Intip Rahasia Kulit Cantik untuk Perempuan Usia 40an

Kecantikan, Lifestyle

Memiliki kulit cantik adalah idaman bagi beberapa perempuan Indonesia. Namun saat memasuki usia 40an, kita akan menghadapi berbagai masalah kulit, seperti produksi kolagen yang menurun, munculnya flek hitam dan kerutan di sekitar area wajah, dan permasalahan kulit lainnya yang membuat kita berbondong-bondong untuk segera mengatasinya. Meski bukan lagi berada di usia 20an, namun Anda tetap harus merawat kulit dan wajah agar tetap bersih, sehat dan awet muda. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar kulit Anda tetap cantik :

1. Hindari Stress

stressed women | freepik.com

Hal pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menghindari stress. Hal ini penting dilakukan karena stress dapat menghambat Anda untuk melakukan hal-hal yang tidak penting dan mempercepat penuaan dini. Stress diakibatkan karena Anda memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi. Sebaiknya, hindari stress dengan mulai memikirkan hal-hal positif, mendengar dan membaca cerita inspiratif, mendengarkan musik dan lain sebagainya agar mood Anda jauh lebih baik.

2. Perbanyak Minum Air Putih

perbanyak minum air putih | freepik.com

Tubuh kita banyak mengandung air, kekurangan cairan pada tubuh dapat menyebabkan dehidrasi dan terserang berbagai penyakit. Dengan mengkonsumsi air yang cukup dapat menjaga kesehatan kita sekaligus dapat menjadikan kulit kita tetap lembab. Oleh karena itu, mengkonsumsi air dengan cukup sangat diperlukan oleh kita, begitu pun Anda. Minumlah air putih minimal delapan gelas perharinya, agar peredaran darah Anda dapat menjadi lancar.

3. Konsumsi Vitamin C

photo by freepik.com

Tubuh kita membutuhkan banyak vitamin, termasuk vitamin C. Vitamin C dapat ditemukan dengan mudah pada buah – buahan dan sayur – sayuran di sekitr kita seperti jeruk, kiwi, strwberry, cabai, brokoli. Vitamin C tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, tapi juga berguna bagi kesehatan kulit. Untuk menjaga kesehatan kulit, zat antioksidan sangatlah dibutuhkan. Radikal bebas seperti pancaran sinar matahari yang berlebihan, polusi udara, serta toxin yang terdapat dalam makanan merupakan musuh utama kesehatan kulit. Vitamin C berfungsi sebagai zat yang menangkal radikal bebas tersebut.

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

konsumsi makanan bergizi | freepik.com

Tips yang keempat yaitu rajin mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Hal itu dilakukan karena makanan memiliki pengaruh yang penting bagi tubuh kita. Mengonsumsi makan-makanan yang sehat, maka tubuh kita tidak akan mudah lelah dan terserang penyakit. Mengonsumsi makan-makanan yang sehat juga secara tidak langsung dapat mempengaruhi penampilan kita, yaitu dapat menjaga berat tubuh agar ideal serta dapat mencerahkan kulit dari dalam tubuh.

5. Sering Berolahraga

rutin olahraga | freepik.com

Olahraga menjadi kegiatan penting yang mesti Anda lakukan jika ingin tampil cantik dan awet muda di usia 40an. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, berolahraga juga dapat mencegah penuaan dini. Rajin berolahraga juga bisa membuat tubuh Anda tetap sehat dan membentuk tubuh yang bagus. Banyak cabang olahraga yang bisa Anda coba lakukan, seperti lari, push up, yoga dan lain sebagainya. Jangan lupa berolahraga, ya!

6. Rajin Eksfoliasi

rajin eksfoliasi | freepik.com

Tips kelima yaitu eksfoliasi. Yaps! Salah satu kunci kecantikan adalah eksfoliasi. Jadi, jika ingin tampil awet muda, Anda perlu melakukan eksfoliasi pada wajah. Eksfoliasi ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan mengangkat sel-sel kulit mati yang telah menumpuk berhari-hari hingga berbulan-bulan lamanya. Selain itu, eksfoliasi memiliki berbagai manfaat, yaitu :

  • Meningkatkan kadar kolagen. Bila rutin melakukannya, eksfoliasi wajah dapat membantu memperbaiki tekstur wajah, sehingga menstimulasi kolagen. Hasilnya, wajah akan terlihat lebih segar, kenyal, dan juga awet muda.
  • Meratakan warna kulit. Sel kulit mati yang menumpuk akan membuat wajah menjadi terlihat kusam dan warna kulit menjadi tidak merata. Rutin melakukan eksfoliasi dapat membantu mengatasi masalah ini.
  • Mencegah jerawat. Bukan hanya komedo, jerawat juga disebabkan karena adanya pori-pori yang tersumbat. Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda perlu melakukan eksfoliasi. Gunakanlah scrub dengan butiran kecil agar wajah tidak mengalami iritasi.
  • Melancarkan aliran darah pada area wajah. Ketika sedang melakukan eksfoliasi wajah, Anda perlu melakukan pijatan ringan dengan gerakan memutar. Kegiatan tersebut membantu peredaran di sekitar wajah menjadi lebih lancar. Bukan hanya menjadikan wajah lebih cerah, tapi juga tampak merona.
  • Membantu penyerapan skincare, agar skincare Anda meresap dengan baik ke dalam pori-pori wajah.

7. Rajin Pakai Serum

Jangan lupa pakai serum | freepik.com

Selain eksfoliasi, Anda juga perlu memakai serum! Serum merupakan salah satu produk yang paling penting dalam serangkaian perawatan kulit wajah. Dilansir dari cnnindonesia.com, serum adalah zat cair yang formulanya terdiri dari asam amino, air dan emulasi. Serum mengandung berbagai formula pendukung sehingga dapat meresap ke lapisan terdalam kulit. Bentuknya yang kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana ini nyatanya memiliki manfaat yang begitu banyak, lho! Manfaatnya yaitu :

  • Mengencangkan struktur kulit
  • Melembapkan kulit
  • Menyamarkan kerutan
  • Mencegah penuaan dini
  • Mencerahkan warna kulit

Tapi menggunakan serum juga tidak boleh asal, karena hasil yang didapat pasti tidak akan maksimal. Gunakan serum 1-2 tetes, lalu aplikasikan secara rata di area wajah dan leher. Gunakan dua kali sehari, pada pagi dan malam hari menjelang tidur.

8. Rajin Pakai Sunscreen

Rajin pakai sunscreen | freepik.com

Tips keenam ini juga tidak boleh dilewatkan begitu saja. Jika Anda sering beraktivitas di bawah sinar matahari tanpa pelindung kulit, akan menyebabkan kulit lebih cepat mengalami penuaan dini. Kulit Anda jadi cepat berkerut dan timbul flek hitam. Sinar UV juga bisa membuat kulit tidak mulus karena menebal atau menipis. Bisa juga muncul benjolan-benjolan kecil yang ukurannya bervariasi. Benjolan-benjolan atau flek pada kulit bisa berkembang menjadi tumor jinak bahkan kanker kulit. Khususnya pada orang yang banyak bekerja di bawah terik matahari atau sering berjemur di pantai. Sunscreen berfungsi untuk melindungi kulit Anda dari paparan radiasi sinar UV matahari yang berbahaya. Gunakan sunscreen yang memiliki SPF 30-50 ke atas. Semakin tinggi SPF-nya, akan semakin baik untuk menjaga kulit Anda.

9. Gunakan Masker Wajah Anti Aging

rajin pakai produk anti aging | freepik.com

Menggunakan masker wajah merupakan hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir kerutan yang terjadi diwajah. Dengan rutin menggunakan masker wajah, kita dapat menghilangkan garis halus serta mencerahkan wajah sekaligus. Menggunakan masker wajah sendiri tidak begitu banyak memakan waktu. Anda bisa membuat masker wajah sendiri menggunakan bahan-bahan alami. Anda juga dapat membeli masker wajah di toko-toko online. Jika Anda ragu, Anda bisa mencoba kemasan share in jar yang bisa Anda dapatkan di Aplikasi Super.

 

Nah itulah beberapa rahasia kulit cantik untuk Anda. Lakukanlah tips-tips di atas agar awet muda dan kulit Anda tetap cantik. Selain tips di atas, Anda juga bisa mencoba produk kecantikan yang dapat mencegah dari penuaan. Produk itu adalah Safi Age Defy! Ada beberapa produk Safi Age Defy yang patut Anda coba :

 

  1. Safi Age Defy Cream Cleanser, untuk membersihkan debu dan makeup lebih optimal.
Safi Age Defy Cream Cleanser | nihonmart.id
  1. Safi Age Defy Deep Exfoliator, untuk membantu mengangkat sel kulit mati.

 

Safi Age Defy Deep Exfoliator | Makeupindo.co
  1. Safi Age Defy Skin Refiner, untuk membersihkan pori-pori.
Safi Age Defy Skin Refiner | tokopedia
  1. Safi Age Defy Concentrated Serum, untuk menjaga elastisitas kulit.
Safi Age Defy Concentrated Serum | tokopedia

 

  1. Safi Age Defy Day Emulsion SPF 25 PA++, untuk membantu meratakan warna kulit.
Safi Age Defy Day Emulsion SPF 25 PA++ | makeupindo.co
  1. Safi Age Defy Gold Water, untuk menjaga kelembapan kulit.
Safi Age Defy Gold Water | sociolla

 

  1. Safi Age Defy Eye Contour Treatment, untuk perawatan intensif area mata.
Safi Age Defy Eye Contour Treatment | sociolla

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *