Berbagai Jenis Beras Super yang Harus Sedulur Ketahui

Selain kualitas yang lebih baik, ada jenis beras super yang perlu Sedulur ketahui.

Nasi merupakan makanan pokok bagi masyarakat di Indonesia. Saking pokok dan pentingnya nasi bagi masyarakat di Indonesia, Sedulur pasti pernah mendengar ungkapan yang berisi belum makan namanya jika belum makan nasi. Dari ungkapan tersebut, kita sebuah bisa mengetahui, seberapa vital nasi di hati masyarakat Indonesia.

Nasi merupakan olahan dari beras. Beras sendiri merupakan biji yang dihasilkan tanaman padi. Sebelum menjadi nasi, beras harus dimasak dan ditanak terlebih dahulu agar dapat dinikmati secara nikmat. Ada beberapa jenis beras super yang menjadi nasi yang super lezat. Sedulur harus mengetahui berbagai jenis beras super yang ada di pasaran. Yuk mari kita simak apa saja jenis beras super yang wajib Sedulur Super sekalian beli.

Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Grosir Sembako Online

Jenis-Jenis Beras Super

1. Beras Pandan Wangi

Cianjur merupakan salah satu daerah yang menghasilkan beras super yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Cianjur sendiri merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Barat. Beras super dari Cianjur yang sangat terkenal adalah beras Pandan Wangi, beras super dari Cianjur ini terkenal wangi dan pulen (empuk) saat disantap ketika menjadi nasi.

Salah satu ciri khas beras super pandan wangi ini terletak pada aromanya yang wangi seperti pandan. Sedulur ketahui bahwa daun pandan merupakan salah satu dedaunan yang memiliki aroma yang sangat wangi, dan aroma tersebut terdapat dalam beras super dari Cianjur satu ini. Jadi ketika beras telah masak, Sedulur tidak perlu lagi menambahkan daun pandan di dalamnya karena wanginya sudah sangat terasa. Ciri lain yang akan membantu Sedulur agar tidak salah pilih adalah bentuknya yang tidak panjang dan runcing seperti beras super pada umumnya. Beras super pandan wangi memiliki bentuk yang  cenderung bulat, warnanya putih bening dengan sedikit kekuningan. Setelah dimasak, beras super ini akan memiliki tekstur yang sangat empuk. Jika Sedulur menemukan beras dengan bentuk runcing dan panjang namun memiliki aroma daun pandang, sudah bisa dipastikan besar tersebut bukan beras super pandan wangi, dan telah dicampur bahan kimia terlebih dahulu.

2. Beras Ramos atau IR64

beras-itkawai.com

Jenis beras super selanjutnya adalah beras ramos atau IR64, beras super satu ini merupakan beras khas Jawa Barat yang sangat disukai oleh masyarakat. Selain memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang enak, beras super satu ini memiliki harga yang sangat murah dan terjangkau oleh masyarkat. Beras ini memilik tekstur yang berbulir panjang dan tidak lengket ketika dimasak.

Namun beras super satu ini jika telah berumur lebih dari 3 bulan, rasanya berubah jadi sedikit  tawar dan mudah basi. Meski beras ini cocok dipadukan dengan sayur mayur dan lauk pauk khas Indonesia, banyak pabrik atau pun pedagang yang menambahkan zat kimia pemutih, pelicin, atau pewangi pada beras jenis ini. Sedulur diharapkan hati-hati membeli beras super jenis ini. Pastikan tempat Sedulur membeli beras sangat terpercaya dan aman, jika Sedulur ingin mudah dan terjamin, Sedulur bisa belanja beras super di Aplikasi Super. Sudah sangat dijamin kualitas beras yang ada di Aplikasi Super sangat terpercaya.

Baca Juga: Cara Mengolah Daging Agar Empuk dan Nikmat

3. Beras Rojolele

the smartphone is dried in rice

Beras super selanjutnya adalah beras rojolele yang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Beras rojolele merupakan beras super yang umum dijual di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Masyarakat di sana sudah terbiasa mengonsumsi beras super satu ini. Di kota-kota besar seperti contonya di kota Surabaya, terdapat banyak penjual beras rojolele.

Beras rojolele mempunyai ciri fisik atau tekstur beras yang cenderung bulat dengan memilik warna beras yang sedikit berwarna putih susu. Tekstur beras super rojolele pun sangat empuk dan pulen setelah dimasak. Beras ini lumayan diunggulkan dan menjadi pilihan bagi orang yang kurang menyukai sensasi wangi di dalam nasi. Nasi ketika selesai ditanak memiliki sensasi aroma yang tidak disukai oleh sebagaian orang. Beras super rojolele ini tidak akan menghasilkan sensasi aroma tersebut. Jika di Jawa Tengah dan Jawa Timur beras super satu ini dikenal dengan nama Rojolele, di Jawa Barat beras rojolele dikenal dengan sebutan lain, yaitu beras munjul. Meski berbeda nama, beras rojolele tetap sama.

4. Beras Menthik Wangi

Beras menthik wangi memiliki bentuk yang hampir serupa dengan beras pandan wangi. Namun, beras super menthik wangi memilik tekstur beras yang sedikit lebih bulat. Beras super satu ini juga memiliki kadar gula yang relatif lebih rendah.

Tidak semua beras memiliki warna yang putih bersih, tidak semua beras bagus memiliki warna yang putih bersih. Seperti beras super satu ini, beras menthik wangi merupakan beras super dengan kualitas tinggi namun memiliki warna yang kusam. Walaupun berwarna kusam, beras super menthik wangi memiliki aroma yang wangi. Terutama dengan kandungan gula rendah dari beras menthik wangi yang membuat beras super satu ini merupakan beras sehat yang sangat cocok dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Beras Solok

Beras super yang berasal dari kota Solok di provinsi Sumatera Barat ini memiliki bentuk yang sangat mungil, berwarna putih bersih dan juga memiliki aroma yang sangat wangi. Tekstur dari besar Solok satu ini juga sangat empuk dan mudah hancur ketika dikunyah.

Beras super dari Solok ini juga memiliki beberapa jenis, yaitu beras cisokan, anak daro dan ceredek. Beras yang paling diminati adalah beras Solok jenis anak daro. Hal tersebut karena karakteristiknya yang lembut, empuk dan aromanya yang sangat wangi. Beras super dari Solok yaitu beras anak daro menjadi beras favorit yang dikonsumsi oleh masyarakat di Singapura.

Sedulur Super sekalian bisa mendapatkan beras super dengan kulak beras di Aplikasi Super. Sembako yang ada di Aplikasi Super sudah dapat dipastikan dan dijamin kualitasnya. Karena Aplikasi Super memiliki dedikasi dalam melayani masyarakat. Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, bisa klik di sini, dan kulak sembako apapun yang Sedulur inginkan tersedia di Aplikasi Super.