Tips Jitu Mengatasi Stress Ibu Rumah Tangga

Lifestyle

Tenang, stress itu bisa diatasi, kok!

Ibu memiliki peran dan tanggung jawab yang sangat penting dalam keluarga. Mengerjakan tugas domestik, rutinitas yang itu-itu saja, tidak ada variasi atau kegiatan lain yang mendukung produktivitas seorang ibu rumah tangga serta peran serta tanggung jawab inilah yang tidak jarang membuat ibu merasa stres, terutama anda sebagai ibu rumah tangga.  Inilah beberapa tips untuk mengatasi rasa stres.

1. Mengenali Pemicu Stress

Ilustrasi | freepik.com

Seringkali kita meremehkan hal-hal kecil, padahal bisa saja hal kecil itu berdampak pada mental kita, dan itu yang menjadi pemicu terjadinya stres.  Pikirkanlah kembali mengenai kegiatan Anda dalam satu hari. Apakah ada waktu ketika Anda selalu merasa tingkat stres mulai meningkat? Mungkin sewaktu memandikan anak, kerusuhan di pagi hari, atau saat lainnya. Jika anda telah menemukan situasi yang paling membuat stres, hal itu akan membantu anda untuk mengelola stres tersebut ketika akan muncul dan memungkinkan untuk mencari cara mencegahnya. Mengenali pemicu stres untuk dapat mencari cara mengatasi stres berat akan membawa efek yang besar pada tingkat stres Anda.

2. Menekuni Hobi

Ilustrasi | freepik.com

Mungkin Anda berpikir bahwa hobi adalah hal terakhir yang dapat dilakukan dengan semua kesibukan mengurus rumah dan anak, namun memiliki aktivitas yang mengalihkan perhatian dan pikiran Anda dari pekerjaan rumah tangga yang membuat stres dan dapat menenangkan pikiran adalah kuncinya. Meluangkan waktu untuk menekuni hobi adalah hal yang sebaiknya dilakukan oleh ibu rumah tangga, agar bakat yang telah dipunya tidak hilang begitu saja. Temukanlah kegiatan apapun yang dapat membantu anda untuk menenangkan mental, mengatasi stres serta memberikan Anda suasana yang berbeda ketika berada di rumah. Misalnya hobimu adalah menulis, kamu bisa menulis artikel atau catatan harian yang berkaitan dengan aktivitas atau pengalamanmu sehari-hari.

3. Mendengarkan Musik

Ilustrasi | freepik.com

Cara mengatasi stres pada ibu rumah tangga berikutnya adalah dengan mendengarkan musik. Musik dapat mengubah suasana hati kita, seperti yang telah diketahui banyak orang. Susunlah beberapa daftar putar pada alat pemutar musik Anda yang dapat Anda dengarkan ketika sedang melakukan pekerjaan rumah tangga. Anda bisa mendengarkan musik di radio, MP3, maupun di gadget yang anda punya.

4. Libatkan Rutinitas Bersama Anak

Ilustrasi | freepik.com

Kita seringkali mampu mengerjakan segala pekerjaan rumah sendirian. Memasak, mengurus anak, membersihkan rumah, berbelanja, semuanya. Namun ada kalanya pekerjaan rumah juga dibantu oleh sang anak. Selain pekerjaan menjadi cepat selesai, melibatkan aktivitas bersama si anak akan melatih mereka tentang kedisplinan serta hubungan antara ibu dan anak menjadi semakin dekat. Buatlah anak menjadi bagian dari kegiatan Anda sehari – hari di rumah untuk membantu mengerjakan pekerjaan rumah, tentunya disesuaikan dengan usia mereka. Misalnya membereskan mainan, meletakkan mainan pada tempatnya, mencuci piring dan menyiram tanaman. Dengan begitu, anda sudah mengajarkan mereka akan sikap tanggung jawab, rapi dan taat dengan aturan.

5. Hilangkan Pikiran Negatif

Ilustrasi | freepik.com

Kita sebagai ibu rumah tangga terkadang berpikir bahwa mereka tidak cukup melakukan sesuatu yang berguna bagi dirinya sendiri dan orang lain. Pikiran negatif tersebut tidak akan membantu dalam usaha mengatasi stres dan justru membuatnya semakin buruk. Menghilangkan pikiran negatif memang bukanlah sesuatu yang mudah karena Anda harus mengekang pikiran tersebut terus menerus sebagai cara menghilangkan beban pikiran hingga Anda terbiasa untuk berpikiran positif.

