Menu Makanan Favorit Khas Idul Adha

Idul Adha sebentar lagi tiba, berikut daftar menu Idul Adha yang menjadi favorit.

Dalam setiap perayaan, selalu terdapat beberapa menu makanan favorit. Termasuk perayaan Idul Adha. Terdapat beberapa menu Idul Adha yang menjadi favorit dan identik dengan daging dan kuah santan.

Hal tersebut bukan tanpa sebab, lebaran Idul Adha merupakan lebaran yang menyarankan setiap muslim yang mampu untuk berkurban daging kambing atau sapi. Daging kurban tersebut kemudian dibagikan kepada setiap umat muslim yang ada di sekitar.

Esensi lain dari lebaran Idul Adha adalah berbagi rezeki untuk setiap masyarakat muslim agar bisa menikmati olahan daging. Oleh karena itu, menu Idul Adha akhirnya didominasi oleh daging dan kuah santan.

Berikut ini beberapa makanan favorit dalam menu Idul Adha yang umum ada di saat lebaran haji tiba. Apa saja? Yuk, kita simak ulasannya.

Berbagai Menu Makanan Favorit Khas Idul Adha

1. Rendang

Banyak masyarakat Indonesia yang mengakui bahwa rendang bukan hanya populer di negeri sendiri. Saat ini rendang bahkan sudah mendunia. Kehadirannya pun tentu menjadi sangat dinanti saat Idul Adha. Rendang memang salah satu makanan yang terkenal kelezatannya.

Kelezatan rendang membuatnya menjadi hidangan favorit banyak orang. Bahkan menempati urutan pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food oleh CNN pada tahun 2011.

Sangat membanggakan terdapat salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi urutan pertama di dunia. Masakan khas dari Sumatera Barat ini memang memiliki cita rasa pedas, gurih dan tentunya menggunakan santan.

Menu Idul Adha satu ini sudah sangat pasti menjadi urutan yang pertama juga. Dengan keberadaan daging yang berlimpah saat lebaran Idul Adha, salah satu menu makanan favorit khas Idul Adha yang langsung terpikir adalah rendang.

2. Sate

Selain sebagai menu khas Idul Adha. Sate juga merupakan makanan yang hampir bisa kita temui di sisi jalan. Daging yang ditusuk melalui sebuah lidi dan lalu di bakar ini merupakan menu makanan favorit khas Idul Adha.

Pada saat lebaran Idul Adha tiba, masyarakat banyak yang membakar daging dan membuat sate. Tidak heran, pada saat Idul Adha, banyak asap daging yang bertebaran di udara.

Hal tersebut dikarenakan menu makanan favorit khas Idul Adha yaitu sate sedang dibuat oleh masyarakat pada saat Idul Adha.

3. Gulai Daging

Gulai merupakan menu Idul Adha yang menjadi favorit. Olahan daging yang dimasak dengan kuah santan beserta bumbu dan rempah-rempah yang kuat. Hal tersebut membuat gulai menjadi menu makanan favorit khas Idul Adha.

Masyarakat tinggal membeli bumbu dan rempah-rempah untuk membuat gulai, karena pada saat Idul Adha tiba, seperti yang Sedulur Super ketahui, daging akan sangat berlimpah kita miliki.

4. Sop Daging

Jika Sedulur Super ingin menikmati olahan daging berkuah namun tidak bersantan, maka sop daging merupakan pilihan yang cocok. Olahan daging dalam kuah kaldu sapi bening ini biasanya ditambah dengan irisan sayuran.

Sayuran seperti kentang, wortel, buncis, kubis, tomat, serta daun bawang dan seledri untuk menambah citarasanya dari sop daging. Selain itu, keberadaan sayur bisa menyeimbangkan dominasi daging sebagai menu Idul Adha.

Agar jauh lebih sedap dan nikmat, maka Sedulur Super bisa menambahkan tulang sumsum atau tetelan dalam sop daging yang dibuat. Sedulur juga boleh menambahkan taburan bawang goreng untuk lebih menggugah selera saat menyajikannya.

Baca Juga: Belanja Sembako Murah saat Lebaran Haji

5. Tengkleng

Tengkleng merupakan makanan khas Solo. Olahan daging ini sebenarnya hampir mirip seperti gulai kambing. Akan tetapi memiliki kuah yang lebih encer. Hidangan Tengkleng terdiri dari tulang, daging serta jeroan kambing dengan kuah santan beraroma rempah yang memikat.

Bumbu yang digunakan untuk mengolah tengkleng juga tidak jauh berbeda dengan bumbu membuat gulai. Tengkleng juga biasanya disajikan bersamaan dengan nasi hangat dan sate. Aroma rempahnya akan membuatmu ketagihan makan. 

Di Solo, Tengkleng merupakan menu Idul Adha. Selain karena sudah menjadi tradisi kuliner masyarakat di sana, keberadaan daging yang berlimpah saat Idul Adha membuat tidak banyak pilihan untuk membuat menu makanan favorit khas Idul Adha.

6. Tongseng

Jika biasanya tongseng menggunakan daging kambing, maka saat lebaran Idul Adha Sedulur bisa membuat tongseng dengan menggunakan daging sapi. Makanan serupa gulai, namun menggunakan bumbu tambahan lain.

Bumbu dan rempah tambahan seperti jahe, cengkeh, kayu manis, biji pala, daun jeruk, serta batang serai ini juga tak kalah diminati seperti sate dan tengkleng. Hal tersebut yang mengantarkan tongseng menjadi menu makanan favorit khas Idul Adha

Agar lebih seimbang, Sedulur bisa menambah berbagai sayuran seperti kubis, kol, tomat, serta daun bawang saat menyajikannya. Agar tampilan tongseng menjadi lebih indah dan menggugah selera makan, sangat cocok untuk menambah taburan bawang goreng serta emping.

Daftar menu Idul Adha yang telah diulas di atas semoga bisa menjadi inspirasi dan ide untuk Sedulur Super mengolah daging yang didapat saat Idul Adha nanti.

Semoga Idul Adha tahun ini bisa kita laksanakan dengan khusyu dan penuh khidmat, walaupun di tengah kondisi berat saat ini yaitu adanya virus corona. Dalam setiap kondisi apapun, ibadah wajib kita tuntaskan seberat apapun keadaan, kondisi, dan situasi yang terjadi.