7 Tips Pintar Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

Inspirasi Menabung Ibu Rumah Tangga agar Bisa Menabung Tiap Hari di Rumah

Lagi memikirkan tips menabung untuk masa depan? Jadi ibu rumah tangga itu nggak bisa dianggap remeh. Selain mengurus rumah, ibu rumah tangga juga setidaknya perlu menguasai cara mengatur keuangan keluarga supaya kebutuhan mereka tiap hari bisa tercapai.

Apalagi kalau udah punya anak, pengeluaran bisa jadi lebih besar lagi. Kalau udah seperti ini, rasanya sulit banget untuk menyiasati agar semua kebutuhan bisa terpenuhi, apalagi untuk sekedar menabung. Karena itu, berikut ada beberapa tips menabung untuk ibu rumah tangga.

Inspirasi Pintar Menabung untuk Ibu Rumah Tangga agar Bisa Menabung Tiap Hari

Kalau mau berusaha dan belajar untuk menyiasati keadaan, ibu rumah tangga pun bisa jadi penyelamat keuangan dengan menabung untuk masa depan keluarga. Yuk kita cek beberapa tips menabung yang bisa diterapkan ibu rumah tangga, dan juga tips untuk menyisihkan uang belanja dari suami.

1. Buat anggaran dan catatan keuangan.

Anggaran dan catatan keuangan adalah tips penting untuk menabung bagi ibu rumah tangga yang harus menjadi dasar bagi perencanaan tabungan keluarga. Tenang, ini bukan hal yang sulit kok, karena dasarnya membuat catatan ini juga mirip ketika membuat catatan perjalanan. 

Ketahui dahulu tujuan dari perencanaan anggaran dan keuangan ini. Hal ini untuk membantumu dalam upaya mencapai tujuan tersebut. 

Setelah itu, catat apa saja pengeluaran yang kalian perlukan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari selama sebulan. Kemudian cari pengeluaran mana yang sebenarnya nggak penting, Beberapa pengeluaran yang nggak penting dan bisa dihemat, antara lain seperti:

a. Biaya berlangganan koran. 

Akan lebih efektif dan cepat membaca berita menggunakan smartphone. Beritanya juga akan lebih update dan bervariasi, daripada hanya membaca lewat koran.

b. Biaya berlangganan TV kabel.

Sebagai alternatif pengganti, kamu bisa nonton video-video keren dari YouTube, HOOQ, VIU atau pun layanan streaming online lainnya.

C. Biaya beli air mineral

Hilangkan pengeluaran-pengeluaran untuk membeli air mineral dengan cara bawa botol air dari rumah sendiri. Bisa juga dengan isi ulang di tempat kerja. 

Walaupun harga botol air mineral hanya sekitar Rp 5,000, tapi kalau ini dilakukan tiap hari selama sebulan, maka pengeluaran efektifnya bisa mencapai Rp 100 ribu per bulan untuk satu orang anggota keluarga.

Setelah mengetahui berapa kira-kira pengeluaran bulanan kita, barulah kita mulai merencanakan berapa alokasi belanja rumah tangga kita. Mulailah dengan mengetahui jumlah penghasilan suami, lalu sisihkan dan susun anggaran belanja per bulan. 

Apabila kamu juga dapat uang belanja dari suami, kamu bisa menyisihkan sebagian. Salah satu cara menyisihkan uang belanja dari suami adalah dengan memasukkannya dalam alokasi belanja kebutuhan sehari-hari dengan aturan aturan 50:20:30.

2. Urusan dapur juga perlu untuk dipikirkan.

Urusan dapur adalah hal paling mendasar dalam rumah tangga, termasuk dalam pengelolaan keuangan. Karena itu, tips untuk menabung ibu rumah berikutnya adalah, mengelola kebutuhan dapur sebijak mungkin. Dengan demikian, kamu pun bisa menekan pengeluaran dan menabung.

Makanan, walaupun sepele, tapi bisa jadi sangat memberatkan. Sebaiknya kamu mulai mencari strategi dan cara menyisihkan uang belanja dari suami supaya kamu bisa lebih hemat. Siapkan menu makanan dan berbelanjalah setiap minggu. Jadi kamu udah memikirkan menu untuk satu minggu ke depan.Simpan dengan baik agar awet.

Dengan memasak sendiri, kamu dan keluarga nggak perlu lagi makan di luar rumah atau restoran. Kamu pun bisa lebih menghemat pengeluaran dengan menyiapkan bekal makan siang untuk suami atau anak-anak. Belajarlah membuat camilan yang lezat, supaya kamu nggak perlu sering-sering beli jajanan ringan.

3. Membayar beberapa pengeluaran setiap minggunya.

Kalau biasanya kamu membeli bensin, listrik atau pengeluaran lain sesuai pemakaian, ubahlah konsep tersebut dengan hanya membeli setiap minggunya. Hal ini dilakukan supaya kamu bisa mencegah total pengeluaran yang terlalu banyak dan nggak terduga di akhir bulan.

Contoh:

Kita tentukan budget untuk pembelian bensin motor adalah Rp 40 ribu selama seminggu. Maka dari itu, selama seminggu kamu harus menjaga agar pengeluaran bensinmu tidak melebihi nominal tersebut. 

Apabila pemakaian bensinnya diperkirakan nggak cukup hingga akhir minggu, itu tandanya kita perlu mulai mengurangi pemakaian motor kita.

Dengan tips menabung untuk ibu rumah tangga ini, kamu pun bisa mengetahui jumlah pemakaianmu selama seminggu, sehingga kamu bisa lebih berhemat di minggu selanjutnya.

4. Tabungan tidak hanyak cukup satu.

Percaya atau nggak, punya dua rekening tabungan adalah salah satu tips menabung untuk ibu rumah tangga yang ampuh banget. Tabungan itu bukan berarti harus punya dua rekening tabungan, tapi kamu bisa gunakan celengan sederhana. 

Kalau kamu punya beberapa tabungan, kamu akan merasakan kalau punya dua tabungan ini justru nggak memberatkan beban tabungan kamu. Misal ketika ada kebutuhan mendadak, kamu bisa mengambilnya dari tabunganmu yang lain agar nggak cepat habis.

Karena itu mulai sekarang, biasakan untuk punya beberapa tabungan, dan rajinlah untuk mengisi pos-pos tabungan itu.

Ada beberapa tips agar bisa menabung setiap hari di rumah:

a. Menabung Rp 20,000

Tips menabung untuk ibu rumah tangga ini adalah cara menabung yang unik dan efektif, yaitu dengan menyiapkan sebuah celengan dan menabung tiap uang Rp 20,000 yang kamu punya. Jadi, tiap kamu dapat uang Rp 20,000, entah itu dari uang kembalian ataupun hasil penjualan, maka uang itu harus kamu masukin ke dalam celengan.

Misalkan dalam sehari kamu dapat uang Rp 20,000 sebanyak 2 lembar, maka dalam seminggu, berarti kamu udah bisa ngumpulin uang sebanyak Rp 280,000. Nah, kalau ini terus berlanjut sampai 30 hari ke depan, berarti kamu udah bisa ngumpulin uang sebanyak Rp 1,120 juta!

b. Menabung uang receh

Jangan pernah meremehkan uang receh. Kalau tiap kali kamu mengumpulkan uang receh yang kamu temukan setiap hari, lama-lama uang receh ini bisa terkumpul menjadi sangat banyak. 

Pernah dengar cerita tentang orang yang beli motor sport dengan uang receh? Mereka menggunakan salah satu tips agar bisa menabung setiap hari di rumah ini. Mereka mengumpulkan uang receh yang kadang nggak mau diterima orang, hingga akhirnya mereka bisa membeli motor.

c. Menabung uang kertas terkecil

Tips agar bisa menabung setiap hari di rumah berikutnya adalah dengan selalu mengecek dompet kamu. Sisihkan uang kertas dengan nominal terkecil yang ada di dompet kamu, lalu masukin ke dalam tabunganmu. 

Untuk waktu pengecekan, kamu bisa tentukan sendiri kapan kamu akan menyisihkan uang itu. Misal, saat sebelum tidur atau saat baru pulang ke rumah. Misal nominal terkecil yang kamu temukan adalah Rp 10,000, maka simpan uang tersebut ke tabungan.

Cara ini juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menyisihan uang belanja dari suami, agar uang tersebut nggak terbuang dengan sia-sia.

d. Strategi 31 amplop

Strategi 31 amplop adalah insipirasi menabung ibu rumah tangga yang bisa kamu tiru. Cara ini udah sering dilakukan sejak zaman dahulu kala. Caranya juga gampang banget. Siapkan amplip sesuai kebutuhan rumah tangga. Jumlahnya juga nggak harus 31, tergantung dari kondisi keuangan rumah tangga kalian. 

Masukin uang ke dalam amplop tersebut, masing-masing jumlahnya sesuai dengan pengeluaran rumah tangga kalian, misal untuk SPP anak, biaya internet, listrik, ataupun belanja bulanan. Masukin juga sejumlah uang untuk dana tabungan ke dalam satu amplop.

Dengan cara ini, kamu nggak bakalan mengeluarkan uang lebih dari yang udah kamu anggarkan, sehingga kamu lebih efisien untuk menghemat pengeluaran. Apabila di akhir bulan masih ada sisa di masing-masing amplop, kamu bisa masukin semuanya ke dalam tabungan.

Tips agar bisa menabung setiap hari di rumah

Cara praktis menabung tiap hari di rumah

5. Bayar Tagihan Bulanan Tepat Waktu

Salah satu tips menabung untuk ibu rumah tangga adalah dengan cara menghindari denda keterlambatan tagihan bulanan. Kamu perlu membayar tagihan tepat waktu untuk menghindari denda keterlambatan berupa presentase dari jumlah tagihan.

Walaupun kayaknya kecil, tapi kalau ini terus terjadi dan diakumulasikan, jumlahnya bakal banyak dan ini bisa mengikis tabunganmu.

Berikut cara yang dapat kamu lakukan supaya bisa membayar tagihan tepat waktu:

a. Pakai fasilitas autodebet

Saat ini udah banyak bank yang punya fasilitas autodebet. Fasilitas autodebet ini berguna banget untuk membayar tagihan, tanpa harus lupa membayar kewajiban kita karena jadwal yang padat.

b. Pakai pembayaran otomatis dari kartu kredit

Nggak cuma kartu debit, udah banyak bank yang udah menyiapkan fasilitas pembayaran

otomatis dari kartu kredit. Jadi pihak yang menagih bakal menambahkan langsung tagihan

atau pemakaian kartu kredit sesuai dengan jumlah yang ditagihkan. 

Tapi ingat, jangan sampai kamu lupa bayar tagihan kartu kreditnya, ya.

6. Bayar Lunas Tagihan Kartu Kredit

Sewaktu akan membayar tagihan kartu kredit, kamu bisa memilih untuk membayar minimum atau membayar sesuai jumlah tagihan. Namun sebaiknya kamu membayar sesuai jumlah tagihan supaya sisa tagihan nggak terkena bunga pinjaman yang bisa memberatkan beban tagihan.

7. Menghasilkan uang tambahan tanpa kerja kantoran

Kamu bisa memulai bisnis kecil-kecilan di rumah ketika kamu udah nggak bekerja kantoran, atau pun ketika memutuskan menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya. Kamu bisa lakukan bisnis online, seperti menjual produk-produk lewat marketplace ataupun website, atau dengan menjadi penulis lepas di sebuah media.

Kalau mau berbisnis offline, kamu bisa mulai membuka kursus untuk anak-anak sekolah, bisnis jualan kue-kue kering, membuka jasa laundry, atau pun menjual sembako kepada tentang sekitar dan warung-warung sembako dengan harga grosir. Kamu bisa gunakan aplikasi Super untuk mendapatkan harga yang sangat menarik dan gratis ongkir.

Hasil dari keuntungan bisnis kamu ini bisa menambah pemasukan kamu tiap bulannya. Walaupun hasilnya nggak seberapa, tapi seiring dengan waktu, bisnis kamu pun bisa jadi besar kalau bisa ditekuni dengan serius.

Itulah 7 tips pintar menabung untuk ibu rumah tangga. Semoga dengan inspirasi menabung ibu rumah tangga ini, kamu bisa menyisihkan uang belanja dari semua untuk mempersiapkan tabungan keluarga.