Berbagai Olahan Daging Ayam yang Bisa Sedulur Coba di Rumah

Olahan daging ayam merupakan hal yang paling umum dimasak di setiap rumah.

Siapa yang tidak suka dengan daging ayam? Hampir setiap masyarakat di Indonesia pada umumnya menyukai daging ayam. Adapun yang tidak menyukai daging ayam lebih kepada alergi dan berkaitan dengan kesehatan. Namun rata-rata, daging ayam merupakan menu makan yang banyak disukai.

Hal ini dapat dilihat dari berbagai olahan daging ayam yang terdapat di berbagai restoran dan rumah makan. Banyaknya jenis olahan daging ayam tersebut merupakan salah satu bukti bahwa daging ayam merupakan makanan yang disukai masyarakat.

Berikut beberapa olahan daging ayam yang bisa Sedulur Super coba sendiri di rumah. Olahan daging ayam di bawah ini merupakan yang umum dijual oleh berbagai rumah makan sebagai salah satu menu andalannya. Apa saja olahan daging ayam tersebut? Yuk, mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Mengenal Beras ketan dan Berbagai Manfaatnya

Aneka Olahan Daging Ayam yang Bisa Sedulur Super Coba di Rumah

1. Ayam Rica-Rica

Olahan daging ayam pertama adalah ayam rica-rica, olahan ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Ayam rica-rica merupakan olahan khas yang memiliki rasa yang kuat. Ayam rica-rica juga merupakan olahan daging ayam yang simpel. Bisa Sedulur Super coba di rumah.

Olahan daging ayam simpel ini membutuhkan daging ayam sesuai selera dan kebutuhan, lalu 2 buah jeruk nipis, 7 lembar daun jeruk, daun bawang jahe, lengkuas secukupnya. Jangan lupa juga untuk menggunakan cabai sesuai selera. Cara membuat menu olahan daging ayam ini adalah sebagai berikut:

  • Masukkan cabe merah besar, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan minyak goreng secukupnya, ke dalam blender kemudian dihaluskan.
  • Selanjutnya, bumbu ayam rica-rica yang telah dihaluskan dimasukkan ke wajan yang telah dipanaskan sebelumnya, lalu kemudian ditumis.
  • Pada saat proses tumis bumbu ayam rica-rica, tambahkan irisan jahe kemudian aduk (oseng-oseng) sampai merata.
  • Masih dalam proses menggoreng, atau menumis bumbu halus ayam rica-rica, tambahkan laos yang telah diiris ke dalam bumbu ayam rica-rica.
  • Kemudian tambahkan kembali irisan batang serai, lalu aduk (oseng-oseng) tumisan bumbu ayam rica-rica. Lalu tambahkan sedikit gula pasir dan perasan air jeruk nipis.
  • Tambahkan irisan daun bawang dan daun jeruk kedalam tumisan bumbu ayam rica-rica. Tambahkan juga cabe rawit utuh, serta daun kemangi kedalam tumisan bumbu ayam rica-rica.

Setelah bumbu ayam rica-rica selesai, selanjutnya adalah mengolah daging ayam sebagai bahan utama. Bersihkan daging ayam sesuai selera dan kebutuhan, tambahkan air perasan jeruk nipi dan aduk secara merata. Diamkan sebentar, sekitar 10 menit. Setelah itu goreng ayam hingga kering dan masukan ke dalam bumbu ayam rica-rica yang telah dibuat.

Baca Juga: Tips Belanja Untung di Aplikasi Super

2. Ayam Mentega

Ayam mentega merupakan olahan daging ayam untuk anak. Anak-anak sangat menyukai ayam mentega karena memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Sedulur Super juga bisa membuat ayam mentega karena proses pembuatannya yang sangat sederhana.

Olahan daging ayam untuk anak ini membutuhkan bahan diantaranya 1 buah jeruk nips, 1 siung bawang putih, setengah siung bawang Bombay, 1 sendok makan mentega, 1 sendok makan kecap Inggris, setengah sendok gula pasir, 1 sendok saus tiram dan 50 ml air. Cara pengolahannya sebagai berikut:

  • Cuci ayam yang telah dipotong sesuai selera hingga bersih.
  • Potong jeruk nipis dan lumuri daging ayam dengan air perasan jeruk nipis.
  • Lumuri dengan potongan bawang putih. Lalu, Panaskan minyak goreng, dan Selanjutnya goreng potongan daging ayam hingga matang dan berwarna kecoklatan. Lalu angkat dan sisihkan.
  • Panaskan 3 sendok minyak goreng, kemudian tumis bawang bombay sampai harum dan sedikit layu. Lalu tambahkan mentega, kecap inggris, gula pasir dan saus tiram.
  • Selanjutnya masukkan daging ayam yang telah digoreng, kemudian aduk hingga masak dan merata sampai bumbunya meresap.
  • Tambahkan air dan masak sampai air menguap dan kering. Angkat dan resep daging ayam mentega siap disajikan.

Ayam mentega ini juga merupakan olahan daging ayam sehat, karena mengandung beberapa bahan yang dapat bermanfaat untuk tubuh kita dan menunjang aktivitas kita sehari-hari.

3. Soto Ayam

Olahan soto merupakan olahan kuliner khas Indonesia yang banyak variasinya. Sedulur bisa hitung ada berapa olahan soto yang terdapat di Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki olahan soto khas daerahnya masing-masing. Seperti soto Madura, soto Padang, hingga soto Bandung.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat soto ayam adalah 1 ekor ayam, 3 butir telur ayam, rebus hingga matang kemudian iris menjadi 4 bagian, 2 btg serai, 2 lembar daun salam, 1 batang daun bawang dan  iris halus, 200 gr tauge, cuci dan bersihkan kemudian kukus hingga matang,  50 gr soun, lalu rendam dengan air panas, dan 2 liter air untuk kuah soto.

Selanjutnya bahan lain seperti 200 gr Kol yang diiris tipis, 50 gr bawang goreng, 3 lembar daun jeruk, 4 buah kentang lalu bersihkan dan iris tipis, 2 buah tomat dipotong menjadi 6 bagian, 2 cm lengkuas, 2 sdm minyak goreng, 2 cm kunyit, 4 buah kemiri, 2 cm jahe, 3 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 1 sdt merica, 2 sdm garam, dan 1 buah jeruk nipis, potong menjadi 8 bagian. Cara memasaknya bisa Sedulur simak dibawah ini:

  • Masukkan kunyit, kemiri, jahe, bawang merah, dan bawang putih kedalam blender, kemudian haluskan. Selanjutnya tambahkan merica dan garam.
  • Kemudian siapkan penggorengan dengan api sedang, dan tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng.
  • Lalu masukkan daun jeruk, daun salam, serai, dan lengkuas.
  • Tumis bumbu hingga harum.
  • Selanjutnya siapkan panci dan rebus air hingga mendidih.
  • Setelah air mendidih, masukkan bumbu yang sudah ditumis ke dalam panci.
  • Lalu masukkan ayam yang sudah dibersihkan ke dalam kuah soto yang sedang direbus.
  • Rebus kuah dan ayam hingga mendidih dan matang.

Setelah itu, Sedulur tinggal menyiapkan ayam yang dipotong tipis. Bisa Sedulur Super suir atau potong sesuai selera. Sedulur Super juga bisa menambahkan bawang goreng dan beberapa perlengkapan lainnya yang telah disediakan seperti soun, telur, sayuran dan lain sebagainya.

Sedulur Super juga bisa membeli persediaan untuk membuat berbagai aneka olahan daging ayam yang telah diulas di atas di Aplikasi Super. Klik di sini terlebih dahulu bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super. Setiap sembako dan kebutuhan rumah dijamin lengkap tersedia di Aplikasi Super.