Bekas luka sulit hilang? Mungkin Sedulur menggunakan cara menghilangkan bekas luka yang kurang tepat. Bekas luka sangat mempengaruhi penampilan, terutama bagi Sedulur yang sangat memperhatikan penampilan. Sementar bagi Sedulur yang cuek, bekas luka mungkin saja sebuat tanda kebanggaan.

Sedulur perlu melakukan cara menghilangkan bekas luka yang tepat dan secara alami. Bekas luka biasanya merupakan bagian dari proses penyembuhan alami. Ketika dermis, lapisan kedua kulit yang rusak akibat luka, akan tumbuh dan membentuk serat kolagen untuk memperbaiki kerusakan. Namun hal tersebut yang kemudian memberikan bekas yang ingin dihilangkan.

Apa saja sih jenis-jenis luka yang biasanya terjadi, simak daftarnya berikut ini:

  • Bekas luka keloid: biasanya bekas luka ini tumbuh jauh lebih besar ketimbang luka itu sendiri. Selain itu bekas luka ini juga akan tumbuh dan memberi bekas warna hitam gelap. Keloid dapat memberi efek samping menganggu pergerakan, memberikan rasa nyeri dan gatal.
  • Bekas luka hipertrofik: jika bekas luka keloid menimbulkan warna hitam, bekas luka jenis ini akan memberikan bekas warna merah. Namun, bekas luka jenis ini hanya terjadi pada sekitar area luka dan tidak akan melebat. Efek yang dirasakan biasanya adalah gatal-gatal dan nyeri.
  • Bekas luka kontraktur: bekas luka ini dapat menyebabkan area kulit yang terkena luka menjadi kencang dan berkontraksi. Biasanya bekas luka jenis ini terjadi akibat luka bakar. Karena jenis luka ini dapat mempengaruhi otot dan saraf bawah kulit, dan membuat kita kesulitan melakukan pergerakan saat luka ini belum sembuh.
  • Bekas luka meluas: jenis luka ini juga dikenal dengan nama bekas luka meregang. Biasanya bekas luka ini diamai setelah melakukan operasi. Bekas luka yang ditimbulkan biasanya data dan berwarna pucat. Cenderung tidak terlihat dan tidak menganggu.

Setelah mengetahui jenis-jenis luka. Sedulur wajib mengetahui bagaimana cara membersihkan luka dengan cara alami. Berikut ini beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk menghilangkan luka. Yuk, langsung kita cek!

-->

BACA JUGA: 15 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan yang Disebutkan Al-Quran

1. Menggunakan lidah buaya

1. Cara memutihkan mata menggunakan lidah buaya
freepik

Lidah buaya merupakan bahan alami pertama yang bisa sedulur gunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka tahunan.  Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung segudang manfaat untuk kesehatan kulit dan kesehatan rambut. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari lidah buaya yang bisa mencerahkan kulit secara efektif.

Caranya sangat mudah, Sedulur bisa mengoleskan lidah buaya di area bekas luka Sedulur, lalu diamkan selama 30 menit dan setelah itu bilang menggunakan air bersih. Untuk hasil yang lebih optimal, Sedulur bisa menggunakannya sebanyak dua kali sehari secara teratur.

2. Mengoleskan madu pada bekas luka

2. Mengoleskan madu pada bekas luka
freepik

Selain rasanya yang manis, madu juga merupakan bahan alami yang dapat Sedulur gunakan untuk menghilangkan luka. Cara menghilangkan bekas luka koreng menggunakan madu sangat mudah. Sedulur tinggal mengoleskan madu pada bagian luka, lalu diamkan selama 10 menit dan bilas menggunakan air hangat.

Khasiat madu tersebut didapatkan karena madu mengandung efek antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang baik untuk memulihkan luka pada kulit. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Minyak kelapa atau minyak zaitun

3. cara menghilangkan bekas lukainyak kelapa atau minyak zaitun
freepik

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Namun disarankan lebih ampuh menggunakan minyak zaitun. Baru jika tidak dapat menemukan minyak zaitun, Sedulur bisa menggunakan minyak kelapa.

Hal tersebut dikarenakan kandungan dari minyak zaitun dan minyak kelapa dapat menghilangkan bekas luka, terutama bekas luka jerawat. Jangan lupa sambil memijat-mijat bagian luka agar minyak menyerap pada kulit. Dengan menyerapnya minyak kelapa dan minyak zaitun pada area kulit yang luka, dapat membantu sel-sel kulit beregenerasi lebih cepat.

BACA JUGA: Manfaat Buah Bidara & Kandungan Nutrisi untuk Kesehatan Tubuh

4. Menggunakan bawang putih

4. Menggunakan bawang putih
freepik

Bawang putih juga bisa Sedulur gunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka. Bawang putih telah dikenal sebagai obat herbal sejak dari dahulu kala untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan. Bukan hanya luka bekas jerawat, bawang putih juga bisa Sedulur gunakan untuk menghilangkan luka akibat psoriasis.

Sedulur hanya tinggal mengoleskan bawang putih yang telah dihaluskan pada area luka. Diamkan beberapa saat, disarankan lebih dari lima menit. Lalu bilas menggunakan air hangat. Jika Sedulur ingin lebih efektif lagi, Sedulur bisa mencampurkan bawang putih dengan lidah buaya.

