Tipe-Tipe Pembeli yang Wajib Sedulur Super Ketahui

Sedulur super wajib kenali tipe-tipe pembeli agar bisnis Sedulur tepat sasaran.

Kadang jika kita berbisnis dan sudah yakin bahwa produk kita bagus, pada kenyataannya produk yang kita jual masih tetap sepi juga. Jika ada Sedulur super yang mengalami hal ini, tidak usah khawatir, belum tentu hal tersebut terjadi karena kesalahan Sedulur.

Bisa jadi, penyebabnya karena Sedulur belum mengetahui tipe-tipe pembeli. Hasilnya, strategi marketing yang Sedulur jalankan tidak tepat sasaran. Pembeli atau konsumen merupakan komponen penting dalam bisnis.

Produk yang kita tawarkan tujuannya untuk para pembeli. Jika produk bisnis kita sepi, bisa jadi sasaran pembeli yang kurang tepat. Yuk, simak beberapa tipe pembeli yang wajib Sedulur ketahui. Ada tipe apa aja ya? Mari kita simak!

Baca Juga: Media Sosial Menjadi Faktor Penentu Suksesnya Sebuah Bisnis

Tipe-Tipe Pembeli yang Wajib Sedulur Super Ketahui

1. Pembeli Baru

Tipe pembeli ini adalah orang yang baru melakukan pembelian pertama kali di toko atau bisnis Sedulur. Misalkan Sedulur memiliki bisnis toko kelontong, dan ada pembeli yang datang untuk membeli beras, lalu Sedulur menyadari baru melihat pembeli tersebut. Itu yang dimaksud dengan pembeli baru.

Pastikan Sedulur super memberikan pelayanan yang baik, jelaskan juga beras atau sembako yang ada di toko kelontong Sedulur super merupakan beras dengan kualitas terbaik. Karena dengan begitu, pembeli baru ini bisa menjadi pembeli potensial bisnis Sedulur. Lantas apa pembeli pontesial.

2. Pembeli Impulsif

Biasanya para pembeli ada yang mudah tergoda dengan diskon, harga murah, dan promo. Nah, jika ada pembeli yang datang ke toko Sedulur super karena ketiga hal di atas, maka pembeli ini termasuk dalam pembeli impulsif.

Biasanya, para pembeli impulsif tidak berniat membeli barang sesuatu, kita ambil contoh sembako dan beras. Misalnya, pembeli impulsif biasanya pergi ke sebuah toko atau pasar untuk membeli daging atau sayur. Tapi ketika mengetahui bahwa harga beras atau sembako ada diskon atau memiliki harga murah, pembeli impulsif akan langsung membelinya walaupun bukan tujuan utama saat berangkat.

Sebenarnya pembeli impulsif ini sangat menguntungkan bagi Sedulur super, namun pembeli impulsif ini biasanya akan datang ketika tergiur oleh sesuatu. Jarang ada pembeli impulsive yang menjadi pembeli loyal.

3. Pembeli Harga Diskon

Jika pembeli impulsif tergoda dengan harga diskon dan lalu memutuskan untuk membeli barang tersebut, namun pembeli impulsif bisa saja dipengaruhi oleh faktor lain yang dapat menggodanya. Seperti misalnya jenis barang, model barang dan lain sebagainya.

Nah, untuk jenis pembeli harga diskon, hanya akan tergoda dengan harga diskon saja. Hampir sama dengan pembeli impulsif namun tipe pembeli satu ini hanya benar-benar tergoda pada harga diskon saja.

Biasanya, pembeli harga diskon didominasi oleh ibu-ibu yang berbelanja ke pasar. Walaupun tujuan utama ibu tersebut untuk membeli sembako, beras dan kebutuhan bahan pokok lainnya. Jika melihat harga diskon, akan tetap diburu dan dibeli. Bahkan, jika harga diskon dirasa kurang murah, ibu-ibu tersebut tidak segan untuk menawarnya hingga batas angka yang diinginkannya.

Pembeli tipe ini sangat berkemungkinan menjadi pembeli loyal, asalkan Sedulur super dapat menjamin menjual barang dengan harga murah. Nah, jika Sedulur super ada yang memiliki toko kelontong atau grosir beras online. Sedulur bisa bergabung ke Aplikasi Super, karena di Aplikasi Super, Sedulur bisa membeli harga sembako dengan harga murah dan dapat menjualnya kembali dengan harga murah. Dijamin, ibu-ibu pencari harga diskon akan nempel ke toko kelontong sedulur.

4. Pembeli Potensial

Tipe pembeli ini memeliki dua pengertian, pertama pembeli tersebut sebenarnya belum membeli produk dari bisnis Sedulur, namun mereka memiliki potensi untuk melakukan pembelian. Seperti misalnya Sedulur memilik toko grosir sembako online, ada beberapa pembeli yang mulai menyukai produk yang Sedulur upload di toko online Sedulur, atau mengikuti media sosial grosir sembako online Sedulur. Jika iya, terus pantau pembeli potensial ini, bisa membuat bisnis Sedulur laku berat.

Pengertian pembeli potensial kedua adalah pembeli tersebut telah melakukan pembelian produk di bisnis atau toko yang Sedulur jalankan. Jika pembeli tersebut puas dengan kualitas dan produk dari Sedulur, maka ketika pembeli tersebut datang lagi ke toko Sedulur, atau melakukan pembelian lagi, pembeli tersebut merupakan pembeli potensial yang berkemungkinan mejadi pembeli Loyal.

Baca Juga: Potensi Bisnis yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

5. Pembeli Loyal

Tipe pembeli ini yang paling disukai oleh setiap pebisnis atau pengusaha. Pembeli Loyal adalah pembeli setiap yang akan selalu menunggu setiap produk yang Sedulur tawarkan. Beberapa pebisnis juga biasanya menjaring beberapa pembeli loyal ini ke dalam satu wadah.

Seperti yang dilakukan oleh Aplikasi Super, sebuah platform yang menjaring pengusaha UMKM terutama yang menjual sembako. Aplikasi Super memiliki sebuah fasilitas bernama Mitra Super Center, yang menjaring setiap mitra yang setiap melakukan transaksi di Aplikasi Super.

Baca Juga: Aplikasi Super Bantu PKL yang Terdampak Pandemi Covid-19

Baik itu para pengusaha dan juga para kurir yang memiliki panggilan Super Agen. Dalam Mitra Super Center ini akan ada beberapa bonus dan kemudahan lainnya diterima para pembeli loyal atau partner setia dari Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang berbisnis, boleh dicoba cara yang dilakukan untuk mempertahankan pembeli loyal seperti yang Aplikasi Super lakukan. Atau, jika Sedulur Super memiliki bisnis kelontong, Sedulur Super langsung saja gabung menjadi Mitra Super Center. Jangan-jangan, Sedulur belum download Aplikasi Super lagi? Kalau iya, klik di sini untuk mendapatkan setiap keuntungan dan bisa tetap menjalankan bisnis dengan mudah dan dijalankan di rumah.