12 Aplikasi Pemberi Cashback Terbaik di Indonesia, Dijamin Hemat Terus!

Berikut Aplikasi Cashback Terbaik di Indonesia, Dijamin Hemat!

Cashback adalah salah satu hal yang saat ini paling diincar oleh para konsumen dan pengguna smartphone. Maklum, tiap kali ada toko yang memperlihatkan tulisan promo cashback dari salah satu aplikasi, maka bisa dipastikan toko tersebut bakalan ramai pembeli.

Siapa sih yang nggak mau dapetin cashback, apalagi kalau cashback-nya mencapai lebih dari 30%? Maka dari itu, sekarang banyak tersedia aplikasi pemberi cashback yang bisa memberimu banyak keuntungan, terutama harga yang lebih hemat.

Daftar Aplikasi Pemberi Cashback dan Diskon

Kamu pun bisa belanja apa saja, mulai dari makanan, minuman, barang kebutuhan sehari-hari, hingga jasa, dengan memanfaatkan aplikasi pemberi cashback ini. Yuk kita simak apa aja aplikasi ini.

Pengertian Cashback

Sebelum kita masuk lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal sedikit tentang cashback. Cashback penawaran yang diberikan oleh pembeli dengan presentase pengembalian uang tunai atau uang virtual, ketika pembeli memenuhi beberapa syarat yang udah ditentukan oleh penyelenggara cashback.

Biasanya, cashback yang ditawarkan saat ini nggak berupa uang tunai, namun biasanya diberikan dalam bentuk poin ataupun saldo deposit. Hal ini dipilih supaya pembeli bisa kembali lagi untuk menggunakan cashback yang udah mereka dapat.

Beberapa Jenis Program Promo Cashback

pengertian cashback

Pengertian Cashback (source: https://www.moneyguru.com/credit-cards/cashback/everything-you-need-to-know-about-cashback)

Ada beberapa jenis program promo cashback yang umumnya dikenal oleh masyarakat umum saat ini:

Cashback Kartu Kredit

Cashback kartu kredit dikeluarkan oleh bank tertentu yang akan memberi keuntungan berupa pengembalian sejumlah uang dari pihak penerbit kartu kredit, kalau kamu melakukan transaksi tertentu atau nilainya mencapai nominal tertentu.

Selain uang, biasanya promo ini juga memberikan potongan harga dari hasil belanja, tergantung kebijakan masing-masing bank dan jenis kartu kreditnya, dengan presentase cashback yang bervariasi dari jumlah transaksi yang dilakukan.

Cashback Toko Online

Program cashback ini dikeluarkan oleh suatu online shop berupa pengembalian sejumlah nominal tertentu, misalnya, beberapa persen dari total transaksi. Namun ada juga online shop yang memberikan potongan cashback ketika melakukan pembelanjaan berikutnya.

Program ini menguntungkan bagi konsumen maupun pihak toko online. Dari sisi konsumen, mereka bisa lebih berhemat ketika melakukan pembelian berikutnya, sedangkan dari pihak online shop, mereka bisa membentuk consumen loyalty karena mereka pasti kembali untuk berbelanja lagi.

Cashback Properti

Promo cashback properti adalah cashback uang dikeluarkan oleh suatu pengembang atau developer berupa cashback jika pembeli membeli properti yang mereka jual, baik itu rumah, apartemen, ataupun ruko. 

Beda dengan promo cashback lain, biasanya cashback properti berupa perabotan rumah tangga, seperti AC, TV, lemari es, gimik full furnished, dll. Bahkan ada memberikan motor atau pun mobil bila harga properti yang dibeli sangat besar.

Cashback Kendaraan Bermotor

Hampir sama dengan cashback properti, promo cashback kendaraan bermotor diberikan kepada pembeli yang udah melakukan pembiayaan atau leasing terhadap kendaraan bermotor yang dijual. Cashback yang diberikan biasanya dalam bentuk laptop, hp, tablet, dll.

Kelebihan dan Kekurangan Promo Cashback

kelebihan dan kekurangan cashback

Kelebiahn dan Kekurangan Cashback (souce: https://www.beemoneysavvy.com/cashback/)

Setiap program atau penawaran pasti punya kelebihan dan kekurangan, termasuk promo cashback ini. Yuk kita lihat sekilas dulu apa kelebihan dan kekurangan promo cashback yang umum terjadi.

Kelebihan promo cashback

Dengan mengandalkan promo cashback, pembeli bisa mendapatkan keuntungan berupa bonus. Walaupun terkadang tidak dalam bentuk uang tunai, tapi ada manfaat yang mereka dapatkan, yang harganya senilai dengan yang dijanjikan.

Kekurangan promo cashback

Sebenarnya kekurangan promo cashback bukan dalam bentuk kerugian, tapi lebih ke cara bagaimana konsumen mendapatkan atau menggunakan cashback ini. Berikut beberapa kekurangan promo cashback.

  1. Syarat Pembelian

Untuk mendapatkan cashback, biasanya ada syarat dan ketentuan berlaku yang harus dipenuhi. Misal, ada promo cashback 10% jika membeli barang minimal Rp 300 ribu. Jika pembeli hanya membeli sebesar Rp 200 ribu, maka ia tidak akan mendapatkan promo cashback.

  1. Waktu pemberian

Tidak semua cashback bisa didapatkan pada saat pembeli melakukan transaksi, karena ada yang harus menunggu selama periode tertentu, misal beberapa hari, minggu bahkan bulan.

  1. Masa berlaku

Biasanya promo cashback punya periode penawaran yang terbatas, misalnya hanya berlaku di hari-hari tertentu, dalam rentang waktu satu minggu tertentu, ataupun jam tertentu. Ketika periodenya berakhir, maka promo cashback tidak berlaku.

  1. Fleksibilitas

Promo cashback mungkin terlihat menggiurkan, tapi tidak semua orang menyukai cashback, apalagi kalau bukan berupa uang tunai. Biasanya promo cashback yang tidak disukai adalah yang berbentuk voucher potongan harga, karena produk voucher yang ditawarkan belum tentu mereka gunakan atau butuhkan saat itu.

Perbedaan Cashback dengan Diskon

Dalam cashback, ketika konsumen membeli suatu barang seharga Rp 5 juta dengan promo cashback 15%, maka konsumen bakal mendapat nilai cashback setara Rp 750 ribu, tapi mereka tetap harus membayar sebesar Rp 5 juta.

Beda dengan promo diskon, ketika konsumen membeli barang seharga Rp 5 juta dengan prmo diskon 15%, maka konsumen hanya perlu membayar sebesar Rp 5 juta dikurangi potongan pembelian sebesar Rp 750 ribu, menjadi hanya 4,25 juta.

Review Aplikasi Pemberi Cashback Terbaik di Indonesia

aplikasi pemberi cashback

Review Aplikasi Cashback Terbaik (source: https://www.standard.co.uk/tech/emma-app-cashback-how-it-works-a4064511.html)

Di Indonesia, ada beberapa aplikasi cashback terbaik yang memberikan beberapa keuntungan bagi para pembeli. Kamu bisa jajan di kafe, makan di restoran, belanja di mini market, sampai spa di salon dengan harga yang lebih murah dan hemat. Berikut beberapa cashback app Indonesia terbaik yang bisa kamu gunakan untuk meraup keuntungan.

1. GO-JEK

G)-JEK adalah aplikasi layanan booking ojek online untuk Android dan iOS. Selain memberikan layanan lain selain transportasi, seperti pesan antar makanan ataupun pembelian tiket nonton, aplikasi ini juga banyak memberikan potongan cashback yang menarik. 

Cashback app Indonesia ini sering memberikan promo untuk pembelian makanan atau minuman kalau kamu menggunakan aplikasi ini sebagai alat pembayaran. Dengan cashback hingga 15%, kamu pun bisa lebih hemat.

Download Aplikasi GO-EK

2. ShopBack

Kalau kamu mau nyari cashback buat pembelian di toko online, kamu bisa download aplikasi ShopBack. Aplikasi ini bakal memberimu banjir cashback yang pastinya bakal menguntukan banget, apalagi kalau kamu doyan belanja lewat online.

Kamu bakal menerima promo cashback yang bervariasi lewat aplikasi cashback ini dari berbagai online shop, seperti Agoda, Zalora, Lazada Air Asia dan masih banyak lainnya. Selain promo cashback, aplikasi ini juga sering mengadakan promo diskon besar-besar.

Download Aplikasi Shopback

3. Paprika

Nah, kalau aplikasi lain ada yang menjual promo chasback-nya, Paprika akan memberikan promo cashback, alias kamu nggak perlu keluar uang untuk mendapatkan cashback-nya yang bisa mencapai 30%.

Yang kamu lakukan hanya daftar ke cashback app Indonesia ini, lalu menggunakannya, klaim dan bayar di merchant terdaftar. Paprika udah bekerja sama dengan berbagai tempat maupun toko, sehingga pilihan tempat belanja kamu juga jadi lebih banyak.

Downloa Aplikasi Paprika

4. Snapcart

Snapcart adalah cashback app Indonesia pertama yang memberikan cashback dari struk belanja. Yang kamu perlu lakukan adalah, download aplikasinya yang udah tersedia di Android dan iOS, daftarkan dirimu, lalu foto struk belanja dari minimarket atau supermarket yang tercetak, dan kamu akan langsung dapat koin. 

Koin ini nantinya bisa kamu gunakan untuk bermain Snaptastic Game dan bermain game putar untuk mendapat cashback. Selain belanja, kamu juga bisa mendapatkan koin dari mengisi survei, nonton video atau mengambil gambar.

Download Aplikasi Snapcart

5. Pomona

Mirip dengan Snapcart, Pomona juga merupakan salah satu aplikasi pemberi cashback lewat struk belanja sehari-hari yang kamu upload, baik dari supermarket ataupun mini market yang ada di dekat rumah.

Dengan aplikasi cashback ini, kamu bisa lebih berhemat setiap harinya ketika belanja barang-barang atau kebutuhan makanan dan minuman sehari-hari, maupun kebutuhan rumah tangga lainnya. Cashback dari Pomona juga bisa kamu cairkan menjadi pulsa atau pun ditranfer ke rekening bank pribadi.

Download Aplikasi Pomona

6. Fave

gakuisisi Groupon Indonesia, Fave kini menjadi salah satu aplikasi cashback terbaik di Indonesia yang sering menyediakan voucher cashback maupun diskon yang sangat bervariasi. Dari promo makanan, minuman, paket liburan, hingga produk kecantikan, semuanya bisa kamu temukan.

Kalau udah mendekati tanggal tua, kamu bisa buka aplikasi ini untuk mencari berbagai voucher diskon ataupun cashback yang tersedia. Selain lebih hemat, kamu juga bisa mendapatkan produk yang kamu butuhkan dengan harga murah.

Download Aplikasi Fave

7. Cashbac

Cashbac adalah salah satu aplikasi pemberi cashback terbaik di Indonesia. Kamu bisa mendapatkan cashback instan. Cashbac akan menyediakan rekomendasi restoran, supermarket, kafe, salon atau tempat lain yang menyediakan promo cashback, berdasarkan ketertarikan atau lokasimu.

Kamu juga nggak perlu top up saldo ketika bertransaksi di 1000 merchant rekanan Cashbac. Tinggal masukin aja data kartu kredit atau kartu debit. Ketika bayar di merchant, kamu cukup tap atau scan dari hp.

Download Aplikasi Cashbac

8. EVoucher

Sama dengan aplikasi cashback lainnya, EVoucher juga merupakan cashback app Indonesia yang memberikan penawaran promo diskon dan voucher belanja menarik hingga 50-90% tiap harinya di Android. 

Mau nyari tiket liburan murah, makanan enak harga terjangkau, atau dapetin peralatan rumah tangga dengan cashback yang menarik? Tersedia penawaran spesial dari ribuan merchant yang ada di Indonesia, apalagi buat kamu para pengguna hp.

Download Aplikasi EVoucher

9. KLIK Raja Voucher

KLIK Raja Voucher adalah cashback app Indonesia yang menyediakan berbagai macam voucher dan penawaran menarik yang bisa kamu gunakan. Aplikasi cashback ini didominasi oleh voucher makanan, sehingga kalau kamu pengin makan enak, kamu bisa buka aplikasi ini.

Selain makanan, tersedia juga berbagai voucher lainnya, seperti voucher liburan, perawatan tubuh, wajah, maupun olahraga. Kamu bisa hemat banyak uang dengan menggunakan voucher cashback dari aplikasi ini.

Download Aplikasi KLIK Raja Voucher

10. Lakupon

Lakupon adalah cashback app Indonesia yang sering menawarkan berbagai promo voucher cashback dan diskon hingga 90%, maupun produk dengan harga murah. Kamu bisa mendapatkan voucher wisata, restoran, hotel hingga barang elektronik dan fashion.

Proses pembelian voucher juga mudah kok untuk dilakukan, apalagi pembayaran bisa dilakukan dengan online banking. Jadi kamu bisa mendapatkan voucher cashback besar di mana aja.

Download Aplikasi Lakupon

11. Cashtree

Beda dengan cashback app Indonesia lainnya, Cashtree punya sistem yang berbeda dan cukup unik. Kamu akan mendapatkan cash yang bisa kamu tukar dengan voucher. Voucher inilah yang bisa kamu gunakan sebagai cashback di berbagai merchant di Indonesia.

Gimana cara mendapatkan Cash? Gampang, kamu cukup bermain game yang ada di dalam aplikasi Cashtree, dan kumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Kalau kamu invite teman, ada promo menarik yang bakalan menanti.

Download Aplikasi Cashtree

12. Ultra Voucher

Ultra Voucher merupakan aplikasi pemberi cashback di Android yang menawarkan berbagai pilihan voucher sesuai dengan kebutuhanmu. Voucher yang tersedia mulai dari kupon belanja pakaian, buku hingga makanan, dengan berbagai gerai yang telah bekerja sama dengan aplikasi ini.

Kamu bisa membeli atau mendapatkan promo voucher secara cuma-cuma atau beli, yang nantinya bisa kamu tukarkan di beberapa gerai seperti KFC, Indomaret, MAP, dan masih banyak lagi.

Download Aplikasi UltraVoucher

Buat kamu pemburu cashback, nggak ada salahnya untuk meingstall aplikasi pemberi cashback terbaik di Indonesia ini. Lumayan, kamu bisa makan, minum atau belanja kebutuhan sehari-hari lebih hemat dari biasanya.