Usaha Toko Kelontong – Cara Mulai dan 11 Tips Untung Jutaan

Simak tips memulai toko kelontong di bawah ini agar kita bisa yakin menjalankan usaha sembako.

Banyak usaha yang bisa kita lakukan salah satunya menjalankan usaha toko kelontong. Menjalankan  usaha sembako akan bisa memberikan kita keuntungan, karena sembako merupakan barang penting yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Artikel kali ini akan membahas tips dan cara menjalankan usaha toko kelontong agar bisa untung super melimpah hingga jutaan yang bisa Sedulur dapatkan. Namun sebelum masuk pada pembahasan mengenai tips dan langkahnya. Ada baiknya membahas terlebih dahulu apa itu toko kelontong berikut dengan manfaatnya bagi masyarakat.

Yuk, langsung saja mari kita simak ulasannya.

Apa itu Toko Kelontong?

Toko kelontong merupakan sebuah toko kecil yang menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat. Toko kelontong menjual apa saja? Pada umumnya, toko kelontong menjual sembako kebutuhan masyarakat, di antaranya beras, telur, minyak, terigu dan lain sebagainya.

Biasanya toko kelontong bersifat lokal dan sangat sederhana. Hal tersebut juga yang membuat toko kelontong sangat mudah diakses oleh siapapun. Dan biasanya toko kelontong terletak di tempat yang ramai atau pusat keramaian.

Kata kelontong berasal dari Bahasa Tionghoa, kelontong merupakan alat bunyi-bunyian yang selalu dibawa oleh para pedagang keliling Tionghoa, dan dibunyikan saat menjajakan barang dagangannya pada zaman dulu.

Kelontong memiliki bentuk tambur seperti rebana, yang memiliki tangkai dan diberi tali pendek dengan sebuah biji bulat di ujungnya yang berfungsi untuk membuat bunyi. Namun, seiring berjalannya waktu, kata kelontong mengalami pergeseran makna.

Saat ini, kata kelontong lebih berarti segala sesuatu yang berkaitan dengan sebuah toko yang menyediakan berbagai kebutuhan sembako masyarakat. Banyak manfaat yang diberikan oleh toko sembako, di antaranya akan dijelaskan pada paragraph selanjutnya.

Manfaat Toko Kelontong

Manfaat Toko Kelontong

Toko sembako tidak hanya berfungsi dalam memberikan dan menyediakan setiap kebutuhan masyarakat. Namun juga terdapat beberapa manfaat yang diberikan toko sembako selain hanya memberikan dan menyediakan sembako.

Membantu UMKM

Manfaat pertama yang diberikan oleh toko sembako adalah dapat memberikan bantuan kepada para pengusaha UMKM yang berbasis kecil dengan pendapatan yang pas-pasan. Terutama para pengusaha UMKM yang berkaitan dengan sembako.

Keberadaan toko sembako akan dapat membantu keberadaan dan kelancaran dari berjalannya UMKM sebagai sebuah usaha yang mandiri.

Tempat Bersosialisasi

Manfaat toko sembako selanjutnya adalah sebagai tempat bersosialiasasi. Jangan salah, para ibu-ibu yang belanja di toko sembako, akan menhabiskan banyak waktunya untuk berada di toko kelontong. Namun, tunggu dulu. Bukan untuk belanja, namun untuk bergosip.

Bergosip merupakan bagian dari sosialisasi, dan tempat yang sangat cocok bagi para ibu rumah tangga adalah bergosip di toko sembako. Terutama jika pemilik toko kelontong juga merupakan ibu-ibu. Jika demikian situasinya, toko sembako bisa dengan sekejap berubah seperti tempat arisan.

Memudahkan Masyarakat Kecil Memenuhi Kebutuhan

Jika tidak ada toko sembako, masyakarat kecil akan sulit untuk memenuhi kebutuhan meraka. Karena biasanya sembako dan kebutuhan dapur tidak dijual secara eceran jika tidak di toko sembako. Oleh karena itu, toko kelontong sangat membantu bagi masyarakat kecil untuk memenuhi kebutuhan dapur.

