Awas! 6 Makanan Ini Dapat Memicu Stroke

Pola hidup yang tidak sehat, seperti mengonsumsi makanan berlemak adalah salah satu penyebab serangan stroke itu terjadi. Penyakit stroke menyerang sistem pembuluh darah saraf otak dan sangat mematikan. Seringkali penyakit ini menjadi penyebab utama kelumpuhan. Stroke dapat menyerang siapapun tanpa memberikan gejala atau peringatan alias tiba-tiba. Maka dari itu, kita perlu menjaga pola hidup sehat dengan makan makanan yang sehat dan bergizi. Namun ada yang perlu Anda perhatikan dalam memilih makanan karena ada beberapa makanan yang mengandung lemak yang dapat memicu stroke. Kira-kira, apa saja ya makanannya? Coba simak bacaan di bawah ini!

seperti yang dilansir oleh kompas.com, ini dia jenis makanan yang perlu untuk Anda hindari :

1. Makanan cepat saji (fast food)

fast food by freepik.com

Para ahli nutrisi menilai, sejumlah makanan kaleng yang didalamnya mengandung kadar sodium dan garam (natrium) kelewat tinggi tidak disarankan untuk sering dikonsumsi. Pasalnya, garam atau sodium secara langsung dapat memengaruhi risiko terkena stroke. Asosiasi Jantung dan Stroke Amerika Serikat merekomendasikan, asupan sodium tidak boleh lebih dari 1.500 mg setiap hari. Sebuah riset teranyar menyebutkan, orang yang mengonsumsi lebih dari 4.000 mg sodium sehari, berisiko dua kali lipat terkena stroke ketimbang mereka yang mengasup 2.000 mg atau kurang. Oleh sebab itu, para ahli mengajurkan untuk selalu membaca label makanan dengan hati-hati. Selain itu, jangan pula terpaku untuk mewaspadai makanan yang rasanya asin saja. Anda juga harus meneliti makanan dengan label yang mengandung sodium dalam bentuk lain seperti baking soda, baking powder, MSG (monosodium glutamate), disodium phosphate, sodium alginate.

2. Keju

cheese by freepik.com

Keju adalah salah satu makanan yang perlu untuk dihindari oleh Anda yang memiliki kolesterol tinggi. Karena jika Anda telah memiliki kadar HDL rendah atau LDL tinggi saat mengonsumsi keju dapat meningkatkan kemungkinan menderita penyumbatan di arteri yang bertanggung jawab untuk proses transfer darah ke otak. Akibatnya Anda akan mudah terserang penyakit stroke.

3. Daging Merah

red leaf by freepik.com

Makanan ketiga yang perlu Anda hindari adalah daging merah. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi daging merah dalam jumlah besar memiliki risiko lebih tinggi terkena stroke daripada mereka yang mengonsumsi sumber protein lain, seperti ayam atau kalkun. Karena daging merah, seperti daging sapi, mengandung kolesterol dan lemak jenuh dalam jumlah besar, yang dapat berkontribusi pada risiko stroke.

4. Kacang

peanut by freepik.com

Anda perlu membatasi mengonsumsi kacang.  Kacang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena mengandung kalori dan lemak yang tinggi. Apalagi kacang dijual dalam paket kemasan. Tahukah Anda? Bahwa kacang yang dijual dalam kemasan dan berbagai rasa diproses menggunakan banyak garam sebagai penambah rasa dan agar lebih tahan lama. Mengonsumsi garam secara berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah yang merupakan salah satu pemicu penyakit stroke.

5. Sereal

cereal by freepik.com

Sereal umumnya mengandung tambahan gula yang dapat meningkatkan tekanan darah, seperti halnya garam. Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula tambahan dapat menyebabkan hati membuang lemak berbahaya ke dalam aliran darah, yang juga dapat menimbulkan risiko kesehatan yang parah, salah satunya adalah stroke.

6. Gorengan

fried calamary rings by freepik.com

Gorengan memang menjadi pelengkap makanan paling favorit bagi beberapa orang. Namun tahukah Anda bahwa mengonsumsi gorengan  secara berlebihan dapat memicu stroke? Karena gorengan mengandung lemak trans yang cukup banyak. Apabila dikonsumsi secara berlebihan maka akan meningkatkan resiko penyakit stroke. Anda perlu waspada dan hati-hati ya!

 

Nah, itulah beberapa makanan yang dapat memicu stroke. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat ya, Ibu Super!