Mengenal Beras Organik: Keunggulan dan Manfaatnya

Beras organik dipercaya lebih menyehatkan bagi tubuh kita.

Sedulur Super mungkin sudah sangat akrab dengan beras, karena beras merupakan kebutuhan pokok Sedulur sekalian. Namun, Sedulur Super mungkin belum terlalu akrab dengan beras organik. Beras organik adalah beras yang dihasilkan melalui proses budidaya organik tanpa menggunakan pupuk dan pestisida. Dengan menggunakan proses ini, dapat lebih baik dalam menjaga kelestarian lingkungan dan keseimbangan ekosistem.

Walaupun budidaya secara organik dikatakan tidak menggunakan pupuk, pupuk yang dimaksud adalah pupuk yang dibuat menggunakan proses kimia. Budidaya organik tetap menggunakan pupuk, dan pupuk yang digunakan pun pupuk organik seperti pupuk kompos, pupuk hijau dan pupuk hayati. Untuk memberantas hama padi pun tidak menggunakan pestisida hasil dari pembuatan bahan kimia, namun menggunakan pestisida yang dibuat secara organik hasil dari fermentasi dedaunan dan buah-buahan yang dapat membunuh hama.

Dapat disimpulkan bahwa beras organik sendiri dihasilkan dari  padi jenis lokal non transgenik yang dibudidayakan tanpa bahan kimia dengan menggunakan air yang tidak tercemar dan diproses tan bahan pengawet. Karena prosesnya organik dan ramah lingkungan tersebut, beras organik juga memiliki keunggulan dan manfaat dibanding beras biasa atau beras super pada umumnya. Apa saja keunggulan dan manfaat dari beras organik? Yuk mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Mentega dan Margarin

Keunggulan dan Manfaat Beras Organik Bagi Tubuh

1. Beras Organik Saat Dimasak Terasa Lebih Lembut

Wooden bowl of cooked rice isolated on white

Keunggulan pertama dari beras organik adalah ketika diolah menjadi nasi, nasi akan memiliki tekstur yang lebih lembut. Bahkan kelembutan dari beras organik ada di atas beras super, hal ini karena proses beras organik yang dilakukan secara alami tanpa menggunakan bahan kimia.

Karena tekstur yang lembut tersebut, beras organik sering dikonsumi untuk balita yang masih dalam tahap belajar mengunyah. Tekstur yang super lembut dari beras organik dapat melatih gusi balita yang akan tumbuh gigi dan melatih balita mengunyah. Bukan hanya balita, beras organik juga dikonsumsi oleh orang tua yang telah sulit mengunyah makanan keras.

Baca Juga: Tips Menjadi Agen Sembako Super

2. Nasi dari Beras Organik Tidak Cepat Basi

Keunggulan lainnya dari beras organik adalah nasi yang dihasilkan tidak cepat basi. Jika beras biasa atau beras super paling maksimal tahan selama 12 hingga 14 jam setelah masak. Lewat dari jam tersebut, nasi akan basi dan tidak layak dikonsumsi.

Sedangkan beras organik memiliki ketahanan yang lama ketika telah menjadi nasi. Tidak seperti beras biasa atau beras super, nasi yang berasal dari beras organik akan tahan hingga 24 jam. Hal ini akan membuat Sedulur Super lebih efisien dalam memasak dan memakan nasi dengan jangka waktu yang panjang sebelum kemudian basi.

3. Volume Nasi Lebih Banyak Dibanding Beras Biasa

Beras organik memiliki kualitas beras yang ada di atas beras biasa atau beras super. Hal ini terlihat dari volume nasi yang dihasilkan dari beras organik lebih banyak dibandingkan dengan beras biasa atau beras super. Misalkan, jika kita menggunakan beras biasa sebanyak satu liter untuk dimasak menjadi nasi, dan beras organik sejumlah yang sama, nasi yang dihasilkan akan lebih banyak dari beras organik.

Hal tersebut dikarenakan beras organikan dapat menghasilkan nasi dengan volume yang lebih besar. Hal ini dipengaruhi oleh proses beras organik yang dibudidayakan secara alami tanpa menggunakan bahan kimia, dari proses awal hingga akhir.

4. Mengurangi Kandungan Kimia Dalam Tubuh

Dengan mengonsumsi beras organik, Sedulur secara perlahan sedang melakukan kebiasaan makan sehat. Hal tersebut dikarenakan beras organik tidak mengandung bahan kimia sejak dari proses pertama hingga akhir.

Jika beras biasa atau beras super yang menggunakan pupuk yang mengandung urea, dan dikonsumsi ketika menjadi nasi. Darah kita akan mengandung kadar urea yang menumpuk karena asupan nasi dari beras biasa terus menerus. Selain itu, pestisida untuk menangkal hama yang menggunakan bahan kimia juga mengandung kadar logam berat yang juga ada dalam darah kita. Kandungan urea dan logam berat dalam tubuh sangat tidak baik bagi kesehatan dan seringkali menjadi sumber penyakit. Mulai konsumi beras organik jika Sedulur ingin sehat sentosa.

5. Mengandung Nutrisi dan Mineral Tinggi

Sudah jelas, beras organik mengandung nutrisi dan mineral yang lebih tinggi dibanding beras biasa atau beras non-organik. Selain itu, nasi yang dihasilkan dari beras organik memiliki kandungan glukosa, karbohidrat dan protein yang mudah terurai dalam tubuh.

Hal ini membuat nasi dari beras organik sangat aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes atau penyakit kronik lainnya yang memiliki pantangan memakan nasi secara berlebihan. Selain itu, beras organik juga sangat baik bagi program diet, baik untuk mencegah kanker, serangan jantung, asam urat, darah tinggi dan vertigo.

Mulai konsumsi beras organik untuk membiasakan memakan makanan sehat, agar tubuh Sedulur Super Sekalian terhindar dari penyakit berbahaya. Sedulur tidak usah khawatir untuk mencari beras organik, bagi Sedulur Super yang akan memulai konsumsi beras organik secara rutin, bisa kulak beras organik di Aplikasi Super. Aplikasi Super juga menyediakan sembako lainnya yang bisa dikulak oleh Sedulur Super sekalian.

Selain itu, Aplikasi Super memberikan harga yang lebih murah dibandingkan di tempat lain, sekaligus kualitas sembako terbaik dibanding toko kelontong atau grosir sembako mana pun. Tidak percaya? Klik di sini untuk download Aplikasi Super sekarang juga, dan buktikan secara langsung.