Masyarakat kecil bisa membeli beras, minyak, telur dan lain sebagainya secara eceran sesuai kemampuan ekonomi mereka masing-masing. Tidak jarang juga banyak toko kelontong yang memberikan kesempatan untuk berhutang bagi masyarakat yang benar-benar butuh namun belum memiliki uang.

Dalam hal ini, keberadaan toko sembako sangat bermanfaat dan sangat membantu masyarakat kecil yang membutuhkan.

Dekat dengan Masyarakat

Bagi pemilik toko sembako, manfaat toko sembako adalah dapat dekat dengan masyarakat yang ada di sekitar toko sembako. Kedekatan tersebut akan membantu sosialisasi di lingkungan pemukiman tersebut menjadi lebih lancar dan lebih baik lagi.

Saat ini sudah mulai jarang lingkungan masyarakat yang memiliki tingkat sosialisasi tinggi. Semakin ke sini, lingkungan pemukiman semakin individualis dan hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi kehidupan sosial.

Salah satu faktor yang bisa mencegah hal buruk tersebut terjadi adalah toko sembako. Ibarat sebuah jalan, toko sembako adalah sebuah persimpangan yang selalu dikunjungi oleh setiap orang.

Bekerja di Rumah

Biasanya toko sembako selalu dijalankan di rumah, untuk menekan pengeluaran uang sewa tempat. Hal ini memberikan manfaat bagi para pemilik toko sembako untuk menjalankan usahanya di rumah tanpa harus keluar rumah.

Tidak seperti para pekerja lainnya yang harus ke luar rumah untuk bekerja dan mencari uang. Pemilik toko sembako hanya perlu berdiam diri di rumah, menunggu para pelanggan datang, memberikan pelayanan yang maksimal.

Akan semakin banyak pelanggan yang datang jika pemilik toko memberikan pelayanan yang sangat maksimal. Terutama jika menyediakan bonus dan berbagai macam keuntungan lainnya. Langsung saja ke inti pembahasan, berikut ini akan dijelaskan tips memulai usaha kelontong. Yuk, kita simak.

Cara Memulai Usaha Toko Sembako Agar Untung Super Melimpah

Toko sembako dianggap sebagai sebuah usaha atau bisnis yang sangat menguntungkan. Tidak seperti warung atau toko biasa, toko kelontong diminiati karena bisa memberikan pemasukan yang lebih besar dibandingkan warung atau toko biasa.

Hal tersebut dikarenakan kulakan sembako di toko sembako dianggap lebih murah dan mudah, karena bisa kulakan atau belanja dalam jumlah besar. Sehingga memberikan berbagai keuntungan, baik bagi pembeli maupun bagi pemilik usaha toko sembako.

Toko sembako atau di beberapa daerah sering disebut sebagai warung sembako, merupakan sebuah usaha yang bisa mendatangkan untung. Dengan toko kelontong modal 20 juta, toko kelontong bisa menjual apa saja dan menjadi usaha toko kelontong grosir yang berkembang.

Terdapat beberapa cara meningkatkan omset toko kelontong bagi Sedulur Super yang tertarik untuk menggeluti usaha toko kelontong sederhana. Apa saja tips dan caranya? Yuk, mari kita simak ulasannya.

1. Lokasi yang Tepat dan Strategis

Lokasi yang Tepat dan Strategis

Tips sukses toko sembako pertama adalah lokasi. Lokasi menjadi poin penting karena Sedulur Super dapat menjangkau konsumen lebih banyak jika memiliki tempat yang strategis. Mendirikan toko sembako di tempat yang kurang strategis sama saja dengan mematikan usaha sendiri.

Tentu bukan hal tersebut yang Sedulur Super inginkan. Melihat betapa pentingnya lokasi, maka pemilihan lokasi tidak bisa dilakukan dengan sembarang. Ada kriteria yang harus Sedulur pahami berkaitan dengan pemilihan lokasi usaha.

