Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

Bisnis, Keuangan, Lifestyle

Ibu rumah tangga identik dengan mengerjakan tugas-tugas rumah dan kemampuan multitasking-nya. Anda sebagai ibu rumah tangga dituntut untuk memahami segala hal, mulai dari keperluan suami, anak-anak, memasak, biaya pendidikan, hingga mengatur keuangan rumah tangga. Tidak jarang Anda mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan agar tidak membengkak dan segala kebutuhan bisa terpenuhi. Jika sudah begitu, Anda perlu mencari cara agar keuangan Anda lancar dan tidak boros. Anda bisa mulai untuk menabung. Menabung ini sangat berguna untuk Anda dan keluarga, karena dengan tabungan inilah Anda bisa meng-cover segala kebutuhan yang mendesak di masa yang akan datang. Terkadang, menabung ini ada kalanya sulit dilakukan karena kebutuhan yang semakin banyak. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa menabung, kok! Lalu, gimana sih cara menabung bagi ibu rumah tangga seperti Anda? Coba deh, simak penjelasan di bawah ini!

 

1. Buat Daftar Belanja

Tips menabung ibu rumah tangga yang pertama yaitu membuat daftar belanja selama satu bulan ke depan. Dengan adanya daftar belanja bulanan ini, bisa memudahkan Anda kebutuhan apa saja yang akan Anda beli dengan sistematis. Selain itu, daftar belanja ini membuat Anda lebih bijak memilih mana saja barang yang dibutuhkan mana yang tidak dalam satu bulan ke depan. 

 

2. Ikut Arisan

Tips kedua yaitu mengikuti arisan. Biasanya tiap bulan sekali pada tanggal tertentu, Ibu-ibu PKK mengadakan arisan rutin. Nah, Anda bisa mengikuti arisan PKK ini di tempat Anda tinggal. Selain arisan PKK, Anda bisa mengadakan arisan di kantor Anda bekerja atau dengan teman-teman Anda yang lain. Arisan ini adalah solusi yang paling efektif bagi Anda agar bisa menabung secara rutin. 

 

3. Kumpulkan Uang Receh

Tips ketiga yang perlu Anda lakukan yaitu mengumpulkan uang recehan. Memang, terdengar sangat lucu, namun siapa sangka bahwa uang receh ini jika dikumpulkan sedikit demi sedikit akan terkumpul akan menjadi banyak. Tidak ada salahnya Anda menabung uang receh. Anda bisa memulai menabung uang receh sebesar seratus atau lima ratus rupiah setiap hari atau saat sempat.

 

4. Catat Pemasukan dan Pengeluaran

Keempat, Anda tidak boleh mengabaikan catatan pemasukan dan pengeluaran. Anda perlu mencatat pemasukan dan pengeluaran selama satu bulan. Catatan ini berguna dan membantu Anda mengevaluasi keuangan keluarga Anda, apakah lebih besar pemasukan? Atau justru pengeluaran membengkak? Dengan mengetahui catatan keuangan ini, akan memudahkan Anda untuk berhemat dan menyisihkan uang untuk ditabung. 

 

5. Kurangi Belanja Berlebihan

Tips kelima, Anda wajib mengurangi belanja secara berlebihan, yang mana barang yang Anda beli sedang tidak Anda butuhkan dan harganya yang mahal. Belanja yang seperti ini akan membuat Anda boros dan keuangan Anda menjadi semakin membengkak. Untuk itu, belanjalah seperlunya, yang sesuai dengan apa yang Anda butuhkan, bukan apa yang Anda inginkan. Boleh saja membeli barang keinginan, namun tunggu hingga tabungan Anda bertambah.

 

6. Cari Diskon

Saat berbelanja kebutuhan, tidak ada salahnya Anda membeli barang yang sedang diskon. Dengan membeli barang diskon, Anda tentu saja menghemat pengeluaran, dan bisa menabung. Tidak perlu gengsi mengonsumsi atau memakai barang diskon. Justru, kini beberapa orang lebih suka berbelanja di toko yang memasang diskon. Misalnya Anda ingin berbelanja baju, pilihlah toko yang sedang diskon besar-besaran. Anda bisa membanding-bandingkan harga dari satu toko ke toko lain untuk memastikan toko mana yang memasang harga diskon. Kini semakin banyak kok, pebisnis yang saling bersaing mendapatkan konsumen. Nah, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mencari diskon. Jika Anda cocok dengan barang dan harga yang mereka tawarkan, bukan tidak mungkin toko tersebut Anda jadikan sebagai langganan. 

Intinya, mencari diskon akan membuat Anda lebih hemat dan akhirnya bisa menabung. 

 

Selain berbelanja di toko offline, Anda bisa berbelanja di toko online. Selain mudah, toko online seringkali menawarkan gratis ongkir. Jadi, Anda tidak perlu membayar ongkos kirim dan barangnya akan diantar ke rumah Anda. apalagi untuk belanja sembako, kini banyak sekali aplikasi yang menyediakan kebutuhan pokok atau sembako, salah satunya adalah aplikasi Super

 

7. Cari Penghasilan Tambahan

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya yaitu mencari penghasilan tambahan. Siapa bilang ibu rumah tangga tidak bisa mencari penghasilan sendiri? Tentu saja bisa! Jika Anda merasa menabung saja tidak cukup dan membutuhkan penghasilan tambahan, Anda bisa menjadikan hobi Anda untuk menghasilkan uang. Jika hobi Anda adalah bermain gadget, Anda bisa memafaatkan gadget Anda dengan berbisnis menjadi agen sembako. Agen sembako adalah pekerjaan yang cocok untuk menambah penghasilan bagi ibu rumah tangga. Seperti yang Anda ketahui, sembako adalah kebutuhan yang tidak akan pernah habis dan selalu diperbarui. Selain itu, berbisnis sembako memiliki perputaran uang yang cepat, sehingga Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan. Menjadi agen sembako tidak begitu sulit, karena Anda bisa menjadi agen hanya dengan menggunakan aplikasi. Tertarik menjadi agen sembako? Anda bisa download aplikasi Super di Playstore Anda. 

 

Nah itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menabung. Semoga tips di atas bisa bermanfaat bagi Anda, ya!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *