Selalu Sedia 11 Bahan Masakan ini di Dapurmu!

Lifestyle

Memasak adalah salah satu pekerjaan yang tiap saat dilakukan oleh Ibu Super. Sebelum memasak, Ibu Super perlu menyiapkan bahan-bahan di dapur agar memudahkan Ibu dalam memasak berbagai masakan untuk keluarga. Nah, Ibu Super perlu tahu nih, bahan apa saja yang kira-kira sebaiknya ada di dapur. Simak postingan di bawah ini ya!

1. Bawang

Foto | freepik.com

Baik bawang merah maupun bawang putih harus siap sedia di dapur. Karena kedua bawang ini merupakan bumbu dasar untuk berbagai masakan seperti sup, sayuran dan gorengan. Simpan bawang di tempat yang kering dan aman. Bila ingin disimpan pada lemari es, pastikan bawang tersimpan rapat dalam plastik atau toples kaca.

2. Cabai

Foto | freepik.com

Seperti diketahui jika masyarakat Indonesia kebanyakan menyukai rasa masakan pedas dan untuk itulah maka bumbu dapur ini menjadi penting untuk selalu ada disimpan dirumah anda. Akan tetapi jika anda tidak memiliki lemari penyimpanan yang aman seperti lemari es sebaiknya jangan terlalu banyak membuat stok cabai dirumah. Selain membuat masakan memiliki rasa pedas yang pastinya akan menambah selera makan, cabai juga mampu membuat aroma dari masakan lebih sedap. Cabai biasanya diolah dengan cara diiris ataupun dihaluskan.

3. Merica

Foto | freepik.com

Merica merupakan salah satu bumbu dapur yang juga harus anda miliki karena merica mampu memberikan rasa sedikit pedas atau panas pada masakan. Merica terdiri atas 2 jenis yaitu merica putih dan merica hitam yang memiliki warna serta rasa berbeda dimana rasa maksimal dari merica putih diperoleh saat belum matang sementara untuk merica hitam pada saat sudah matang. Nah, untuk membuat merica anda tahan lebih lama ada baiknya jika disimpan dalam sebuah wadah yang memiliki pori diujungnya. Merica biasanya digunakan untuk membuat sup dan beberapa menu makanan barat.

4. Garam

Foto | freepik.com

Garam harus selalu ada di dapur, karena masakan apapun pasti membutuhkan garam. Seperti kata-kata orang “Masakan terasa hambar tanpa garam”. Setuju, kan? Bahkan untuk membuat roti sekalipun, garam memegang kunci penting untuk mempercepat proses peragian. Merica juga menolong makanan agar lebih terasa nikmat di lidah.

5. Telur

Foto | www.go-dok.com

Tidak ada sajian makanan yang mudah dan memuaskan perut daripada telur dadar. Tapi telur juga bisa dimasak dengan seribu cara. Jangan lupa cek tanggal pembelian sehingga tahu kapan kadaluarsanya. Simpan telur dalam kartonnya di kulkas untuk ketahanan yang lebih lama.

6. Gula

Foto | freepik.com

Baik bawang merah maupun bawang putih harus siap sedia di dapur. Karena kedua bawang ini merupakan bumbu dasar untuk berbagai masakan seperti sup, sayuran dan gorengan. Simpan bawang di tempat yang kering dan aman. Bila ingin disimpan pada lemari es, pastikan bawang tersimpan rapat dalam plastik atau toples kaca.

7. Tomat

Foto | freepik.com

Tomat juga harus ada di dapur Anda. Tomat juga dikenal luas karena kandungan antioksidannya yang luar biasa. Manfaat kesehatan dari tomat termasuk meningkatkan penglihatan, kesehatan perut yang baik serta mengurangi tekanan darah. Ini juga memberi kelegaan dari diabetes, masalah kulit dan infeksi saluran kemih. Secara keseluruhan itu memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda.

8. Jahe

Foto | freepik.com

Beberapa orang sering membedakan jahe dan lengkuas karena memiliki bentuk yang mirip padahal sebenarnya bumbu dapur ini cukup berbeda karena lengkuas memiliki warna yang lebih terang dibandingkan dengan jahe. Bumbu dapur ini tidak hanya sering dicampurkan kedalam olahan masakan tapi juga beberapa macam minuman seperti teh jahe, gula jahe, dan masih banyak lagi bahkan juga jahe mampu menghilangkan bau amis pada ikan. Jahe sendiri terbagi atas beberapa jenis yaitu jahe kuning, jahe merah, dan jahe gajah dengan rasa pedas yang berbeda dengan rasa pedas cabai sebab rasa pedas jahe mampu membuat tubuh menjadi hangat. Beberapa masakan yang menggunakan jahe diantaranya adalah sup dan lain — lainnya. Jahe biasanya diolah dengan cara dihaluskan atau diiris.

9. Kunyit

Foto | organico.ie

Kunyit merupakan bumbu dapur yang selalu digunakan untuk memberikan warna kuning alami pada masakan sehingga tampilannya menjadi tampak lebih menarik. Selain itu, kunyit juga sering dicampurkan kedalam berbagai bahan kecantikan seperti jamu karena dipercaya kandungan senyawa kimia dalam jahe memiliki manfaat untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan tampak cantik. Bagi anda yang memiliki masalah dengan pernafasan atau rasa gatal hebat dapat menggunakan kunyit untuk mengobatinya.

10. Jeruk Nipis

Foto | freepik.com

Selanjutnya yang harus ada yaitu jeruk nipis. Jangan sampai Anda lupa menyiapkan bahan ini di dapur, karena jeruk nipis bermanfaat untuk menambah rasa. Dengan adanya jeruk nipis, apapun masakan yang Anda buat dapat lebih nikmat. Jeruk nipis juga sering dijadikan sebagai bumbu dapur untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan daging-dagingan, selain itu rasa segar dari jeruk nipis membuatnya juga sering dicampurkan kedalam olahan sambal untuk membuat rasa sambal menjadi lebih segar. Di dalam jeruk nipis sendiri terkandung vitamin C, senyawa citrus, dan asam alfa hidroksi yang baik sehingga dapat meningkatkan imun tubuh, menyembuhkan batuk, serta menjaga kesehatan kulit.

11. Minyak goreng

Foto | freepik.com

Tentu saja minyak juga harus selalu tersedia di dapur. Minyak goreng digunakan agar bahan makanan tidak lengket di wajan.

 

Nah itulah beberapa bahan yang sebaiknya ada di dapur Anda. Apakah Ibu Super sudah mempersiapkan bahan-bahan di atas? Jika belum, segera persiapkan ya, Ibu Super! Anda juga bisa membeli bahan-bahan di atas di Aplikasi Super.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *