Protokol Kesehatan Idul Adha 2020. Lebaran di Rumah Aja!

Beberapa protokol kesehatan pelaksanaan Idul Adha 2020. Lebaran kurban tetap aman, kok. Jangan lupa pakai patuhi aturannya ya, Sedulur Super!

Protokol kesehatan Sholat Idul Adha 2020

Protokol Kesehatan Idul Adha 2020. Lebaran Di Rumah Aja!
Foto: Freepik

Sedulur, sebentar lagi perayaan Idul Adha akan segera datang. Meski Idul Adha tahun ini memang terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, tidak mengurungkan niat Sedulur untuk menyambutnya dengan penuh sukacita, bukan? Tetap patuhi protokol kesehatan agar Sedulur bisa merayakan Idul Adha dengan tenang dan nyaman. Nah Sedulur, ada beberapa protokol kesehatan saat Idul Adha yang bisa Sedulur Super lakukan, terlebih lagi jika Sedulur adalah petugas atau panitia kurban. Apa saja protokol kesehatan itu? Yuk simak penjelasannya di bawah ini dan jangan lupa dicatat, ya!

1. Tata Cara Sholat Idul Adha

Foto: Freepik

Meski pemerintah memperbolehkan sholat Idul Adha di Masjid, namun Sedulur Super tetap harus memperhatikan protokol kesehatan dengan baik. Sholat Idul Adha pada tahun ini memang berbeda, karena Sedulur harus mematuhi beberapa peraturan seperti tidak boleh duduk berdekatan dengan orang lain. Pastikan jarak Sedulur dengan orang lain adalah satu meter dan hindari bersalaman dengan orang lain. Jangan lupa untuk membawa hand sanitizer ya, Sedulur. Jika ingin aman saat sholat Idul Adha, Sedulur bisa melakukannya di rumah saja.

Nah berikut tata cara sholat Idul Adha yang bisa Sedulur Super lakukan:

  • Membaca niat sholat Idul Adha yang berbunyi: ushalli sunnata li ‘idil adha rak’ataini imaaman/makmuuman lillaahi ta’ala
  • Takbiratul ihram kemudian dilanjut membaca doa Iftitah
  • Takbir sebanyak tujuh kali dan boleh mengangkat tangan ketika takbir. Di antara setiap takbir, bacalah kalimat tasbih yang bunyinya: Subhanalloh wal hamdulillah wa laa ilaha illalloh wallohu akbar
  • Setelah akhir takbir ke tujuh, membaca surat Al Fatihah
  • Dilanjutkan dengan membaca surat lainnya.
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Bangkit dari sujud dan bertakbir
  • Takbir lagi sebanyak lima kali, diantara takbir membaca kalimat tasbih sama seperti sebelumnya
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Dilanjutkan dengan membaca surat lainnya
  • Ruku’ dengan tuma’ninah
  • I’tidal dengan tuma’ninah
  • Sujud dengan tuma’ninah
  • Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  • Sujud kedua dengan tuma’ninah
  • Duduk tasyahud dengan tuma’ninah
  • Salam
  • Mendengarkan khotbah

Baca Juga: Belanja Sembako Murah di Hari Raya Idul Adha

2. Protokol Kesehatan Idul Adha Penyembelihan Hewan Kurban bagi Petugas

Penyemprotan disinfektan pada sekitar tempat penyembelihan

Protokol Kesehatan Idul Adha 2020. Lebaran Di Rumah Aja!
Foto: Freepik

Sebelum penyembelihan hewan kurban dilakukan, Sedulur Super sebagai petugas harus terlebih dulu melakukan penyemprotan disinfektan di sekitar tempat penyembelihan hewan kurban. Hal ini bertujuan untuk mencegah paparan virus.

Jaga Jarak

Protokol Kesehatan Idul Adha 2020. Lebaran Di Rumah Aja!
Foto: Freepik

Pastikan Sedulur Super menjaga jarak dengan orang lain saat menjadi petugas. Hal ini penting untuk dilakukan. Meski sudah memasuki new normal, bukan berarti Sedulur Super tidak lagi mematuhi protokol kesehatan, bukan? Apalagi jika Sedulur Super adalah petugas atau panitia penyembelihan hewan kurban, tentu Sedulur harus tetap waspada dan terus mematuhi protokol kesehatan. Meskipun harus menjaga jarak dengan orang lain, bukan berarti Sedulur Super tidak boleh ramah dengan petugas atau panitia yang lain. Sedulur Super bisa tersenyum dengan orang lain tanpa harus melakukan kontak fisik.  

