merah, bawang putih dan bawang merah. Sisihkan.
  4. Haluskan ubi rebus dan kacang tanah. Campurkan dengan adonan bumbu bawang putih dan merah yang telah dihaluskan sebelumnya. Campur dan aduk rata.
  5. Bersihkan kencur dan masukkan ke dalam adonan bumbu. Campur dengan air, petis, dan garam secukupnya. Koreksi rasa, jika bumbu sudah sesuai selera maka Sedulur bisa mencampurnya dengan sayur yang sudah direbus sebelumnya.
  6. Hidangkan dengan nasi panas dan kerupuk puli. Resep semanggi khas Surabaya siap disantap.

Keunikan Semanggi khas Surabaya

pecel semanggi
Tagar ID

Salah satu keunikan pecel semanggi khas Surabaya adalah pada rasa petis yang dicampur dalam bumbu. Hal ini membuat semanggi Surabay memiliki rasa unik saat disantap.

Selain itu, daun semanggi memiliki karakteristik yang kaya akan serat dan aromanya yang wangi. Jika Sedulur menyantap semanggi Surabaya maka akan bisa merasakan perpaduan bumbu kacang, petis dan aroma daun semanggi yang sangat sempurna.

Selain itu, untuk menyantap pecel daun semanggi biasanya Sedulur juga harus menggunakan pincuk, yaitu menyantap makanan dengan alas daun pisang yang dibuat seperti kerucut. Menikmati pecel semanggi Surabaya dengan pincuk diyakini lebih nikmat lho. Nggak percaya? Langsung cobain aja deh.

BACA JUGA: 6 Tips Menyimpan Bumbu Dapur Agar Awet dan Tahan Lama!

Gizi daun semanggi

Daun semanggi
Marca

Walaupun memiliki komposisi yang sederhana, resep daun semanggi ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari Healthline, daun semanggi memiliki kandungan 25 kalori, 4 gram karbohidrat, 3 gram protein, zat besi, dan serat.

Semanggi juga memiliki mineral seperti isoflavone dan polisakarida yang baik untuk tubuh. Dua mineral ini bisa membantu tubuh untuk bisa meningkatkan kemampuan anti inflamasi.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Bani Dewi Marlena di Universitas Airlangga Surabaya juga menunjukkan adanya kandungan saponin dan polifenol dari daun semanggi. Dimana zat tersebut bisa membantu untuk meningkatkan kekuatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

Pecel semanggi legendaris di Surabaya

Lokasi Pecel Semanggi Surabaya
GenPi

Pecel semanggi Surabaya merupakan salah satu kuliner Jawa Timur yang cukup langka. Tidak banyak pedagang yang menjual makanan unik satu ini.

Namun, jika Sedulur sempat datang ke Surabaya maka bisa mencoba resep semanggi Surabaya yang dijual di sekitar Masjid Al Akbar, Benowo. Di wilayah tersebut, ada beberapa penjual pecel semanggi yang memiliki rasa super lezat.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang resep semanggi Surabaya yang legendaris. Tak hanya terkenal akan kelezatannya, pecel semanggi juga menyehatkan dan memiliki khasiat yang baik untuk tubuh. Jadi jika tak sempat datang ke Surabaya langsung, Sedulur juga bisa membuatnya di rumah sendiri.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.