4 Resep dan Cara Membuat Ayam Geprek ini Harus Sedulur Super Coba!

Resep ayam geprek ini dijamin bikin Sedulur Super makin ngiler!

Sebagai pecinta kuliner terutama masakan pedas, tentu Sedulur Super tidak asing lagi dengan makanan fenomenal ayam geprek ini. Yap, menu resep ayam geprek memang jadi andalan bagi Sedulur Super ketika lapar. Bahkan, sebagian besar tempat makan di berbagai kota di Indonesia menyediakan menu ayam geprek ini lho, Sedulur Super. Meski banyak dijumpai di tempat makan, Sedulur Super juga bisa lho membuatnya resep ayam geprek di rumah. Apalagi, situasi pandemi seperti sekarang ini, membuat Sedulur Super tidak lagi seperti dulu yang bebas membeli makanan ayam geprek di mana saja. Selain hemat, membuat resep ayam geprek di rumah juga tidak akan membuat Sedulur Super jadi stress dan bosan.

Cara membuat ayam geprek di rumah juga sangat mudah, lho Sedulur Super. Kali ini, Super akan membagikan 4 resep dan cara membuat ayam geprek khusus untuk Sedulur Super. Yuk, simak resep dan cara membuat ayam geprek di bawah ini!

1. Resep dan Cara Membuat Ayam Geprek Mozarella

photo by cookpad

Bahan-bahan :

1. 500-600 gr ayam fillet (dada)

2. ½ sdt garam

3. 1-2 siung bawang putih, haluskan

4. Keju mozzarella merek apapun, secukupnya

5. Butter

6. 1 butri telur, kocok

7. Minyak goreng

8. 1 sdm air perasan jeruk nipis

Bahan sambal :

1.     12 buah cabai merah dan cabai rawit

2.     2 siung bawang putih

3.     Gula secukupnya

4.     Garam secukupnya

Cara Membuat :

a. Siapkan ayam fillet yang telah Sedulur Super cuci sebelumnya, lumuri dengan air perasan jeruk nipis, llau diamkan selama +- 11 menit. Setelah selesai, beri garam dan bawang putih, lalu diamkan lagi sekitar 11 hingga 12 menit.

b. Campurkan semua bahan dan aduk secara merata

c. Masukkan ayam ke dalam adonan, lalu remas-remas ayamnya. Jangan sampai kelewatan ya, Sedulur Super!

d. Setelah itu, Sedulur Super sudah bisa menggoreng ayam tersebut dengan minyak yang panas hingga ayam tersebut matang. Pastikan jangan sampai gosong ya, Sedulur Super.

e. Sembari menunggu ayam matang, Sedulur Super bisa langsung membuat sambal. Caranya, rebus semua bahan untuk membuat sambal selama +- 5 menit, lalu angkat. Setelah itu, ulek kasar dan beri garam serta gula secukupnya. Jika Sedulur Super sudah merasa pas, taruh ayam dan mulai menggeprek secara perlahan. Pastikan ayamnya tidka hancur, ya Sedulur Super.

f.  Langkah selanjutnya, lelehkan keju mozzarella dengan sedikit butter.

g. Masukkan ayam, sambal dan keju ke dalam piring. Tara! Ayam geprek mozzarella siap dihidangkan!

2. Resep dan Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Bawang

photo by cookpad

Bahan-bahan :

1. Ayam fillet

2. Tepung bumbu, secukupnya

Bahan untuk membuat sambal bawang :

1. 4 – 5 cabai rawit (boleh cabai merah)

2. 3 – 4 siung bawang putih

3. Garam, secukupnya

4. Gula secukupnya

5. Minyak goreng

Cara Membuat :

1. Siapkan semua bahan untuk membuat ayam geprek sambal bawang yaitu ayam fillet yang telah Sedulur Super cuci sebelumnya.

2. Ambil tepung bumbu yang sudah Sedulur Super siapkan, lalu dibagi menjadi dua bagian ke dalam wadah yang berbeda, yang nantinya dijadikan sebagai adonan basah dan adonan kering.

3. Lumuri ayam dengan adonan basah yang telah Sedulur Super buat tadi. Pastikan Sedulur Super melumuri ayam dengan adonan basah secara merata, ya!

4. Sedulur Super mulai menggoreng ayam dengan minyak yang panas, hinga matang berwarna kecoklatan. Setelah matang, angkat ayam tersebut.

5. Masukkan ayam ke dalam wadah atau piring, lalu campurkan semua bahan untuk membuat sambal bawang. Setelah selesai, Sedulur Super bisa mulai menggeprek atau mengulek ayam dengan bahan sambal yang telah Sedulur Super buat tadi. Untuk menambah citarasa, Sedulur Super bisa menambahkan bumbu penyedap rasa lainnya. Sedulur Super bisa temukan bahannya di Aplikasi Super.

6. Selesai. Ayam geprek sambal bawang siap disajikan untuk keluarga Sedulur Super di rumah!

3. Resep dan Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Matah

photo by cookpad

Bahan-bahan :

1. 250 gr ayam fillet, potong menjadi 4 bagian.

2. ½ sdt air perasan jeruk nipis

3. 150 gr tepung terigu

4. 700 ml air es

5. 1 ½ sdt baking powder

6. 30 gr tepung maizena

7. Garam secukupnya

8. Gula secukupnya

9. Lada secukupnya  

Bahan membuat sambal matah :

1. 9 siung bawang merah

2. 1 siung bawang putih

3. 1 sdt terasi

4. 5 lbr daun jeruk

5. 2 batang serai

6. Merica secukupnya

7. 7 buah cabai rawit / cabai merah

8. Garam secukupnya

Cara membuat :

1. Siapkan ayam fillet yang telah Sedulur Super cuci dengan bersih. Masukkan air perasan jeruk nipis, garam serta lada ke dalam ayam tersebut.

2. Masukkan ayam yang telah diberi bumbu ke dalam kulkas. Diamkan hingga +- 30 menit untuk proses marinasi.

3. Sembari menunggu ayam yang ada di kulkas, Sedulur Super mulai mencampurkan tepung maizena, tepung terigu, baking powder, merica, garam, serta lada dalam satu piring atau wadah.

4. Setelah proses marinasi selesai, masukkan ayam ke dalam campuran tepung hingga merata. Kemudian celupkan ayam tersebut ke dalam air es.

5. Sedulur Super mulai menggoreng ayam dengan minyak panas. Tunggu hingga matang dan berwarna kecoklatan, ya Sedulur Super!

6. Nah, sembari menunggu ayam matang, mari Sedulur Super membuat sambal matahnya terlebih dulu. Campurkan semua bahan untuk membuat sambal matah, lalu tambahkan air perasan jeruk nipis. Aduk hingga meratas.

7. Setelah ayam matang, Sedulur Super bisa meletakkan ayam tersebut di atas sambal matah yang telah Sedulur Super buat tadi.

8. Ayam geprek sambal matah siap untuk Sedulur Super sajikan!

4. Resep dan Cara Membuat Ayam Geprek Sambal Korek

photo by cookpad

Bahan-bahan :

Bahan untuk Bumbu Ayam

–   3 potong ayam

–   1 sdt garam

–   ¼ sdt merica bubuk

–   ¼ sdt bawang putih bubuk

Bahan untuk Adonan Tepung

–   1 pcs tepung bumbu

Bahan untuk Sambal

–   5 cabai rawit (sesuai selera)

–   6 cabai merah (sesuai selera)

–   1 siung bawang putih

–   Garam (sesuai selera)

–   Gula (sesuai selera)

Cara Membuat :

1. Pertama, campurkan ayam dengan bumbu yang telah disiapkan. Buatlah masing-masing ½ adonan basah dan ½ adonan kering.

2. Kedua, masukkan ayam yang telah dicampur ke dalam adonan basah, lalu lumuri ke dalam adonan yang kering. Remas-remas ayam hingga adonan kering menempel dengan sempurna. Setelah itu, goreng ayam tersebut pada wajan dengan minyak yang panas. Goreng hingga kecoklatan.

3. Sembari menunggu ayam matang, Sedulur Super bisa membuat sambal korek dengan cabai rawit dan cabai merah. Ulek secara bersamaan dengan bawang putih, lalu tambahkan garam dan gula sesuai selera. Jika menurut Sedulur Super rasanya sudah pas, langsung sajikan ayam goreng yang telah digeprek terlebih dulu. Pastikan sambal koreknya merata

4. Ayam geprek sambal korek siap disajikan!

Nah, itulah 4 resep dan cara membuat ayam geprek enak dan mudah yang bisa Sedulur Super coba di rumah. Cara membuat ayam geprek di rumah sangat mudah, bukan?

Sedulur Super sudah download Aplikasi Super belum, nih? Jika belum, segera download aplikasinya sekarang. Untuk Sedulur Super yang belum tahu, Aplikasi Super adalah aplikasi kulakan sembako atau kebutuhan pokok dengan mudah dan mendapatkan harga paling murah. kapan lagi kulak sembako dengan mudah dan dapat harga murah? karena di Aplikasi Super, semua serba ada! Yuk Sedulur Super, segera download aplikasi Super di sini.