Tips Mengatasi Stress di Tengah Pandemi

Tenang. Stress itu bisa diatasi, kok!

Pada situasi pandemi corona seperti ini, membuat sebagian masyarakat di Indonesia mengikuti anjuran pemerintah untuk melakukan PSBB. Memang tidak mudah menghadapi masa-masa seperti ini. Rasa bosan dan stress di rumah saja tentu menyelimuti mereka. Hal itulah lantas membuat sebagian masyarakat ‘ngeyel’ untuk pergi keluar rumah, bahkan ada yang nekat untuk mudik. Beraktivitas di rumah saja memang membuat stress, apalagi tidak ada hiburan seperti saat berada di luar rumah. Meski begitu, ada banyak hal yang mengatasi stress itu sendiri. Apa sajakah itu? Yuk Sedulur, simak tipsnya di bawah! 

1. Menekuni Hobi

photo by freepik

Tips pertama yang bisa Sedulur lakukan agar tidak stress saat pandemi corona adalah menekuni hobi. Mungkin terkesan remeh, namun dengan menekuni hobi akan mengalihkan pikiran Sedulur dari berita-berita mengenai pandemi corona, sehingga pikiran Sedulur akan jauh lebih tenang dan stress jadi berkurang. Meluangkan waktu untuk menekuni hobi adalah hal yang perlu dilakukan oleh Sedulur. Selain untuk mengatasi stress, menekuni hobi bertujuan agar bakat yang telah Sedulur punya tidak hilang begitu saja. Temukanlah kegiatan apapun yang dapat membantu Sedulur untuk menenangkan mental, mengatasi stres serta memberikan Sedulur suasana yang berbeda ketika berada di rumah. Misalnya hobi Sedulur adalah nyemil makanan, Sedulur bisa memanfaatkannya untuk mulai berjualan online di media sosial maupun market place. Sedulur pun bisa memanfaatkan Aplikasi Super untuk kulak barang.

2. Mendengarkan Musik

photo by freepik

Tips kedua yang bisa Sedulur lakukan untuk mengatasi stress saat pandemi adalah mendengarkan musik. Tahukah Sedulur? Musik dapat mengubah suasana hati kita, lho. Susunlah beberapa daftar putar pada gadget atau smartphone milik Sedulur, yang bisa Sedulur dengarkan saat sedang merasa stress dan bosan di rumah. Sedulur bisa mendengarkan musik di radio, MP3, maupun di gadget yang anda punya.

3.  Berkumpul Bersama Keluarga

photo by freepik

Tips ketiga yang bisa Sedulur lakukan untuk mengatasi stress saat pandemi adalah berkumpul bersama keluarga di rumah. Cara ini juga efektif mengatasi rasa bosan yang dialami oleh Sedulur, lho. Sedulur bisa quality time bersama keluarga seperti memasak, berkebun, membersihkan rumah bersama-sama dan mengerjakan pekerjaan domestik lainnya. Pasti semua akan terasa menyenangkan. Dengan begitu, Sedulur tidak lagi merasakan bosan dan stress pun jadi berkurang. Selain itu, dengan berkumpul bersama keluarga akan jadi semakin rukun dan harmonis. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini ya, Sedulur! 

4. Hilangkan Pikiran Negatif

photo by freepik

Tips keempat yang bisa Sedulur lakukan untuk mengatasi stress saat pandemi adalah menghilangkan pikiran negatif. Meski terkesan remeh, ternyata pikiran negatif inilah memicu terjadinya stress pada Sedulur. Memang di masa-masa seperti ini seringkali membuat Sedulur khawatir. Banyak berita mengenai situasi pandemi yang kadang membuat Sedulur sering berpikiran negatif. Jika terus dibiarkan, stress yang dialami Sedulur akan semakin bertambah parah. Untuk itu, yang perlu Sedulur lakukan adalah menghilangkan pikiran negatif.

Ada berbagai cara untuk menghilangkan pikiran negatif. Cara pertama yaitu dengan mengubah mindset. Misalnya, “Kenapa situasi ini terjadi?” diganti dengan “Aku yakin, situasi seperti akan segera berakhir”. Mengubah mindset dan pikiran negatif sangat penting untuk Sedulur lakukan, agar Sedulur tidak lagi merasa cemas, khawatir bahkan stress dengan keadaan yang sedang terjadi. Khawatir memang boleh saja, asal jangan terlalu berlebihan ya, Sedulur!

Cara kedua untuk menghilangkan pikiran negatif yaitu dengan melakukan meditasi. Meditasi merupakan teknik relaksasi untuk melepaskan segala pikiran negatif. Tahukah Sedulur? Meditasi juga salah satu cara untuk mengatasi kecemasan, lho. Jadi, tidak ada salahnya jika Sedulur melakukan cara ini. Jika ingin melakukan meditasi, ada baiknya Sedulur lakukan pada malam hari, saat lainnya tertidur. Hal ini bertujuan agar membuat Sedulur semakin fokus karena tidak bising. Tertarik mencoba meditasi?

5. Jangan Memaksakan Diri

photo by freepik

Tips lainnya yang tidak kalah penting untuk mengatasi stress di tengah pandemi yaitu jangan memaksakan diri. Memaksakan diri melihat atau membaca berita tentang pandemi, misalnya. Memang tidak salahnya untuk membaca berita tentang hal tersebut. Namun ada baiknya Sedulur tidak membacanya terlalu sering. Lakukan kegiatan lain selain menonton berita. Sedulur juga bisa menggantinya dengan menonton film atau serial drama di TV. Membatasi diri dengan berita yang mengganggu pikiran sah saja dilakukan, bukan?

6. Bertemu Virtual dengan Para Sahabat

photo by freepik

Salah satu hal yang membuat jenuh saat berada di rumah di masa pandemi adalah tidak bisa bertemu teman atau keluarga yang bisa diajak ngobrol dan berdiskusi kapan pun. Tahukah Sedulur? Penelitian yang dilakukan di University of Washington mengungkapkan bahwa seseorang yang tidak bertemu dengan kerabat dan orang-orang yang ada di sekitarnya, maka ia akan cenderung memiliki tingkat stres yang tinggi. Nah, untuk itu, hubungilah sahabat maupun kerabat yang Sedulur cintai. Meski tidak bertatap muka secara langsung, Sedulur bisa bertatap muka secara virtual melalui video call. Dengan begitu, Sedulur tidak lagi merasakan bosan saat berada di rumah saja karena Sedulur menikmati waktu bersama orang-orang tercinta. Jadi, sudahkah Sedulur bertatap muka secara virtual dengan mereka? 

7.  Membuka Bisnis Online

photo by freepik

Tips terakhir yang bisa Sedulur lakukan untuk mengatasi stress yaitu membuka bisnis online. Bagaimana tidak? Situasi seperti ini sangat menyulitkan sebagian orang untuk pergi keluar rumah untuk berbelanja. Kini, kesempatan emas bagi Sedulur untuk membuka bisnis online. Selain bermanfaat untuk mengurangi stress, berbisnis online di tengah situasi seperti ini akan memudahkan Sedulur memperoleh penghasilan tambahan di rumah. Sama halnya dengan hobi, dengan membuka bisnis online ini,  bisa mengisi waktu luang dengan penuh manfaat. 

Nah, itulah beberapa tips mengatasi stress saat pandemi corona. Membuka bisnis memang merupakan salah satu mengatasi stress, jadi tidak ada salahnya jika Sedulur mulai mencoba untuk berbisnis. 

Sedulur ingin kulak barang dengan mudah dan dapat harga murah? Sudah coba Aplikasi Super belum? Jika belum, ayo segera coba aplikasinya sekarang! Sedulur bisa download Aplikasi Super melalui Playstore atau klik di sini