Pikiran negatif terkadang berhubungan dengan cara Anda menjalani hidup dari hari ke hari. Berikut beberapa cara menghilangkan pikiran negatif yang bisa dipraktikkan agar hidup semakin penuh warna dan membantu Anda melihat hidup dari sisi terangnya. Ketahui pikiran negatif apa yang suka memenuhi kepala Anda, kemudian mengubahnya menjadi pikiran positif. Misalnya, ubah pikiran “Saya tidak pernah melakukan segala sesuatu dengan benar” menjadi “Kadang-kadang memang saya suka berbuat salah. Tapi saya janji akan berbuat yang lebih baik lagi nanti.”

 

Ada banyak hal yang bisa Anda syukuri dan masih bisa nikmati dalam hidup ini.

Bersedih memang sah-sah saja dan tidak dilarang. Tapi, jangan biarkan rasa sedih dan pikiran negatif bersarang lama-lama di kepala. Berikut ini adalah beberapa tips agar anda tidak berpikir negatif:

 

  • ‘Curhatlah’ dengan seseorang yang dekat dengan Anda. Hal tersebut dapat membantu Anda melihat sesuatu dari cara pandang yang berbeda.
  • Melakukan sesuatu yang membuat diri sendiri senang dan bahagia, misalnya jalan-jalan. Atau temukan sesuatu yang membuat Anda tertawa.
  • Konsumsi makanan sehat, tidur dengan nyenyak, dan rajin berolahraga.
  • Luangkan waktu dengan keluarga dan teman-teman, bergabung dengan komunitas, tim, atau klub yang Anda sukai, atau temukan hobi baru.
  • Mengenal diri sendiri dan mulai memperhatikan kehidupan dan situasi diri sendiri.
  • Mulai berpikir lebih positif, berkata-kata positif, dan berada di dekat orang-orang yang positif dan melakukan hal-hal positif.
  • Cobalah meditasi atau yoga untuk menenangkan fisik dan spiritual.
  • Sebelum memulai aktivitas rumah tangga, bacalah pesan-pesan positif dari suami, keluarga maupun teman dekat atau mendengarkan musik favorit Anda.

 

6. Jangan Memaksakan Diri

Ilustrasi | freepik.com

Jika Anda sudah merasakan bahwa ambang batas stres mendekat, jangan terus memaksa diri untuk melakukan hal – hal yang membuat Anda stres tersebut hanya agar kegiatan tersebut cepat selesai. Jauhi pemicunya untuk sementara dengan mengambil sedikit waktu untuk menenangkan diri. Lakukan sesuatu yang menyenangkan untuk menurunkan tingkat ketegangan dan mencegah stres memuncak, lalu kembalilah mengerjakan tugas Anda setelah perasaan menjadi tenang.

7. Mengikuti Komunitas

Ilustrasi | freepik.com

Salah satu hal yang bikin jenuh saat kita menjadi ibu rumah tangga adalah tidak bisa bertemu orang dewasa yang bisa diajak ngobrol dan berdiskusi kapanpun. Penelitian yang dilakukan di University of Washington mengungkapkan bahwa ibu yang tidak mendapat dukungan dari komunitas maka dia akan memiliki tingkat stres yang tinggi. Kalau itu yang menjadi masalah, carilah komunitas di sekitar tempat Anda tinggal. Ibu rumah tangga bisa mencari komunitas sesama ibu, komunitas ibu menyusui, parenting, dan lain sebagainya. Dengan mengikuti komunitas, akan membantu ibu rumah tangga bersosialisasi, dan memberi anda kesempatan untuk berbincang dan berbicara dengan orang lain seperti orang dewasa.

8. Membuka Bisnis Online

Ilustrasi | freepik.com

Meskipun pekerjaan rumah sangat banyak, namun tidak ada salahnya untuk istirahat sejenak dan mencoba untuk membuka bisnis online, yang bisa dikerjakan kapanpun dan dimanapun. Sama halnya dengan hobi, dengan membuka bisnis online ini, anda bisa mengisi waktu luang dengan penuh manfaat. Selain mudah, Modal yang dikeluarkan untuk berbisnis online pun juga kecil, bahkan ada yang tidak keluar modal sedikitpun. Misalnya anda bergabung menjadi Super Agen di aplikasi Super. Aplikasi ini bisa Anda download secara gratis di Google Play Store.

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan agar tidak stres meski menjalankan tugas rumah tangga. Semoga artikel ini bisa membantu ya!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *