Tips Mengolah Daging Sapi Agar Empuk dan Nikmat

Ingin tahu bagaimana agar daging sapi menjadi empuk? Simak ulasannya.

Seringkali ketika memasak daging sapi, tekstur daging malah alot dan mengganggu kenikmatan menyantap daging. Padahal kita sudah melakukan cara pengolahan daging yang benar, namun daging tetap saja alot dan memerlukan tenaga lebih untuk dikunyah.

Jika dipaksakan mengunyah daging yang alot, hal tersebut akan membuat gigi kita menjadi ngilu dan bahkan membuat gigi kita rusak. Tidak jarang juga karena hal tersebut banyak yang trauma memakan daging sapi karena alotnya daging walaupun telah diolah sedemikian rupa.

Sebenarnya ada beberapa tips untuk mengolah daging sapi agar empuk dan nikmat ketika disantap. Dan hal ini sangat mudah untuk dilakukan. Sedulur bisa mencobanya sendiri dan sekaligus untuk mengusir penat karena berdiam di rumah terus menerus efek dari pandemi virus corona. Memasak merupakan salah satu pilihan tepat untuk menghilangkan penat akibat pandemic Covid-19. Jika ada Sedulur yang berniat mengolah daging sapi dan mencari tahu bagaimana mengolah daging sapi agar empuk dan nikmat untuk disantap, yuk mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Cara Menemukan Ide Bisnis Melalui Media Sosial

Tips Mengolah Daging Sapi Agar Empuk

1. Menggunakan Buah Nanas dan Daun Pepaya

Buah nanas dan daun papaya merupakan bahan yang ampuh untuk membuat daging yang alot menjadi empuk. Hal tersebut dikarenakan kandungan dari buah nanas dan daun papaya yang dapat mendorong daging agar cepat empuk walaupun tanpa harus direbus lama.

Dengan menggunakan buah nanas, proses untuk membuat daging sapi menjadi empuk bisa dipercepat. Caranya sangat mudah sekali, dan bisa dilakukan oleh Sedulur Super di rumah. Sediakan satu buah nanas dan parut buah nanas hingga halus. Setelah halus, balurkan parutan buah nanas ke seluruh daging sapi yang akan Sedulur Super olah. Diamkan sebentar, sekitar 10 menit. Harap diingat, Sedulur jangan terlalu lama mendiamkan daging sapi yang telah dibaluri oleh parutan buah nanas tersebut. Karena akan membuat daging sapi menjadi hancur dan tidak bisa diolah. Tingkat keasaman buah nanas bisa secara cepat melembutkan tekstur daging sapi yang alot.

Selanjutnya dengan menggunakan daun pepaya. Pernahkah Sedulur berpikir kenapa para penjual sate bisa memiliki daging yang sangat empuk, padahal diolah hanya dengan dibakar sebentar saja? Rahasianya adalah daun papaya. Para penjual sate menyimpan daging sapi dengan diselimuti oleh daun pepaya sehari sebelum diolah. Hal ini yang membuat daging sapi pada sate bisa sangat empuk. Namun, hal tersebut membutuhkan waktu lama, sekitar satu hari sebelum kemudian diolah. Namun Sedulur Super bisa melakukannya lebih cepat dengan mencincang kasar dan meremas-remas daun papaya hingga mengeluarkan sari daunnya. Lalu balurkan ke daging sapi yang akan Sedulur Super olah, diamkan selama 10 menit, bersihkan daging sapi dari perasan daun pepaya. Daging sapi pun siap dimasak dan dijamin akan sangat empuk saat disantap.

2. Menggunakan Baking Soda

Baking soda sangat ampuh untuk membuat adonan kue kita mengembang sempurna. Ternyata, baking soda juga dapat digunakan untuk membuat daging sapi menjadi lebih empuk. Cara ini juga sering digunakan oleh para chef profesional. Jika menggunakan buah nanas dan daun pepaya berisiko untuk merusak cita rasa daging, dengan menggunakan baking soda cita rasa daging akan terjaga. Oleh karena itu banyak chef profesional menggunakan baking soda untuk membuat daging menjadi empuk.

Caranya sangat mudah dan hal ini juga bisa Sedulur Super lakukan di rumah. Selain harga baking soda terjangkau, Sedulur Super juga hanya tinggal menaburkan baking soda ke atas daging sapi yang akan Sedulur olah. Diamkan selama satu jam, bersihkan baking soda, lalu Sedulur rendam olahan daging di dalam air dingin selama 15 menit. Baking soda dapat bekerja untuk memecah kolagen yang ada pada daging dan hal tersebut yang menyebabkan tekstur daging menjadi lebih lunak.

3. Menggunakan Buah Jeruk, Cuka atau Wine

Jeruk, cuka dan wine memiliki kandungan asam tinggi yang dapat membuat daging memiliki tekstur yang empuk. Namun, karena wine mengandung alkohol, dan sebagian masyarakat Indonesia ada yang tidak meminum alkohol, Sedulur bisa mencobanya dengan buah jeruk atau cuka.

Tidak hanya buah jeruk yang bisa digunakan untuk membuat daging menjadi empuk. Sedulur juga bisa menggunakan buah lemon dan jeruk nipis untuk membuat daging menjadi empuk.  Caranya sangat mudah sekali, Sedulur tinggal membuat buah jeruk, lemon atau jeruk nipis menjadi jus. Lalu balurkan kepada daging yang akan Sedulur olah. Diamkan selama 10 menit, lalu bersihkan daging sapi. Selanjutnya Sedulur Super tinggal mengolah daging sapi menjadi sebuah hidangan yang Sedulur mau. Menggunakan jeruk, lemon dan jeruk nipis sebenarnya sama dengan menggunakan buah nanas untuk mengempukan daging. Perbedaannya ada di kandungan asam buah nanas dan jeruk, lemon dan jeruk nipis. Buah nanas memiliki kandungan asam yang lebih tinggi. Oleh karena itu buah nanas mampu membuat daging sapi dari yang bertekstur alot menjadi hancur jika terlalu lama didiamkan.

Cara membuat daging sapi agar empuk dan nikmat menggunakan cuka dan wine adalah dengan merendam daging dengan menggunakan dua bahan tersebut. Diamkan selama 15 menit, dalam bersihkan daging sapi sebelum diolah. Selain empuk, daging sapi juga akan memiliki cita rasa yang unik dari cuka atau wine saat proses perendaman.

4. Menggunakan Kopi

Sedulur juga bisa menggunakan kopi untuk membuat daging sapi menjadi empuk saat diolah. Caranya pun sangat mudah, Sedulur tinggal menyeduh kopi lalu tiriskan kopi terlebih dahulu. Setelah itu, Sedulur tinggal rendamkan kopi kepada olahan daging selama 24 jam. Prosesnya memang menunggu waktu yang agak lama jika dibanding dengan bahan sebelumnya.

Namun, selain empuk dengan menggunakan kopi daging sapi pun akan memiliki cita rasa yang unik. Bagi Sedulur yang sangat menyukai kopi, Sedulur wajib menggunakan cara ini.

Baca Juga: Daftar Sembako Paling Dicari

5. Memukul Daging Sapi

Tips ini paling sederhana dan mudah dilakukan untuk mengolah daging sapi agar empuk. Sedulur Super hanya perlu memukul-mukul daging sapi hingga pipih dan memiliki tekstur empuk. Namun, hal ini akan mengubah bentuk daging sapi menjadi tipis.

Cara ini juga sudah sangat lama dan juga sebagai cara tradisional dalam mengolah sapi. Banyak olahan daging sapi dari masakan tradisional dengan memukul daging terlebih dahulu sebelum diolah.

Sedulur juga harus hati-hati dalam memilih dan membeli daging sapi. Banyak sekali penipuan yang belakangan ini terjadi, di antaranya adalah kasus yang menjual daging sapi namun ternyata menggunakan daging celeng. Sedulur diharapkan hati-hati dan teliti saat memilih daging sapi. Namun jika Sedulur tidak yakin, Sedulur bisa membeli daging sapi di Aplikasi Super. Segala jenis barang dan sembako yang dijual di Aplikasi Super terjamin kualitasnya, ditambah harga di Aplikasi Super sangat murah yang membuat Sedulur Super bisa untung melimpah.

Makanya, Sedulur Super harus download Aplikasi Super dan klik di sini bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super. Belanja di Aplikasi Super mulai dari sekarang, dan rasakan langsung manfaat dan untung melimpah dari Aplikasi Super.