20+ Resep Camilan Saat Musim Hujan. Praktis Banget!

Pengen ngemil? Yuk simak daftar resep camilan di bawah ini. Praktis dan mudah banget dibuat, lho!

Saat musim hujan, camilan merupakan salah satu stok makanan yang harus selalu kita sediakan. Karena, biasanya di saat hujan, kita selalu ingin ngemil sambil menikmati hujan. Terdapat beberapa camilan yang mudah dibuat yang bisa menjawab rasa penasaran Sedulur yang ingin ngemil.

Mulai dari resep kue camilan, resep camilan praktis, resep membuat cemilan, resep cemilan yang mudah dibuat, hingga aneka resep camilan bisa Sedulur buat dengan mudah. Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan menjelaskan berbagai daftar camilan enak dan juga cemilan mudah dan praktis yang bisa Sedulur buat sendiri di rumah. Seperti apa saja resepnya? Yuk, mari kita langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 8 Daftar Camilan Kekinian yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Daftar Resep Camilan yang Mudah dan Praktis Disaat Musim Hujan!

1. Kerupuk Kulit Lumpia

1.   Kerupuk Kulit Lumpia

Camilan pertama yang dengan mudah bisa Sedulur buat adalah kerupuk kulit lumpia. Sedulur hanya memerlukan beberapa lembar kulit lumpia, tepung terigu 2 sdm, air sebanyak 60 ml dan garam hingga bumbu kaldu. Cara membuatnya yang pertama, Sedulur buat adonan basah dari tepung terigu, air dan garam juga bumbu kaldu. Adonan basah akan berfungsi sebagai perekat kulit lumpia.

Selanjutnya gulung atau lipat kulit lumpia, dan gunting menjadi berukuran kecil atau sesuai selera Sedulur.  Siapkan minyak panas dan goreng kulit lumpia yang telah digulung dan digunting. Goreng kering dan setelah kering angkat kerupuk kulit lumpia. Sajikan selagi panas untuk menemani waktu hujan Sedulur.

2. Kentang Goreng

2.   Kentang Goreng

Membuat resep camilan ini sangat mudah, bahan yang dibutuhkan adalah 2 buah kentang ukuran besar, 2 gelas air untuk merebus kentang, garam secukupnya, setengah sdt kunyit bubuk, 1 sdm makan tepung terigu, minyak goreng secukupnya dan 2 gelas air es,

Cara membuatnya sangat mudah pertama kupas dan iris kentang dengan bentuk sesuai selera, namun disarankan potong kentang dengan bentuk stik. Setelah dipotong, merendam kentang ke air terlebih dulu. Lalu rebus kentang dan tambahkan kunyit ke dalam air rebusan.

Setelah matang direbus, angkat kentang dan tiriskan. Masukan rebusan kentang ke dalam air es. Diamkan kentang, sambil mendiamkan kentang, kita membuat adonan dari campur terigu dan garam. Gulingkan kentang di atasnya lalu aduk dan lumuri kentang dengan tepung campur garam. Selanjutnya panaskan minyak kemudian goreng kentang sampai berubah warna. Angkat dan tiriskan. Resep kentang pertama pun selesai dilakukan.

Baca Juga: 20 Ide Bisnis Makanan Ringan Kekinian dan Menguntungkan

3. Singkong Keju

3.   Singkong Keju

Camilan yang saat ini banyak dipilih dan dibeli adalah singkong keju. Sedulur bisa dengan mudah membuatnya, karena bahan yang dibutuhkan hanya beberapa batang singkong, keju batang dan bawang putih. Pertama Sedulur kupas terlebih dahulu singkong, lalu bersihkan. Rendam singkong menggunakan air garam, agar singkong menjadi empuk.

Setelah direndam cukup lama, selanjutnya Sedulur rebus singkong menggunakan bawang putih yang telah dihaluskan, rebus hingga singkong menjadi empuk. Angkat singkong yang telah direbus, dan rendam kembali disarankan merendam singkong menggunakan air es, agar singkong semakin merekah dan akan renyah nantinya. Siapkan minyak panas, dan goreng singkong hingga kering. Angkat singkong, dan beri parutan keju di atasnya. SIngkong keju pun siap dinikmati.

4. Sosis Bakar

4.   Sosis Bakar

Camilan satu ini juga merupakan salah satu jenis jajanan yang saat ini sedang hits. Membuatnya juga sangat mudah, Sedulur hanya membutuhkan saus sambal, saus tomat dan kecap sebagai bumbu bakarnya, dan tentu saja siapkan sosis sesuai Selera Sedulur.

Siapkan sosis, bersihkan dan tusuk dengan lidi atau tusuk sate. Bakar sosis di atas pembakaran dan juga jangan lupa sambil olesi menggunakan bumbu yang telah disiapkan. Jika telah matang dengan sempurna, camilan kekinian satu ini siap disajikan dan dinikmati.

5. Bakwan Sayur

5.   Bakwan Sayur

Ingin camilan yang sehat dan kaya akan serat? Sedulur wajib mencoba camilan satu ini, cara membuatnya juga mudah dengan bahan yang tidak sulit didapat. Sayur yang digunakan adalah sayur kol, wortel dan tauge. Siapkan juga tepung terigu 6 sdm, tepung beras 2 sdm, dan tepung tapioka 1 sdm. Aduk tepung dalam mangkuk dan beri garam dan kaldu bubuk, tambahkan air secara perlahan hingga adonan kental.

Potong-potong sayur hingga berukuran kecil, masukkan dalam adonan dan aduk rata. Panaskan minyak menggunakan api kecil, cetak adonan bakwan dan goreng hingga kering. Camilan sehat ini siap menemani Sedulur untuk ngemil di tengah hujan yang selalu membuat lapar.

6. Keripik Kentang

6.   Keripik Kentang

Bosan dengan olahan kentang yang memiliki bentuk besar, Sedulur bisa membuat alternatif pilihan lain, yaitu keripik kentang yang sangat cocok sebagai camilan. Cara pertama membuatnya adalah merendam kentang yang telah dibersihkan ke dalam air garam. Lalu potong kentang dan iris dengan sangat tipis. Rendam kembali kentang ke dalam air garam, dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu panaskan minyak, usahakan menggunakan wajan yang besar dan minyak yang banyak.

Masukan kentang ketika minyak telah sangat panas. Goreng kentang hingga berubah warna dan kering. Setelah itu, angkat kentang dan tiriskan. Keripik kentang yang renyah pun telah siap disajikan, dengan ditemani kopi atau teh.

7. Keripik Singkong

7.   Keripik Singkong

Pilihan olahan camilan lain yang sangat mudah dibuat dan juga memiliki rasa yang nikmat adalah keripik singkong. Cara membuatnya sangat mudah, bahan yang dibutuhkan pun hanya singkong saja. Pertama Sedulur rendam terlebih dahulu singkong menggunakan air garam, lalu potong singkong berbentuk lembaran. Jemur singkong hingga kering.

Setelah singkong kering, selanjutnya adalah menggoreng kentang. Sedulur harus menggoreng keripik singkong dengan menggunakan minyak yang banyak, hingga sebuah singkong terendam, agar keripik singkong matang secara merata.

8. Kentang Tepung Goreng

8.   Kentang Tepung Goreng

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat camilan satu ini adalah 3 buah kentang dan merica bubuk secukupnya, siapkan juga setengah bungkus royco, 2 gelas air, 1 sdt garam, 1/2 bungkus royco, 1 butir telur, 2 gelas tepung terigu, dan merica bubuk secukupnya agar tepung semakin gurih.

Setelah bahan siap, cara membuatnya adalah bersihkan, kupas dan rendam kentang ke dalam air gara. Lalu potong kentang sesuai selera. Selanjutnya masukan kentang ke dalam air mendidih, dan rebus hingga setengah matang, atau sekitar 5 menit.

Kocok telur yang telah ditambah royco, siapkan juga tepung terigu yang telah ditambah royco dan merica buku. Masukan kentang setengah matang ke dalam telur, dan lalu guling-guling pada tepung terigu. Setelah siap, goreng kentang tepung hingga matang dan berubah warna.

9. Cireng Goreng

9.   Cireng Goreng

Salah satu kuliner khas Jawa Barat ini terbuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih dan bawang merah. Haluskan bawang hingga sangat lembut, masukkan dalam mangkuk, tambahkan tepung tapioka sesuai kebutuhan dan masukkan air secara perlahan, aduk hingga adonan menjadi kental dan lengket.

Cetak menjadi beberapa buah, dan siapkan minyak panas untuk menggorengnya. Goreng adonan cireng hingga kering dan kriuk. Setelah kering, angkat cireng dan tiriskan. Cireng pun siap dinikmati sebagai camilan di saat musim hujan. Cireng sendiri singkatan dari aci digoreng. Aci merupakan sebutan orang Sunda untuk tepung tapioka.

10. Bakso Bakar

10.   Bakso Bakar

Bakso bakar merupakan camilan atau jajanan asli Malang yang sudah melegenda. Sedulur hanya membutuhkan saus kecap, saus sambal dan saus tomat sebagai bahan untuk membakar bakso. Siapkan bakso dan tusuk menggunakan lidi. Bakar bakso di atas panggangan dan olesi dengan saus bakarnya. Bakar bakso hingga matang dan mengeluarkan minyak. Bakso bakar pun siap dinikmati sebagai camilan.

11. Keripik Pisang

11.   Keripik Pisang

Salah satu camilan yang sangat nikmat dimakan ketika musim hujan adalah keripik pisang. Keripik pisang memiliki rasa gurih, manis dan asin. Banyak masyarakat yang menyukai keripik pisang, baik sebagai camilan atau sebagai lauk untuk makan besar.

Kebiasaan camilan masyarakat Indonesia ini menjadikan munculnya berbagai macam kuliner yang diolah sedemikian rupa agar bisa dikonsumsi sebagai camilan. Salah satu contohnya adalah keripik pisang. Pisang yang belum sepenuhnya matang, diolah sedemikian rupa dan digoreng agar bisa memiliki tekstur kriuk seperti keripik pada umumnya.

12. Lidi Pedas

12.   Lidi Pedas

Makanan ringan yang sedang ramai saat ini adalah lidi pedas. Lidi berasal dari spaghetti yang digoreng kering, dan dibumbui oleh bumbu asin dan pedas. Menghasilkan rasa yang gurih dan pedas dengan lidi yang kriuk.

Banyak masyarakat yang menyukai lidi pedas ini, hal tersebut terbukti dengan banyaknya penjual lidi pedas yang bisa kita temui di pinggir jalan. Kita hanya perlu mengemas lidi pedas sedikit lebih rapi, dan juga menambahkan varian rasa seperti rasa jagung bakar, balado dan bawang goreng.

13. Telur Gulung

13.   Telur Gulung

Camilan yang sangat cocok untuk dinikmati saat musim hujan selanjutnya adalah telur gulung. Telur gulung pun sangat mudah dan praktis membuatnya, Sedulur hanya perlu menyiapkan beberapa telur dan kocok lepas. Tambahkan air pada kocokan telur, beserta garam dan bumbu kaldu.

Siapkan minyak panas yang agak banyak, tunggu minyak hingga benar-benar panas. Masukkan adonan telur menggunakan sendok, disarankan goreng adonan telur sebanyak tiga sendok saja. Telur akan mengembang dengan cepat, Sedulur siapkan lidi yang agak panjang dan gulung telur yang sedang digoreng tersebut. Buat beberapa tusuk, Sesuai keinginan Sedulur.

14. Sosis Gulung Mie

14.   Sosis Gulung Mie

Cemilan selanjutnya yang sangat cocok untuk menemani musim hujan Sedulur adalah sosis gulung mie. Bahan yang dibutuhkan pun hanya sosis dan mie telur. Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur rebus terlebih dahulu mie hingga kenyal, dan angkat, saring kemudian tiriskan. Tambahkan merica dan garam pada mie jika Sedulur menginginkannya.

Siapkan sosis dan potong-potong dengan ukuran sesuai selera, lalu gulung sosis dengan mie yang tadi sudah direbus. Panaskan minyak, goreng sosis yang telah digulung dengan mie hingga matang dan kering. Sosis gulung mie pun siap dinikmati.

15. Sosis Goreng Tepung

15.   Sosis Goreng Tepung

Olahan sosis lainnya yang bisa dijadikan sebagai camilan adalah sosis goreng tepung. Bahan yang Sedulur butuhkan hanya tepung panir dan tepung terigu. Buat adonan basah dari tepung terigu, lalu rendam sosis di atas adonan tepung terigu, siapkan tepung terigu kering, gulirkan sosis yang telah direndam di adonan tepung terigu. Masukkan kembali sosis pada adonan tepung terigu, celupkan hingga sosis basah, dan gulirkan di atas tepung panir. Lakukan untuk beberapa buah sosis.

Langkah terakhir adalah menyiapkan sosis yang telah diselimuti tepung panir dan panaskan minyak agak banyak. Metode menggoreng yang digunakan dalam resep sosis goreng tepung adalah metode deep frying. Dengan metode ini sosis yang dihasilkan akan lezat.  Sosis goreng tepung pun siap dinikmati.