Baca Juga: Tips Sehat Saat Lebaran Idul Adha 2020

Memakai Masker

Protokol Kesehatan Idul Adha 2020. Lebaran Di Rumah Aja!
Foto: Freepik

Protokol kesehatan Idul Adha yang pertama yaitu jangan lupa selalu menggunakan masker kemana pun saat sedang ke luar rumah, terutama saat menjadi petugas dan panitia kurban. Menggunakan masker juga merupakan saran dari WHO untuk mencegah penyebaran virus corona dari satu orang ke orang yang lainnya. Tetap jaga kesehatan, patuhi semua peraturan kesehatan. Jangan lupa masker ke manapun dan di manapun ya, Sedulur Super!

Wajib memakai sarung tangan

Protokol Kesehatan Idul Adha 2020. Lebaran Di Rumah Aja!
Foto: Freepik

Protokol kesehatan Idul Adha lain yang wajib Sedulur Super patuhi sebagai petugas adalah memakai sarung tangan. Seperti yang Sedulur ketahui, virus mudah menempel pada benda-benda, tidak terkecuali tangan. Untuk itu, sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban, ada baiknya Sedulur memakai sarung tangan terlebih dulu, ya!

Menyiapkan tempat khusus untuk cuci tangan

Protokol Kesehatan Idul Adha 2020. Lebaran Di Rumah Aja!
Foto: Freepik

Protokol kesehatan Idul Adha yang lainnya yaitu menyediakan tempat khusus bagi para petugas atau panitia kurban untuk mencuci tangan dengan sabun sebelum melakukan aktivitas penyembelihan. Hal ini bertujuan agar pelanggan tetap aman dan bersih dari bakteri maupun virus. Selain itu, tempat penyembelihan kurban juga akan bersih dan terhindar dari penyebaran virus tersebut. Jika memang diperlukan, Sedulur Super juga bisa menyediakan cairan disinfektan untuk disemprotkan pada benda mati yang ada di sekitar tempat penyembelihan. Cairan disinfektan ini bermanfaat untuk mencegah penularan bakteri maupun virus pada manusia. Tidak perlu beli, Sedulur Super pun bisa membuat cairan disinfektan sendiri di rumah. Cara membuatnya pun ada di internet. Selamat mencoba, Sedulur Super!

Menggunakan hand sanitizer

Protokol Kesehatan Idul Adha 2020. Lebaran Di Rumah Aja!
Foto: Freepik

Protokol kesehatan Idul Adha bagi petugas yaitu selalu menyiapkan hand sanitizer ke manapun Sedulur Super berada. Selain cuci tangan pakai sabun, memakai hand sanitizer juga sangat penting lho, Sedulur Super. Apalagi jika setiap hari Sedulur Super harus bertemu dengan orang lain dan tidak sengaja menyentuh benda-benda. Hand sanitizer ini nantinya akan digunakan oleh Sedulur Super dan petugas lainnya sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban. Maka dari itu, Sedulur Super dan petugas lainnya wajib melindungi diri masing-masing dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan hand sanitizer. Tahukah Sedulur Super? Dengan menyiapkan dan memakai hand sanitizer, Sedulur Super sudah mematuhi protokol kesehatan dengan baik. Jadi, usahakan untuk tetap membawa hand sanitizer untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Sedulur membutuhkan.

3. Protokol kesehatan Idul Adha bagi Penerima Daging Kurban

Protokol Kesehatan Idul Adha 2020. Lebaran Di Rumah Aja!
Foto: Freepik

Protokol kesehatan pelaksanaan Idul Adha bagi penerima daging kurban hampir sama dengan petugas, seperti memakai masker, memakai hand sanitizer. Namun, bagi Sedulur yang menerima daging kurban tidak perlu pergi ke tempat pembagian daging kurban, karena daging akan dibagikan oleh petugas menuju rumah Sedulur. Baru-baru ini, Walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini mengimbau petugas untuk mengantarkan daging kurban menuju rumah penerima daging kurban.

Baca Juga: Tips Anti Stres di Tengah Pandemi Covid-19

Nah Sedulur Super, itulah beberapa tips protokol kesehatan saat perayaan Idul Adha 2020. Semoga lebaran Idul Adha tahun ini selalu membawa berkah bagi Sedulur yang merayakan ya!

Sedulur ingin kulak sembako mudah tanpa harus ribet keluar rumah? Cobain pakai Aplikasi Super aja!