5. Cuka sari apel

5. Cara menghilangkan bekas luka luka sari apel
freepik

Cara menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka sari apel. Cara ini sangat ampuh, karena cuka sari apel dikenal ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati, mencegah ingeksi bakteri dan mengurangi produksi sebum yang menyebabkan luka membekas. Sedulur bisa mengoleskan cuka sari apel dengan mencampurkan dengan air putih. Lalu oleskan pada bagian luka yang membekas. Hal ini dapat membantu bekas luka memudar secara perlahan.

BACA JUGA: 15 Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker!

6. Mengoleskan baking soda

6. Mengoleskan baking soda
freepik

Sedulur juga bisa mengoleskan baking soda di area bekas luka. Karena baking soda bisa digunakan sebagai caara menghilangkan bekas luka. Sedulur hanya perlu mencampurkan baking soda dengan air hingga menjadi kental. Lalu oleskan pada bagian area bekas luka. Diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air bersih. Bekas luka pun akan secara perlahan memudar.

7. Menggunakan Jeruk Nipis

7. Cara menghilangkan bekas luka dengan Menggunakan Jeruk Nipis
freepik

Sedulur bisa menggunakan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan bekas luka. Jeruk nipis merupakan bahan alami yang terkenal untuk mencerahkan kulit. Karena dalam jeruk nipis terkandung Alpha Hydroxy Acid (AHA) yang dapat mengangkat sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit.

Hal tersebut juga dapat Sedulur gunakna untuk menghilangkan bekas luka Sedulur. Sedulur bisa menggunakan jeruk nipis, dan mengoleskannya pada bagian bekas luka, lalu diamkan selama 30 menit dan bilang menggunakan air hangat. Sedulur bisa melakukan cara ini secara rutin, agar bisa mendapatkan hasil yang sempurna.

BACA JUGA: 9 Fakta dan Manfaat Tamanu Oil Untuk Kesehatan Wajah, Hindari Jerawat

8. Dengan mengoleskan bawang merah

8. Dengan mengoleskan bawang merah
pexels

Selain menggunakan bawang putih, bawang merah juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka. Hal tersebut disebabkan karena bawang merah mengandung anti inflamasi yang dapat menghambat pertumbuhan kolagen pada bekas luka. Sehingga secara perlahan, bekas luka akan samar-samar. Namun, untuk penggunaan bawang merah menghilangkan bekas luka pada wajah, Sedulur disarankan terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan dokter.

9. Menggunakan timun

9. Cara menghilangkan bekas luka menggunakan timun
pexels

Sedulur juga bisa menggunakan timun untuk menghilangkan bekas luka. Timun sangat ampuh untuk Sedulur gunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kaki. Terutama bagi Sedulur yang memiliki kulit sensitif. Sangat direkomendasikan menggunakan timur. Timun juga aman digunakan untuk menghilangkan bekas luka yang ada pada bagian wajah. Biasanya bekas luka sisa jerawat.

BACA JUGA: 12+ Manfaat Buah Matoa Asal Papua Untuk Kesehatan Tubuh & Kulit

10. Teh hijau

10. Teh hijau
pexels

Selain nikmat dan dapat membuat nyaman, teh hijau juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka. Hal tersebut disebabkan karena kandungan Epigallocatechin Gallate (EGCG) dalam teh hijau. EGCG merupakan zat yang bersifat antioksidan dan antibakteri secara sekaligus yang dapat mengatasi berbagai permasalahan kulit. Buakn hanya itu, EGCG juga mengandung anti inflamasi yang dapat secara efektif mengatasi luka pada kulit.

11.  Air kelapa

11.  Air kelapa
pexels

Cara menghilangkan bekas luka di wajah atau bagian tubuh lainnya yang terakhir adalah dengan menggunakan air kelapa. Jika pada poin sebelumnya terdapat cara menghilangkannya menggunakan minyak kelapa. Air kelapa juga sama ampuhnya untuk menghilangkan bekas luka.

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Kutus Kutus Untuk Kesehatan & Cara Pakai

Hal tersebut disebabkan karena dalam air kelapa terkandung vitamin C, serat, protein, kalium dan magnesium. Hal ini dapat menghilangkah bekas luka secara ampuh dikulit. Sedulur bisa menggunakan air kelapa dengan cara membasuh luka secara teratur. Sedulur juga wajib mengetahui apa saja penyebab luka bisa membekas hingga menghitam. Berikut ini beberapa sebab yang dapat menyebabkan bekas luka membandel di kulit Sedulur:

  • Pertama, yang menyebabkan luka berbekas adalah faktor keturunan. Keloid sebaik apapun merawat kalau genetik kuat, turun-temurun, tidak bisa dihindari tapi bisa diminimalkan
  • Kedua, luka lainnya yang cenderung membekas adalah jahitan setelah operasi sesar. Namun bekas luka tersebut akan kembali normal seiring berjalannya waktu.
  • Ketiga seringkali digaruk atau dimainkan. Hal ini akan menghambat proses penyembuhan luka. Dan pada dasarnya luka akan menjadi semakin lama sembuh dan menghasilkan bekas yang sulit dihilangkan.

Semoga daftar cara menghilangkan bekas luka yang telah dijelaskan di atas, bisa membantu Sedulur yang tengah berusaha menghilangkan bekas luka. Karena bekas luka memang sangat menganggu dan bahkan bisa menghilangkan kepercayaan diri kita saat beraktivitas di luar. Jangan lupa untuk lebih berhati-hati ke depannya, agar Sedulur terhindar dari luka yang bisa merusak kelembutan kulit Sedulur.