Silaturahmi Tanpa Harus Mudik, Begini Caranya!

Mudik memang sudah menjadi tradisi tahunan masyarakat Indonesia yang dilakukan menjelang lebaran idulfitri. Mudik menjadi momen yang paling dinanti untuk menjalin silaturahmi dan melepas rindu dengan keluarga di kampung halaman.

Tetapi apa jadinya jika Sedulur tidak bisa mudik tahun ini karena berbagai alasan, salah satunya karena pandemi virus corona yang penyebarannya semakin hari semakin meningkat. Tentu hal seperti ini memaksa Sedulur untuk menjalin silaturahmi tanpa mudik. Memang tidak mudah dan tidak afdol rasanya jika tidak bertemu dengan sanak saudara di kampung halaman, tetapi Sedulur harus patuh dengan anjuran pemerintah agar penyebaran virus corona semakin berkurang.

Sedulur tidak perlu khawatir, karena Sedulur tetap bisa menjalin silaturahmi tanpa harus mudik, kok! Berikut tips silaturahmi tanpa mudik yang bisa Sedulur lakukan:

 

1. Manfaatkan Fitur Video Call

Dengan teknologi yang berkembang dengan pesat seperti sekarang ini, banyak orang yang menggunakan smartphone. Tidak sekadar bertukar informasi, smarphone juga bisa Sedulur gunakan untuk bercengkrama dan bertatap muka dengan orang-orang terdekat melalui fitur video call. Memanfaatkan fitur ini bisa jadi pilihan Sedulur yang ingin silaturahmi tanpa mudik. Sedulur bisa menggunakannya kapan pun dan dimana pun selama masih tersambung dengan internet. Apalagi, sekarang ini banyak sekali aplikasi video call yang bisa Sedulur unduh di internet, playstore bagi pengguna Android, maupun appstore bagi pengguna Apple

 

2. Manfaatkan Media Sosial

Cara kedua adalah memanfaatkan media sosial. Masih ingat dengan slogan “media sosial mendekatkan yang jauh”? Yap! Sedulur bisa mengirim pesan kepada keluarga melalui media sosial seperti Instagram, facebook, twitter, whatsapp, dan media sosial lainnya. Meski tidak bisa bertatap muka secara langsung, setidaknya dengan menggunakan media sosial, Sedulur bisa bebas melepas rindu dengan keluarga di kampung halaman, bukan?

Seperti yang Sedulur ketahui, beberapa media sosial juga memiliki fitur menarik bagi penggunanya, di Instagram dan Facebook misalnya, kedua platform ini menyediakan fitur story yang bisa Sedulur unggah ke teman-teman atau keluarga. Tidak hanya itu, Instagram juga memiliki fitur video yang bisa Sedulur kirim ke kerabat dekat melalui direct message (DM). Mudah, bukan?

 

3. Berkirim Parsel Lebaran

Meskipun cara ini sudah lumayan lama dilakukan, mengirim parsel bisa setidaknya menggantikan anda yang tidak dapat berada di kampung halaman ketika lebaran tiba. Sedikit buah mata dengan surat yang anda tulis dengan tangan dapat menambah kesan dekat dengan keluarga. Sehingga, anda dapat mencurahkan semua perasan anda di dalamnya.

Selain itu, anda pun bisa menyelipkan foto elektronik dan video di dalamnya. Saat ini sudah banyak tersedia bingkai foto yang dapat ditancapkan dengan memory card untuk menampilkan foto dan video. Manfaatkan teknologi tersebut untuk mendekatkan anda dengan keluarga di hari yang fitri ini.

Walaupun silaturahmi tanpa mudik tidak bisa menggantikan kehadiran anda seutuhnya, setidaknya beberapa cara di atas dapat mengobati rasa rindu keluarga yang berada di kampung halaman. Sehingga, anda bersama mereka tetap dapat merasakan hari lebaran dengan lebih bermakna.

 

4. Berkirim Kartu Ucapan Virtual

Cara lainnya yaitu berkirim kartu ucapan virtual. Cara ini sebenarnya sudah ada sejak lama tapi jarang digunakan oleh beberapa orang. Dengan menggunakan cara ini, Sedulur bisa bersilaturahmi tanpa harus mudik, lho! Buatlah kartu ucapan yang menarik sebelum mengirimkannya pada teman maupun keluarga. Tidak hanya berupa tulisan, Sedulur juga bisa menyelipkan pesan suara agar memberikan kesan yang hangat untuk keluarga Anda.

Sekarang ini banyak juga aplikasi untuk membuat kartu ucapan yang menarik. Tidak membutuhkan keahlian yang khusus, Sedulur bisa menemukan template kartu ucapan yang tersebar di internet. Pastikan perangkat internet Anda terhubung dengan perangkat keluarga Anda di kampung halaman, ya!

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Sedulur coba. Meski tidak bertemu dengan sakan saudara di kampung, bukan berarti putus silaturahmi begitu saja, bukan? Momen lebaran tidak akan pernah terhalang meski hanya sebatas media sosial, kok, Sedulur! Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya!