Ingin Membuka Bisnis di Rumah? Intip Kelebihan & Kekurangannya!

Bisnis, Lifestyle

Membuka bisnis di rumah, kini menjadi pilihan beberapa orang untuk menambah penghasilan untuk menghidupi keluarganya. Anda tidak perlu lagi berangkat ke kantor untuk memulai bisnis, karena Anda bisa melakukannya di rumah. Semua orang bisa saja berbisnis di rumah, tidak terkecuali Anda sebagai ibu rumah tangga. Hal ini adalah kesempatan yang bagus bagi Anda, karena selain mengurus rumah, Anda juga tetap perlu memiliki penghasilan tambahan sendiri untuk membantu perekonomian keluarga. 

 

Membuka bisnis di rumah pun tetap bisa memiliki peluang untuk terus berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih besar, lho! Nggak cuma itu, dengan berbisnis rumahan, bisa menambah skill Anda dalam berbisnis karena Anda terbiasa untuk menjalankannya. Namun tentu saja, dibalik banyaknya kelebihan dari berbisnis dari rumah,akan ada kekurangan yang mengikutinya. Sebelum Anda benar-benar memutuskan untuk berbisnis rumahan, ada baiknya Anda menyimak beberapa penjelasan tentang keuntungan dan kekurangan berbisnis di rumah. Kira-kira, apa saja sih kelebihan dan kekurangannya? Coba deh, simak penjelasan di bawah ini!

 

Keuntungan 

1. Waktu Lebih Fleksibel

Dengan berbisnis online, Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi ke kantor karena Anda bisa mengerjakannya dari rumah. Anda pun tidak perlu khawatir dengan jam kerja, karena Anda bisa menentukan sendiri, kapan saja waktu yang tepat untuk memulai bisnis. Anda pun bebas memilih seberapa lama Anda bekerja dan bisa dijalankan sambil mengurus kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan rumah tangga. 

2. Meminimalisir Biaya

Salah satu keuntungan menjalankan bisnis di rumah adalah meminimalisir biaya. Anda tidak perlu lagi repot-repot mengeluarkan biaya untuk menyewa tempat, karena Anda bisa memanfaatkan ruangan di rumah Anda untuk menjalankan bisnis. Misalnya di teras, ruang tamu, taman belakang rumah, dan ruangan lain yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan bisnis. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi seperti yang dilakukan orang lain untuk berangkat ke kantor. Bekal makanan pun demikian, Anda bisa memasak apa saja di dapur tanpa mengeluarkan biaya untuk memesan makanan secara online. Selain itu, bisnis rumahan juga bisa mengurangi jumlah pajak penghasilan yang harus Anda bayar.

3. Modal kecil

Berbisnis rumahan juga sangat menguntungkan karena Anda tidak harus mulai bisnis dengan modal yang besar. Ada bisa memulai bisnis dengan modal kecil sekalipun. Dengan modal kecil, misalnya Anda berjualan dengan sistem reseller maupun dropshipper. Apalagi jika Anda memutuskan untuk berbisnis sembako, dengan modal 3 juta rupiah, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Seperti yang Anda tahu, bisnis sembako memiliki keuntungan yaitu perputaran yang yang cepat, sehingga Anda bisa mendapatkan untung berkali lipat juga. 

4. Menghemat tenaga

Selain menghabiskan banyak waktu, ketika Anda berangkat ke kantor menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi akan membutuhkan banyak tenaga. Berbeda dengan bisnis rumahan, Anda akan jauh lebih menghemat tenaga karena mobilitasnya tidak terlalu tinggi. Selain itu, Anda bisa lebih bebas untuk mengerjakan tugas-tugas lain yang ingin Anda kerjakan di samping menjalankan bisnis. 

 

Kekurangan 

1. Pemasukan Kecil

Meski berbisnis rumahan memiliki berbagai keuntungan, tentu Anda perlu mempertimbangkan kekurangannya. Salah satu kekurangannya yaitu ketika Anda hanya memiliki modal yang kecil, bisa jadi Anda akan mendapatkan pemasukan yang kecil pula. Tidak hanya itu, sebelum Anda memutuskan untuk menjalankan bisnis rumahan, Anda perlu memperhatikan apakah tempat Anda sangat strategis dan bisnis Anda dibutuhkan oleh orang-orang di sekitar Anda tinggal. 

2. Mengganggu Waktu dengan Keluarga

Berbisnis rumahan memang menyenangkan, apalagi tetap bisa bertatap muka dengan keluarga. Namun Anda perlu menyadari, bertatap muka dengan keluarga belum tentu bisa menghabiskan waktu bersama mereka, bukan? Waktu Anda akan lebih banyak berkutat pada bisnis, bukan pada keluarga Anda. Boleh saja Anda mengelola bisnis dan keluarga sekaligus, namun konsekuensi yang akan Anda dapatkan adalah sedikit terganggu. Kegiatan Anda dalam mengatur segala hal yang berkaitan dengan bisnis bisa saja mengganggu kenyamanan keluarga. Belum lagi jika pelanggan Anda datang ke rumah untuk melihat produk atau jasa yang Anda tawarkan. Suasana rumah yang padat dan ramai juga bisa memberikan efek kurang nyaman dan mengganggu konsentrasi keluarga Anda. Kecuali jika keluarga Anda masih sibuk dengan aktivitasnya di luar rumah. 

3. Kurang Bersosialisasi

Kekurangan lainnya dalam berbisnis rumahan adalah kurangnya sosialisasi dengan teman-teman, keluarga atau bahkan pelanggan Anda sendiri. hal ini tentu tidak mengherankan, mengingat Anda menjalankan bisnis ini di rumah. Namun, hal ini bisa saja teratasi dengan mengajak pelanggan Anda untuk mengobrol dan berdiskusi mengenai apapun yang berkaitan dengan bisnis atau produk Anda. selain pelanggan, ajaklah keluarga untuk memberikan saran yang membangun bagi bisnis Anda kedepannya. Hal ini akan membantu Anda mendapatkan insight atau hal-hal baru yang belum Anda ketahui sebelumnya. 

 

Nah, itulah beberapa keuntungan dan kekurangan berbisnis rumahan. Terlepas dari kekurangannya, berbisnis rumahan tetap memberikan Anda keuntungan yang besar jika Anda bisa menjalankan strategi bisnis dengan baik dan benar. Berbisnis rumahan itu mudah, kok! Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, ya, Super Agen!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *