Tips untuk Sedulur Super: Cara Memilih Beras Berkualitas

Banyak penjual beras yang mencampur beras dengan bahan kimia agar terlihat baik dan berkualitas.

Sedulur Super sekalian diharapkan berhati-hati saat membeli beras, karena tidak sedikit penjual beras yang melakukan hal licik dengan mencampur beras dengan bahan kimia. Tujuannya agar beras terlihat berwarna putih bersih, beraroma wangi, dan dapat menyakinkan Sedulur semua bahwa beras tersebut merupakan beras super.

Ada beberapa tips yang wajib Sedulur lakukan saat membeli beras, agar tidak tertipu saat membeli beras. Tidak sedikit masyarakat yang menjadi korban kelakuan licik oknum penjual beras yang memilih jalan salah untuk mendapatkan untung. Seperti apa tipsnya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Kabar Sedulur di Tengah Pandemi

Tips Memilih Beras Berkualitas Tinggi

1. Perhatikan Warna Beras

Tips pertama yang harus Sedulur Super perhatikan saat memilih beras yang berkualitas adalah memperhatikan warna pada beras. Mengingat saat ini sudah banyak beras yang dicampur dengan berbagai macam pemutih yang terbuat dari bahan kimia. Maka memperhatikan warna beras sangat penting agar Sedulur Super benar-benar mendapatkan beras yang menyehatkan. Beras yang berkualitas tinggi bukan lah beras yang memiliki warna sangat putih. Beras super berkualitas tinggi adalah beras yang memiliki warna putih cenderung bening dan memiliki sentuhan warna agak kuning.

Warna beras merupakan salah satu faktor yang menunjukan beras tersebut adalah beras super dengan kualitas tinggi atau tidak. Sedulur Super jangan terlena hanya dengan warna beras saja. Ketika beras yang akan Sedulur beli memiliki warna sangat putih, Sedulur harus mencurugai dan teliti cek warna beras secara baik. Karena tidak ada beras yang benar-benar putih, bisa jadi beras tersebut telah dicampur dengan pemutih yang terbuat dari bahan kimia.

Baca Juga: Potensi Bisnis yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

2. Cium Aroma Beras

Setelah Sedulur memastikan warna dari beras yang akan Sedulur beli, jangan lupa juga mencium aroma beras. Jika Sedulur telah curiga dengan aroma beras yang sangat putih, Sedulur harus cek aroma dari beras tersebut. Karena tidak sedikit juga beras yang telah dicampur dengan pewangi buatan.

Beras yang mengandung pewangi buatan umumnya memiliki aroma yang sangat menyengat, Sedulur juga akan menyadari bahwa aroma beras tersebut sangat tidak natural. Jika Sedulur menemukan beras yang memiliki aroma bau apek atau bau yang sangat lama, hindari membeli beras yang memilik aroma tersebut. Biasanya beras tersebut telah berusia sangat lama. Aroma beras super biasanya sangat wangi khas beras dan natural. Pilih beras yang memiliki orama seperti ini, karena beras tersebut dijamin memilki kualitas yang sangat baik.

3. Perhatikan Tekstur Beras

Cara memilih beras yang baik berikutnya adalah dengan memperhatikan tekstur dari beras tersebut. Dari tekstur beras, Sedulur bisa melihat apakah beras tersebut tepat atau tidak untuk dikonsumsi. Beras yang berkualitas memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah patah saat ditekan.  Sebaliknya, beras yang ketika ditekan mudah sekali hancur, itu menunjukkan bahwa beras tersebut sudah tidak layak konsumsi. Oleh karena itu, pilihlah beras yang kuat dan kokoh dengan cara menekan sampel dari beras yang ada.

Perhatikan bentuk beras juga, beras super yang memiliki aroma wangi dan rasa yang lezat biasanya memiliki bentuk yang agak bulat, tidak runcing sebagaimana beras biasa pada umumnya. Beras super dengan kualitas tinggi justru memiliki bentuk yang bulat. Namun, bukan berarti beras yang berbentuk loncong dan runcing tidak memiliki rasa yang lezat, beras biasa pun tetap nikmat dan layak konsumsi.

4. Pilih Beras yang Tidak Menempel Saat Diremas

Tips lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan agar Sedulur Super mendapatkan beras yang sehat dan berkualitas tinggi adalah dengan memastikan bahwa berasnya tidak menempel ketika diremas. Beras yang menempel di tangan saat diremas menunjukkan bahwa beras tersebut memiliki kandungan pelicin. Kandungan pelicin yang terdapat di dalam produk beras harus dihindari semaksimal mungkin oleh Sedulur Super sekalian. Hal ini disebabkan karena kandungan tersebut tidak baik untuk kesehatan dan dapat menimbulkan masalah pada tubuh seseorang.

Biasanya beras yang telah dicampuh oleh bahan kimia, baik itu pewangi buatan, pemutih atau pelican, akan menimbulkan efek menempel saat diremas. Tujuannya dicampur bahan kimia pada beras untuk menarik pembeli dan mengelabui pembeli. Saat dimasak menjadi nasi pun, beras yang telah dicampur bahan kimia memiliki rasa yang tidak natural sebagaimana beras pada umumnya. Belum lagi risiko buruk yang akan diderita tubuh jika mengonsumsi beras yang memiliki kandungan bahan kimia.

5. Pastikan Beras Tidak Terdapat Kutu

Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, Sedulur Super juga harus memastikan bahwa beras yang dibeli tidak terdapat kutu di dalamnya. Umumnya, beras yang terdapat kutu menandakan bahwa beras tersebut sudah berumur lama. Dan beras yang usianya sudah lama, tentu saja tidak bersih dan kurang baik untuk kesehatan.

Akan tetapi, beras yang berkutu sebenarnya juga ada sisi positifnya. Karena ia tidak terdapat bahan atau zat kimia. Ada kalanya juga jenis beras yang baru berkutu karena terkontaminasi oleh beras yang lama. Jika memang Sedulur tidak bisa menghindari kutu yang terdapat dalam beras, harap hati-hati dan sangat cermat ketika memasak nasi. Pastikan kutu beras benar-benar hilang saat hendak dimasak menjadi nasi.

6. Beli Beras di Toko Terpercaya

Selain memastikan beras tidak berkutu, cara mengetahui beras berkualitas berikutnya adalah dengan membeli beras di toko yang terpercaya. Hal ini sangat penting dilakukan agar berasnya benar-benar terjamin. Karena membeli beras di toko yang sembarangan bisa menimbulkan dampak yang tidak baik. Oleh karena itu, pilihlah toko yang benar-benar memberikan produk beras aman dan menyehatkan. Dan yang terpenting adalah usahakan berasnya masih dalam kondisi baru. Karena jika Sedulur Super berbelanja beras di toko kelontong terpercaya, Sedulur pun sudah mengetahui integritas penjual dalam menjalankan bisnisnya.

Atau jika Sedulur Super masih ragu dan tidak memiliki toko kelontong kepercayaan, Sedulur tidak perlu khawatir. Sedulur bisa belanja beras super dengan kualitas tinggi di Aplikasi Super. Aplikasi Super memungkinkan Sedulur untuk kulak sembako dalam jumlah besar, termasuk kulak beras. Dan Aplikasi Super memastikan bahwa setiap sembako yang dijual memiliki kualitas tinggi yang sangat terjamin. Selain itu, banyak keuntungan lainnya yang bisa Sedulur dapat dengan bertransaksi melalui Aplikasi Super. Aplikasi Super menjaring berbagai pengusaha dibidang sembako dengan standar kualitas tinggi yang ditetapkan. Apapun sembako yang ada di Aplikasi Super sudah dijamin memiliki kualitas yang tinggi, termasuk juga beras super.

Bagi Sedulur yang belum memiliki atau download Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk merasakan secara langsung untung super melimpah dari Aplikasi Super. Dan membuktikan bahwa keuntungan yang diberikan Aplikasi Super adalah nyata, bukan sekadar wacana belaka.