Kelebihan dan Kekurangan Usaha Toko Kelontong yang Wajib Sedulur Ketahui

Tertarik memulai usaha toko kelontong? Sedulur pejalari dulu kelebihan dan kekurangannya.

Usaha toko kelontong memang sangat menggiurkan, kita bisa bekerja hanya dengan di rumah saja menjaga toko kelontong, tidak perlu keluar rumah. Namun, tidak ada usaha atau bisnis yang tidak memiliki risiko atau kekurangan. Setiap usaha terdapat kelebihan dan sekaligus kekurangannya, tidak terkecuali toko kelontong.

Semua usaha juga terdapat dinamika naik turun saat menjalankannya. Terutama di tengah pandemi Covid-19 saat ini, hampir setiap usaha semua sedang diuji. Toko kelontong termasuk usaha yang berjalan walaupun diuji oleh virus corona, hal ini salah satu keistimewaan dari usaha toko kelontong.

Namun, Sedulur akan lebih bijak mempelajari segala seluk beluk toko kelontong sebelum memulainya, termasuk mengetahui apa kelebihan dan kekurangan dari berbisnis toko kelontong. Seperti apa saja kelebihan dan kekurangan toko kelontong yang wajib Sedulur ketahui? Yuk, mari kita simak penjelasannya.

Baca Juga: Kabar Sedulur di Tengah Pandemi

Kekurangan Toko Kelontong

Membahas kekurangan terlebih dahulu akan membuat Sedulur lebih siap mental untuk memulai usaha kelontong. Toko kelontong memiliki kekurangan yaitu harga sembako yang naik turun, bersaing dengan toko sembako lain, sering dihutangi oleh pelanggan.

Toko kelontong merupakan sebuah usaha yang fokus menjual sembako dan kebutuhan masyarakat. Menjalankan usaha toko kelontong sangat bergantung kepada harga sembako. Harga sembako seringkali mengalami naik turun, hal ini dipengarhui oleh ketersediaan barang dengan kebutuhan masyarakat. Harga sembako akan semakin tinggi jika barang sedang langka sementara kebutuhan masyarakat meningkat terhadap barang tersebut. Untuk mengatasi hal ini, Sedulur diharapkan cermat membaca kebutuhan masyarakat, jika berhasil Sedulur akan stok terlebih dahulu barang dan terhindar dari harga sembako yang naik turun.

Jika masalah naik turun harga sembako tidak dapat Sedulur Super atasi, bukannya Sedulur Super untung melimpah, malah mengalami kerugian yang besar. Kondisi ini mengharuskan Sedulur untuk tetap mengikuti perkembangan harga, ketersediaan barang dan kebutuhan masyarakat.

Persaingan hal yang sangat wajar terjadi dalam sebuah bisnis, termasuk juga toko kelontong. Terutama toko kelontong, karena banyak yang menjalankan usaha toko kelontong, persaingan semakin terasa lebih berat dibandingkan menjalankan usaha lainnya.

Sedulur harus sangat pintar dan cermat menjalankan toko kelontong, strategi dan promosi perlu Sedulur lalukan agar tetap bisa bersaing dengan toko kelontong yang mungkin juga memiliki strategi khusus. Manfaatkan celah dengan menjual jenis sembako yang tidak dimiliki oleh toko kelontong lain lalu mainkan harga promo. Masyarakat pun akan memilih toko kelontong Sedulur Super untuk berbelanja.

Jika Sedulur memiliki pelanggan yang membuka usaha warung kecil, mungkin Sedulur sering mengalami dihutangi oleh pelanggan yang kulak sembako dalam jumlah besar untuk kepentingan warungnya. Hal ini satu sisi merupakan sebuah keuntungan, namun di sisi lain juga sebuah kelebihan. Keuntungannya berarti toko kelontong Sedulur Super telah dipercaya dan kekurangannya yang berhutang sering kali telat membayar. Hal ini akan sangat buruk untuk perjalanan keuangan usaha toko kelontong Sedulur. Bukannya Sedulur Super untung melimpah, malah sebaliknya mengalami kerugian yang signifikan. Solusinya, Sedulur harus atur ritme memberikan pinjaman hutang, jangan terlalu baik sesekali juga Sedulur Super harus tegas karena ini mempengaruhi jalannya toko kelontong yang Sedulur tekuni.