Kriteria yang dimaksud berkaitan dengan visibilitas yang baik, atau mudah terlihat oleh calon pembeli. Tempat yang memiliki visibilitas baik akan sangat membantu memperkenalkan toko sembako Sedulur Super.

Semakin tinggi lalu lintas orang di sebuah lokasi, maka semakin mudah usaha orang-orang menemukan toko sembako yang Sedulur Super miliki. Selain itu, karena lokasi sudah mudah ditemukan, biaya promosi untuk mengajak pembeli menemukan toko kelontong Sedulur pun semakin minim.

2. Pertimbangkan Akses ke Toko Sembako

Pertimbangkan Akses ke Toko Sembako

Setelah memiliki lokasi yang tepat dan strategis, hal yang selanjutnya harus dipikirkan adalah akses. Akses jalan dan akses parkir toko sembako sangat mudah. Inilah keunggulan yang biasanya dimiliki oleh minimarket atau supermarket yang menjadi pesaing utama dari setiap toko sembako.

Mereka mendirikan toko dengan akses jalan yang mudah dan menyediakan lahan parkir yang cukup luas sehingga para konsumen dapat datang untuk berbelanja dengan lebih nyaman. Sedulur Super bisa meniru strategi ini untuk meningkatkan visibilitas dan kenyamanan para konsumen saat berbelanja.

Perihal area parkirnya berbayar atau tidak, tergantung kebijakan dari Sedulur itu sendiri. Hanya saja perlu diingat, parkir berbayar berarti Sedulur Super wajib bertanggung jawab apabila ada konsumen yang kehilangan kendaraan atau aksesorisnya.

Namun bukan berarti parkir gratis membuat Sedulur sebagai pemilik toko tidak bertanggung jawab. Bertanggung jawab dengan memberikan himbauan menggunakan spanduk atau papan informasi bahwa Sedulur sebagai pemilik toko tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang atau apapun yang terjadi berkaitan dengan kendaraan saat belanja di toko Sedulur.

3. Ketahui Siapa Konsumen Toko Kelontong

Ketahui Siapa Konsumen Toko Kelontong

Pada akhirnya, konsumen adalah segalanya. Sedulur Super bisa mempersiapkan dengan matang segala sesuatu untuk toko sembako, namun jika gagal mendapatkan konsumen, toko sembako Sedulur Super tetap saja akan gagal.

Walaupun tempat strategis, akses jalan sangat mudah dan setiap sembako di toko Sedulur lengkap, namun jika tidak ada konsumen atau sedikit sekali pembeli, lama kelamaan toko sembako Sedulur akan bangkrut juga.

Faktor pada poin ini yang akan menentukan kesuksesan dan kegagalan sebuah bisnis. Tanpa kepekaan terhadap konsumen, Sedulur Super akan kesulitan dalam menentukan strategi ke depan. Karena setiap usaha membutuhkan target konsumen dan target pasar.

Hal ini juga untuk menentukan seberapa jauh kita serius memikirkan konsep untuk mengembangkan bisnis yang dilakukan. Mengatahui siapa konsumen toko kelontong, dapat berpengaruhi pada setiap hal yang dijalankan di toko sembako.

4. Lakukan Riset dan Survey

Lakukan Riset dan Survey

Salah satu cara untuk mengetahui siapa konsumen toko sembako Sedulur, produk apa yang harus Sedulur jual di Toko Kelontong adalah dengan melakukan riset dan survey.

Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan riset terlebih dahulu tentang siapa target konsumen dari toko sembako Sedulur. Observasi kebutuhan apa yang paling tinggi, lalu tentukan akan fokus menjual sembako apa toko kelontong yang Sedulur jalani.

Di era global dengan persaingan ketat saat ini, satu-satunya cara supaya toko sembako bisa bertahan adalah dengan benar-benar mengenali kebutuhan dan keinginan konsumen setempat. Menjual produk-produk yang sesuai dengan selera dan perilaku mereka sangat menentukan kesuksesan dari sebuah toko sembako.

5. Peralatan Toko Kelontong

Peralatan Toko Kelontong

Jika diibaratkan dalam sebuah perang, peralatan dan perlengkapan toko sembako Sedulur miliki untuk menyimpan sembako yang akan Sedulur jual.

Perlengkapan seperti keranjang belanja bagi pengunjung pun harus Sedulur pikirkan. Karena ini berkaitan dengan kenyamanan pelanggan. Hal itu akan mempengaruhi pelanggan untuk kembali belanja ke toko sembako yang Sedulur jalankan.

Jangan lupa juga untuk desain toko kelontong minimalis agar memunculkan kesan toko kelontong modern. Hal ini juga baik untuk citra toko kelontong agar dapat masuk ke daftar toko kelontong yang harus dikunjungi oleh konsumen.

6. Tata Letak Barang di Toko Kelontong

Tata Letak Barang di Toko Kelontong

Selain itu, letak sembako yang Sedulur simpan juga akan mempengaruhi kenyamanan pelanggan. Semakin rapi dan tertata barang yang Sedulur jual, akan semakin memudahkan pelanggan untuk memilih barang yang akan diberi.

Terutama jika Sedulur menjual sembako seperti beras, telur, minyak dan gula. Kebersihan toko harus ekstra diperhatikan. Karena menjual barang sembako biasanya akan cepat membuat toko kontor dan berbau.

Hal ini harus dipikirkan oleh Sedulur, untuk memastikan pelanggan tetap nyaman berkunjung dan membeli barang danganan Sedulur. Termasuk juga terus mempertahankan desain toko kelontong minimalis dan mempertahankan kesan toko kelontong modern.

Perhatikan toko kelontong untuk selalu bersih. Bersihkan debu yang menempel pada rak dan barang setiap saat. Karena barang yang berbedu akan membuat pelanggan tidak jadi belanja barang tersebut. Toko sembako merupakan tempat yang rawan menyimpan banyak debu.

7. Rencanakan Usaha Toko Kelontong dengan Matang

Rencanakan Usaha Toko Kelontong dengan Matang

Apapun bisnis yang dijalankan, perencanaan yang sangat matang merupakan hal yang sangat penting. Perencanaan seputar riset pasar, berapa modal untuk memulai, produk sembako apa yang akan dijual, penyuplai sembako mana yang harus dipercaya, dan siapa target pembeli yang harus dituju.

Semuanya harus dipikirkan secara matang. Karena, di awal membuka toko kelontong biasanya pembeli akan sepi. Mental pengusaha Sedulur akan diuji dalam hal ini. Bagaimana Sedulur dapat memikirkan inovasi dan promosi yang tepat agar dapat menjaring para pembeli.

Terutama di tengah kondisi seperti saat ini yang sedang berada di masa pandemi virus corona. Rencana bisnis harus diukur sematang dan sebaik mungkin, seperti melakukan pembukuan dan melakukan berbagai cara yang sesuai dengan kemampuan Sedulur.

Dalam hal ini, visi dan misi Sedulur sebagai pebisnis akan diuji. Mentalitas Sedulur akan ditempa dan bagaimana Sedulur kemudian akan lahir sebagai pebisnis di bidang sembako yang sukses pun berawal dari tahapan ini.

8. Lakukan Promosi

Lakukan Promosi

Salah satu rencana yang penting untuk dilakukan adalah melakukan promosi dan diskon. Setiap pembeli sangat menyukai diskon. Lakukan promosi super secara berkala, dengan memberikan potongan harga. Jika Sedulur berpikir akan sulit memberikan diskon karena akan sulit mendapatkan keuntungan.

Sedulur bisa menyiasati dengan menjadi agen penyalur atau penyuplai barang yang dapat memberikan harga murah kepada Sedulur. Dengan mendapatkan harga beli barang sembako yang murah, Sedulur juga bisa menjual lebih murah dan menjadikannya sebagai sebuah promosi dan diskon.

Pembeli akan semakin berdatangan ke toko kelontong yang Sedulur jalankan. Karena pada dasarnya setiap pembeli dan pelanggan sangat menyukai harga murah dan diskon yang gila-gilaan.

9. Persiapkan Berkas-Berkas Penting

Persiapkan Berkas-Berkas Penting

Sebagaimana bisnis-bisnis pada umumnya, mempersiapkan berkas-berkas merupakan hal penting.  Hal ini mencegah Sedulur dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti ancaman pidana dan perkara hokum lainnya.

Hal yang normal untuk disiapkan bagi para pengusaha adalah menjalankan usaha perseorangan yang dijalankan oleh mereka sendiri adalah Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), sejalan dengan UU nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

Jika Sedulur tidak memiliki SIUP, Sedulur bisa terkena pidana 4 tahun penjara atau harus membayar denda sekitar 10 milyar rupiah. Hal tersebut sudah pasti tidak ingin Sedulur alami. Bukannya untung Sedulur malah buntung dan mendapatkan kerugian.

Beberapa berkas juga penting lain yang harus disiapkan adalah, surat Perjanjian Sewa Menyewa, Izin Mendirikan Bangunan, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Berkas-berkas dasar yang sebenarnya tidak terlalu sulit untuk diurus.

10. Analisis Pergerakan Kompetitor

Analisis Pergerakan Kompetitor

Selain memikirkan toko kelontong yang Sedulur jalankan, mempelajari, memahami dan mengerti pergerakan dari kompetitor-kompetitor juga merupakan satu hal yang penting. Lakukan analisis karena akan sangat berguna bagi keberlangsungan toko kelontong Sedulur.

Hal ini bertujuan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan dari toko kelontong competitor sekaligus juga mengevaluasi segala kekurangan yang Sedulur miliki dalam menjalankan toko kelontong.

Sedulur Super juga bisa tahu apa yang bisa dikembangkan untuk bersaing dengan kompetitor dan mengambil celah dari kekurangan mereka supaya toko kelontong Sedulur bisa menjadi yang terdepan di kelasnya.

11. Gabung Bersama Aplikasi Super

Gabung Bersama Aplikasi Super

Apakah ada agen penyuplai atau pemasok sembako super yang memberikan harga murah? Jawabannya tentu saja ada. Sedulur hanya perlu menggunakan Aplikasi Super untuk membuktikannya.

Aplikasi Super merupakan sebuah platform yang menjaring beberapa pengusaha sembako dan menawarkan harga yang murah. Sedulur bisa mendapatkan harga yang lebih murah dan menjualnya kembali sehingga Sedulur bisa mendapatkan untung dengan aplikasi kulakan satu ini.

Selain itu, Aplikasi Super juga memiliki wadah bernama Mitra Super Center, atau Supercenter atau dikenal juga dengan nama Supermitra. Sedulur bisa bergabung menjadi bagian Mitra Super Center dan akan ada banyak potongan harga, dan Sedulur juga akan mendapatkan pelatihan seputar bisnis.

Lebih penting lagi, Sedulur akan diprioritaskan jika melakukan pembelian barang. Melalui Aplikasi Super juga Sedulur tidak perlu repot bepergian untuk membeli sembako atau barang dagangan. Sedulur hanya perlu memilih barang melalui aplikasi, dan Super Agen akan mengantarkan barang yang Sedulur beli.

Selain itu, Sedulur tidak perlu memikirkan biaya ongkos kirim, karena Aplikasi Super memberikan gratis ongkir untuk setiap pembelian barang melalui aplikasi.

Apakah Sedulur semakin yakin dan mantap untuk memulai usaha sembako dan toko kelontong? Jika iya, Sedulur tinggal gunakan Aplikasi Super dengan klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super.

Selanjutnya, setelah mengenali Aplikasi Super secara jelas, jangan lupa untuk download Aplikasi Super dan rasakan langsung kemudahannya. Jangan lupa juga pelajari cara daftar Aplikasi Super, ya!