16. Kentang Mustofa

16.   Kentang Mustofa

Camilan satu ini selain bisa digunakan untuk ngemil, juga bisa digunakan sebagai lain makan. Cara membuatnya sangat mudah, siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, cabai merah, cabai rawit, bawang putih, Tumis bumbu halus dan tambahkan daun jeruk dan daun salam. Beri garam dan bumbu, cek rasa sesuai selera. Biarkan bumbu dingin terlebih dahulu. Lalu kita siapkan kentang yang telah diiris serupa batang korek api.

Goreng kentang hingga kering, dan renyah. Setelah matang, aduk dan campurkan kentang dengan bumbu halus yang telah dibuat. Aduk dan campur terus hingga semuanya tercampur sempurna. Kentang mustofa pun telah siap kita nikmati.camilan

17. Keripik Bayam

17.   Keripik Bayam

Olahan menyehatkan dari bayam yang juga bisa Sedulur jadikan sebagai camilan adalah keripik bayam. Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur tinggal menyiapkan beberapa lembar daun bayam, dan bilas daun bayam hingga bersih. Lalu siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih 5 siung, ketumbar bubuk 1 sdt dan garam 1 sdt.

Siapkan adonan yang terbuat dari tepung beras dengan air, dan campurkan bumbu halus. Aduk adonan hingga rata. Celupkan daun bayan dalam adonan yang telah dibuat, masukkan dalam minyak goreng panas dan goreng keripik bayam hingga kering. Keripik bayam pun siap dinikmati.

18. Keripik Tempe

18.   Keripik Tempe

Untuk membuat keripik tempe, Sedulur harus menyiapkan tempe dan iris tempe setipis mungkin. Selanjutnya Sedulur siapkan adona untuk menyelimuti tempe yang terbuat dari tepung beras 4 sdm, tepung terigu 2 sdm, telur 1 buah dan air sebanyak 2 gelas. Aduk dan campurkan bahan tersebut hingga menjadi adonan.

Celupkan tempe yang telah diiris tipis pada adonan, dan goreng hingga kering menggunakan minyak yang sangat panas. Angkat keripik tempe dan tiriskan. Keripik tempe pun siap menemani waktu ngemil Sedulur.

19. Usus Goreng Tepung

19.   Usus Goreng Tepung

Selain bisa dijadikan sebagai camilan, usus goreng tepung juga bisa Sedulur jadikan sebagai lauk makan. Cara membuatnya juga sangat mudah, pertama Sedulur siapkan dulu usus ayam yang telah dibersihkan dan tidak berbau lagi. Siapkan tepung terigu dan tepung beras, sebagai adonan basah, tambahkan bumbu halus darii bawang putih dan bawang merah. Masukkan usus pada adonan tepung tersebut, dan rendam hingga usus diselimuti adonan. Siapkan minyak panas, dan goreng usus hingga kering.

20. Batagor

20.   Batagor

Membuat batagor sangat mudah. Sedulur tinggal mencampurkan tepung terigu, tepung tapioka dan juga bumbu halus yang terdiri dari bawang putih, merica, bawang merah gula dan garam. Aduk hingga adonan mengental dan tambahkan air secara perlahan. Cetak adonan kepada tahu atau kulit pangsit dan goreng hingga batagor kering. Angkat dan saring batagor, nikmati batagor bersama kuah kacang atau juga chili oil.

21. Pisang Kremes

21.   Pisang Kremes

Pisang kremes adalah pisang yang digoreng dengan tepung terigu seperti pada umumnya. Di beberapa daerah, pisang kremes juga dikenal dengan nama pisang krispi. Pisang kremes sangat cocok dijadikan sebagai camilan untuk mengisi waktu luang Sedulur atau juga untuk mengatasi rasa lapar.

Semoga daftar camilan yang telah diulas di atas bisa memberikan ide bagi Sedulur yang ingin ngemil di tengah musim hujan saat ini. Selain itu, Sedulur juga bisa membeli beberapa bahan untuk membuat resep di atas di Aplikasi Super. Aplikasi Super memiliki bahan kebutuhan dapur yang sangat lengkap dengan harga super murah.

Jika tidak percaya Sedulur bisa langsung cek saja di Aplikasi Super, dan download Aplikasi Super terlebih dahulu. Sedulur juga bisa klik di sini bagi yang ingin mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, mulai gunakan Aplikasi Super saat ini juga dan jalani hari semakin mudah dan menguntungkan bersama Aplikasi Super.