Baca Juga: Potensi Bisnis yang Menguntungkan dan Mudah Dilakukan

Kelebihan Usaha Toko Kelontong

Salah satu kelebihan menjalankan usaha toko kelontong adalah selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Hal ini juga yang menjadikan toko kelontong istimewa, walaupun pendemi virus corona saat ini, usaha toko kelontong akan tetap berjalan karena kebutuhan banyak orang dan selalu dicari.

Masyarakat akan selalu membutuhkan sembako untuk menyambungi kehidupan, dan toko kelontong menyediakan kulak sembako untuk masyarakat. Toko kelontong akan selalu abadi, karena kebutuhan masyarakat terhadap sembako juga tidak akan pernah terganti.

Kelebihan usaha toko kelontong selanjutnya adalah bisa dikerjakan dari rumah. Sedulur tidak perlu repot keluar rumah untuk mencari uang. Toko kelontong yang Sedulur miliki bisa Sedulur bangun di salah satu bagian rumah Sedulur, seperti garasi atau teras depan rumah. Berada di rumah sepanjang hari, namun pemasukan tetap mengalir setiap hari merupakan dambaan bagi setiap orang. Dan hal tersebut bisa kita dapatkan dengan menjalankan usaha toko kelontong.

Jika Sedulur ingin merasakan kelebihan usaha toko kelontong secara maksimal, Sedulur wajib menggunakan Aplikasi Super. Aplikasi Super merupakan platform digital yang menyediakan layanan kulak sembako bagi masyarakat. Aplikasi Super ini menjaring para pengusaha toko kelontong dan pengusaha grosir beras untuk menjual barang usaha kepada masyarakat secara luas.

Dengan menggunakan Aplikasi Super, Toko Kelontong Sedulur bisa didaftarkan menjadi Mitra Super Centern yang disediakan oleh Aplikasi Super. Melalui Mitra Super Center ini toko kelontong Sedulur akan lebih merasakan untung super melimpah.Karena Mitra Super Center menyediakan layanan seperti, harga yang lebih murah, pelatihan bisnis untuk kemajuan usaha toko kelontong, dan promosi di media nasional untuk lebih meluaskan cakupan bisnis toko kelontong yang Sedulur jalani.

Hal yang paling penting yang mewajibkan Sedulur untuk gabung di Aplikasi Super adalah karena dengan menggunakan Aplikasi Super dan bergabung menjadi Mitra Super Center, kekurangan usaha toko kelontong yang telah dibahas di penjalasan di atas dijamin tidak akan Sedulur alami.

Seperti naik turun harga sembako, dengan kulak sembako di Aplikasi Super Sedulur akan selalu mendapatkan harga yang murah dibanding yang lainnya. Ditambah Sedulur akan mendapatkan priorita pelayanan karena bergabung menjadi Mitra Super Center. Sedulur malah akan untung melimpah, karena mendapatkan harga murah dan bisa mendapatkan keuntungan ketika menjualnya kembali. Kekurangan kedua yaitu bersaing dengan toko sembako lain, hal tersebut juga tidak akan dialami jika Sedulur bergabung dengan Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menjaring banyak sekali pengusaha toko kelontong dan diatur dan dibagi secara rata keuntungannya. Masing-masing toko kelontong akan mendapatkan keuntungan super melimpah yang sama.

Kekurangan sering dihutangi oleh pelanggan juga tidak akan toko kelontong Sedulur alami ketika bergabung dengan Aplikasi Super. Hal tersebut karena Aplikasi Super memberikan harga yang murah untuk setiap mitra dan pelanggan. Tidak ada yang tidak sanggup membeli jika harga sembako super murah. Awalnya ingin berhutang, setelah mengetahui harga yang super murah, pelanggan pun akan mengurungkan niatnya untuk berhutang.

Tidak ada alasan lagi untuk Sedulur Super untuk tidak menggunakan Aplikasi Super. Terutama bagi Sedulur Super yang sangat menginginkan usaha toko kelontongnya berkembang. Karena misi Aplikasi Super adalah untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia. Sedulur sudah mulai tertarik menggunakan Aplikasi Super? Klik di sini untuk download Aplikasi Super, dan rasakan juga buktikan secara langsung setiap keuntungan yang Aplikasi Super tawarkan adalah benar bukan merupakan wacana belaka.