Mengenal Beras Ketan dan Berbagai Manfaatnya

Tidak hanya lezat, beras ketan juga bisa membuat badan sehat.

Ketika beras ketan diolah, akan terlihat seperti nasi namun tentu tidak sama. Serupa namun tidak sama adalah peribahasa yang tepat untuk mendeskripsikan beras dan beras ketan. Beras ketan saat dimasak akan menjadi nasi yang mengembang dan lengket. Tidak seperti nasi, yang merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, beras ketan juga tetap disukai oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Berbagai daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang terbuat dari beras ketan. Secara umum juga, di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, beras ketan menjadi salah satu makanan yang sering dimodifikasi menjadi makanan yang modern dan kekinian.

Berbeda dengan beras pada umumnya, beras ketan mengandung protein cukup tinggi. Kandungan nutrisi dari beras ketan di antaranya adalah kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, gula, kalsium, zat besi, magnesium, osfor, kalium, natrium, zinc, mangan dan selenium. Semua kadungan nutrisi yang disampaikan tersebut terkandung dalam beras ketan.

Selain itu, beras ketan juga mampu untuk mencegah penyakit karena kandungan selenium yang memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit kronis. Karena antioksidan dapat menurunkan kadar stress oksidatif yang sangat berdampak buruk bagi kesehatan.

Selain itu, banyak manfaat dari beras ketan lainnya yang akan dapat membuat badan kita sehat ketika mengonsumsi beras ketan. Apa saja manfaat beras ketan yang perlu Sedulur Super ketahui? Yuk mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Manfaat Beras Ketan bagi Kesehatan Tubuh

1. Menurunkan Berat Badan

Beras ketan tidak mengandung gluten yang cocok bagi orang yang sedang diet gluten. Gluten adalah protein yang ditemukan dalam biji-bijian tertentu, seperti gandum salah satunya. Manfaat diet gluten dapat membantu penurunan berat badan, dan peningkatan energi. Beras ketan juga rendah lemak yang membantu penurunan berat badan. Walaupun dalam beras ketan terdapat lemak, namun kandunga lemaknya sangat rendah. Dengan mengonsumsi beras ketan secara rutin, Sedulur Super yang sedang program untuk menurunkan berat badan sangat cocok.

Salah satu program yang bisa Sedulur Super lakukan dalam program menurunkan berat badan adalah diet gluten. Diet gluten ini juga diperuntukkan bagi mereka yang memiliki kondisi seperti penyakit celiac atau sensitivitas gluten. Orang-orang ini harus menghindari gluten untuk mencegah efek kesehatan yang merugikan. Penelitian baru, yang diterbitkan dalam jurnal Nature Communications, menemukan bahwa diet rendah gluten juga dapat bermanfaat bagi kesehatan orang yang tidak alergi terhadapnya. Nasi biasa mengandung gluten yang cukup tinggi, dan mengonsumsi beras ketan bisa sebagai alternatif asupan untuk tubuh.

Baca Juga: Media Sosial Menjadi Faktor Penentu Suksesnya Sebuah Bisnis

2. Menyehatkan Jantung

Beras ketan mengandung jumlah lemak yang rendah. Satu setengah cangkir beras ketan menyediakan kurang dari 2 gram protein dan kurang dari seperempat gram lemak. Lemak berlebih dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, stroke, dan kolesterol. Tanpa lemak atau kolesterol, jenis beras ini adalah pilihan bagus bagi mereka yang memiliki kondisi jantung, tekanan darah tinggi, atau mereka yang berjuang melawan obesitas.

Bagi Sedulur Super yang memiliki masalah kesehatan jantung, mengonsumsi beras ketan dapat membantu menyehatkan jantung, hal ini juga bisa dilakukan oleh Sedulur Super yang ingin meningkatkan kesehatan jantungnya.

Baca Juga: Potensi Bisnis yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

3. Menguatkan Tulang

Walaupun tidak sebanyak beras merah atau gandum, beras ketan juga kaya nutrisi sehat. Dalam satu porsi beras ketan mengandung 2 miligram kalsium, 4 miligram magnesium, 0,2 miligram besi, 7 miligram fosfor dan 9 miligram kalium. Nutrisi ini baik untuk kesehatan dan pertumbuhan tulang. Konsumsi beras ketan dapat membantu Sedulur Super dalam membangun tulang kuat dan mencegah osteoporosis.

Masyarakat Indonesia pada umumnya sering sekali mendapatkan masalah tulang dan gigi ketika memasuki usia senja. Biasakan konsumsi beras ketan secara teratur sejak dari usia muda akan membantu Sedulur untuk mendapatkan kesehatan tulang di usia senja. Persoalan penyakit osteoporosis sering diderita masyarakat ketika memasuki usia senja. Kekurangan kalsium dikaitkan dengan kerapuhan gigi, katarak, perubahan di otak, dan osteoporosis yang menyebabkan tulang menjadi rapuh. Beras ketan kaya akan kandungan kalsium, dan akan mencegah penyakit osteoporosis.

4. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Antioksidan yang ada pada ketan mampu melindungi tubuh dari bahaya penyakit. Vitamin, tembaga, zinc, dan vitamin B yang terkandung pada beras ketan dikenal dapat meningkatkan kekuatan sistem kekebalan tubuh. Efek ini dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Beras ketan juga membantu metabolisme tubuh Sedulur Super sekalian berjalan dengan baik dan sehat. Sistem kekebalan tubuh yang kuat juga membantu tubuh menangkal berbagai virus. Selenium dan berbagai vitamin dan mineral lainnya dalam ketan mengandung sifat antioksidan dalam tubuh, yang dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan mengurangi stres oksidatif dalam tubuh.

Meningkatkan sistem imunitas tubuh sangat diperlukan di tengah musim pandemi virus corona seperti saat ini. Covid-19 merupakan virus yang menyerang pernafasan, hingga saat ini para ahli di seluruh dunia sedang mempersiapkan dan melakukan penelitian untuk menciptakan vaksin untuk menyembuhkan virus corona. Sementara vaksin masih dalam proses penelitian, para ahli menyarakan setiap masyarakat ntuk meningkatkan sistem imunitas tubuh, karena imunitas tubuh dapat menangkal virus corona dengan sendirinya. Konsumsi beras ketan, untuk meningkatkan imunitas tubuh Sedulur sekalian.

5. Menghaluskan Kulit

Beras ketan mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Antioksidan dalam beras ketan mampu mempercepat produksi kolagen yang berperan dalam elastisitas kulit. Beras ketan juga mengandung vitamin C, B6, B2 B1 dan E, semuanya mendukung kesehatan kulit. Selain dikonsumsi, beras ketan bisa dijadikan bahan perawatan kulit seperti masker atau lulur. Beras ketan bahkan telah lama dijadikan bahan perawatan kulit transional masyarakat Asia.

Walaupun tidak seperti beras merah atau beras super yang menjadi kebutuhan pokok masyarakat Indonesia, beras ketan juga sudah biasa diolah menjadi makanan oleh masyarkat Indonesia. Terlihat dengan berbagai makanan khas di tiap daerah yang terbuat dari beras ketan. Bagi Sedulur Super sekalian yang ingin membuat makanan dari beras ketan, bisa kulak beras ketan di Aplikasi Super.

Aplikasi Super menjamin setiap sembako dan kebutuhan masyarakat dengan kualitas terbaik dan harga murah. Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, bisa klik di sini untuk download dan juga merasakan langsung setiap kemudahan dan keuntungan yang diberikan oleh Aplikasi Super.